8 Tips Move On dan Membuka Hati dengan Cinta Baru, Bye Bye Masa Lalu

Meskipun putus cinta bisa menyakitkan, tetapi mengizinkan hati terbuka untuk orang baru adalah langkah yang penting dalam melanjutkan hidup.

oleh Miranti diperbarui 15 Agu 2024, 17:06 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 17:06 WIB
Ilustrasi melepaskan, merelakan, move on
Ilustrasi melepaskan, merelakan, move on. /Copyright unsplash.com/@aiony

Liputan6.com, Jakarta Meskipun putus cinta bisa menjadi salah satu pengalaman paling menyakitkan dalam hidup, penting untuk diingat bahwa setiap akhir adalah awal yang baru. Meskipun sulit, membuka hati untuk orang baru adalah langkah penting dalam proses penyembuhan.

Dalam proses ini, kamu bisa menemukan kebahagiaan dan cinta yang lebih baik. Meskipun tidak mudah, terdapat beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk mulai membuka hati bersama orang baru yang bersiap mewarnai harimu.

Terdapat beberapa cara efektif yang bisa kamu coba akan dibahas dalam artikel ini sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (15/8/2024). Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa mengatasi rasa sakit dan mulai melihat peluang baru dalam kehidupan cinta kamu. Jangan biarkan masa lalu menahanmu dan saatnya untuk maju dan menemukan kebahagiaan yang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

perempuan merenung
Menurut psikolog, berikut adalah gambaran tentang bagaimana cara move on/Photo by Agung Pratama from Pexels.

Setelah mengalami patah hati, sangat penting untuk memberikan waktu kepada diri sendiri untuk sembuh. Tidak perlu terburu-buru mencari pengganti. Gunakan waktu ini untuk merenung, memahami perasaanmu, dan membangun kembali kepercayaan diri yang mungkin telah hilang.

 


2. Kenali dan Terima Perasaanmu

Mengakui dan menerima perasaanmu adalah langkah penting dalam proses penyembuhan. Jangan menekan emosi atau berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja. Biarkan dirimu merasakan kesedihan, marah, atau kecewa, dan perlahan-lahan kamu akan mulai merasa lebih baik.


3. Fokus pada Diri Sendiri

Gunakan waktu ini untuk fokus pada diri sendiri dan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Temukan hobi baru, pelajari keterampilan baru, atau habiskan waktu dengan teman dan keluarga. Dengan fokus pada kebahagiaan dirimu sendiri, kamu akan lebih siap untuk membuka hati. 


4. Jangan Bandingkan dengan Masa Lalu

Salah satu kesalahan terbesar yang bisa kamu lakukan adalah membandingkan orang baru dengan mantan. Setiap orang adalah individu yang unik, dan membandingkan hanya akan membuat proses move on semakin sulit. Beri kesempatan pada orang baru untuk menunjukkan siapa mereka sebenarnya.


5. Mulai dari Persahabatan

Membuka hati tidak berarti kamu harus langsung terjun ke dalam hubungan baru. Mulailah dengan membangun persahabatan. Kenali orang baru tanpa tekanan romantis. Persahabatan yang kuat bisa menjadi dasar yang baik untuk hubungan yang lebih serius di masa depan.


6. Jaga Harapan Realistis

Memiliki harapan yang realistis adalah kunci untuk menghindari kekecewaan. Jangan berharap menemukan pasangan sempurna yang akan memenuhi semua kebutuhan kamu. Setiap hubungan memiliki tantangan, dan penting untuk menerima kekurangan satu sama lain. 


7. Terbuka untuk Kesempatan Baru

Time to move on (0)
Ilustrasi hubungan merenggang. (Sumber Pixabay)

Buka dirimu untuk berbagai kesempatan baru. Jangan takut untuk bertemu orang baru dan mencoba hal-hal baru. Kadang-kadang, cinta datang dari tempat yang tidak terduga. Dengan bersikap terbuka, kamu akan lebih mudah menemukan kebahagiaan dan cinta yang baru.


8. Tetapkan Batasan yang Sehat

[Bintang] Ilustrasi Relationship
Karena pada dasarnya, semua orang bisa move on. (Via: SundiataPost)

Ketika mulai membuka hati untuk orang baru, penting untuk menetapkan batasan yang sehat. Pastikan untuk berkomunikasi dengan jelas tentang apa yang kamu inginkan dalam hubungan baru. Dengan menetapkan batasan, kamu dapat melindungi dirimu sendiri dari pengalaman negatif yang mungkin pernah terjadi sebelumnya. 

Dengan mengikuti delapan langkah ini, kamu bisa mulai membuka hati dan menemukan cinta baru setelah putus cinta. Ingatlah bahwa proses ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan terburu-buru dan biarkan dirimu menyembuhkan dengan cara yang sehat. Semoga kamu menemukan kebahagiaan dan cinta yang kamu cari!

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya