7 Tanda Kamu Bekerja Hanya untuk Mencari Uang, Tak Memikirkan Kualitas Pekerjaan

Indikasi bahwa kamu bekerja semata-mata demi uang sudah sangat jelas yaitu tak memperhatikan kualitas pekerjaan.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 13 Agu 2024, 12:27 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 12:27 WIB
Kenali apa itu hustle culture dan efeknya pada perempuan bekerja.
Kenali apa itu hustle culture dan efeknya pada perempuan bekerja./ Foto: Unsplash.com/ Mateus Compos Felipe

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pernah merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani? Atau mungkin kamu merasa kurang bersemangat setiap kali harus berangkat kerja di pagi hari?

Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah karena kamu bekerja semata-mata hanya untuk uang. Ketika seseorang bekerja hanya demi uang, mereka cenderung tidak memiliki motivasi untuk mengembangkan karier atau memperkaya pengalaman di bidang lain.

Lantas, seperti apa tanda-tanda seseorang yang bekerja hanya untuk uang dan tidak pernah bisa menyalurkan hobi melalui karier mereka? Mari simak lebih lanjut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (13/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kamu Tidak Punya Motivasi Lain Selain Gaji

Perempuan Berani
Dalam membangun bisnis dan mencapai kesuksesan, pengusaha perempuan harus memiliki keberanian untuk menghadapi berbagai rintangan. (Foto: Freepik/pressfoto)

Salah satu indikasi paling mencolok bahwa kamu bekerja semata-mata demi uang adalah ketika gaji menjadi satu-satunya alasan yang membuatmu tetap bertahan. Setiap kali rasa lelah atau kejenuhan melanda, pikiranmu hanya tertuju pada tanggal gajian. Mungkin kamu tidak begitu memperhatikan perkembangan karier, pencapaian pribadi, atau kepuasan dalam bekerja. Yang terpenting bagimu adalah adanya pemasukan di rekening pada akhir bulan.


2. Hari Senin Terasa Lebih Berat

perempuan cantik dan cerdas
Gambar perempuan cantik dan pintar diilustrasikan oleh freepik.com/benzoix.

Apakah kamu sering merasa cemas atau malas setiap kali hari Senin tiba? Mungkin ini adalah tanda bahwa kamu bekerja hanya demi uang. Bagi sebagian orang, pekerjaan adalah sesuatu yang mereka nikmati, sehingga hari Senin menjadi awal yang menyenangkan untuk memulai minggu yang produktif. Namun, jika kamu justru merasa tertekan, mungkin ini disebabkan karena kamu tidak menemukan makna atau kepuasan dalam pekerjaanmu, selain dari gaji yang kamu terima.


3. Kamu Tidak Peduli dengan Kualitas Pekerjaan

Perempuan pengusaha
Foto: Freepik menampilkan seorang wanita yang berprofesi sebagai pengusaha.

Apakah kamu sering merasa bahwa yang terpenting adalah menyelesaikan pekerjaan, tanpa terlalu memikirkan hasil akhirnya? Jika iya, ini bisa menjadi indikasi bahwa kamu bekerja hanya demi uang.

Mungkin kamu tidak begitu peduli dengan kualitas pekerjaanmu, apakah itu memuaskan atau tidak, selama tugas tersebut bisa diselesaikan dan kamu tetap menerima gaji di akhir bulan. Ini bisa menunjukkan bahwa kamu tidak terlalu terlibat secara emosional dengan pekerjaanmu.


4. Jarang Memiliki Inisiatif dan Mengembangkan Diri

perempuan bekerja
Foto ilustrasi zodiak perempuan dibuat oleh senivpetro - www.freepik.com.

Individu yang bekerja dengan motivasi selain uang cenderung berusaha untuk mengembangkan diri, mempelajari hal-hal baru, dan mencari cara untuk meningkatkan kinerja mereka.

Namun, jika kamu merasa tidak tertarik untuk mengasah keterampilan atau mencari peluang baru dalam karier, mungkin itu karena kamu hanya berfokus pada gaji. Kamu mungkin merasa puas dengan kondisi saat ini, selama aliran uang tetap terjaga.


5. Tidak Ada Rasa Bangga Terhadap Pekerjaan

Keseimbangan kehidupan kerja
Tantangan dalam berbisnis juga melibatkan keseimbangan kehidupan kerja perempuan. (Foto: Freepik)

Apakah kamu merasa bangga dengan pekerjaanmu? Jika tidak, mungkin ini adalah tanda bahwa kamu bekerja hanya demi uang. Ketika seseorang benar-benar menikmati pekerjaannya, ada rasa bangga dan kepuasan yang muncul dari hasil kerja keras mereka.

Namun, jika yang kamu rasakan hanyalah kebosanan atau ketidakpedulian, mungkin karena kamu hanya melihat pekerjaan sebagai cara untuk mendapatkan uang, bukan sebagai sesuatu yang bisa memberikan kepuasan pribadi.


6. Selalu Menghitung Hari Menuju Tanggal Gajian

Perempuan Bermain Gadget
Menatap layar gadget dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah mata yang berbahaya.

Apakah kamu sering kali menghitung mundur hari menuju tanggal gajian? Jika iya, ini bisa menjadi sinyal bahwa gaji adalah satu-satunya hal yang kamu nantikan dari pekerjaanmu.

Mungkin kamu merasa bahwa hari-hari kerja hanya perlu dijalani hingga akhirnya gaji masuk ke rekening. Jika perasaan ini yang mendominasi, mungkin sudah saatnya untuk merenungkan kembali apa yang sebenarnya kamu cari dalam pekerjaan.


7. Pekerjaan Tidak Memberikan Kepuasan Batin

Perempuan yang Ragu dengan Dirinya Sendiri
Keraguan dan kurangnya kepercayaan diri juga merupakan hambatan yang dihadapi oleh pengusaha perempuan, yang berasal dari diri mereka sendiri. (Foto: Freepik/Racool_studio)

Terakhir, jika pekerjaanmu sama sekali tidak memberikan kepuasan batin dan justru hanya membuatmu merasa lelah atau jenuh, ini bisa menjadi indikasi bahwa kamu bekerja semata-mata demi uang.

Kepuasan batin adalah elemen penting dalam bekerja, karena hal inilah yang membuat kamu merasa berarti dan bahagia dengan apa yang kamu lakukan setiap hari. Jika kamu merasa hampa atau tidak terinspirasi, mungkin pekerjaanmu saat ini hanyalah sekadar sarana untuk mendapatkan penghasilan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya