7 Cara Mudah untuk Atasi Bau Badan Menurut Para Ahli, Aman Dicoba Siapa Saja

Para pakar kecantikan memberikan saran untuk mengatasi atau mengurangi bau badan yang berlebihan.

oleh Miranti diperbarui 26 Agu 2024, 12:26 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 12:26 WIB
Sebagai Pengganti Deodorant Untuk Menghilangkan Bau Ketiak
Ilustrasi Penggunaan Tawas Sebagai Pengganti Deodorant Credit: pexels.com/Mareefe

Liputan6.com, Jakarta Bau badan adalah salah satu masalah yang sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Bau badan sendiri terjadi ketika bakteri pada kulit bersentuhan dengan keringat. Kulitmu secara alami tertutup oleh bakteri. Ketika kamu berkeringat, air, garam, dan lemak bercampur dengan bakteri ini dan dapat menyebabkan bau.

Faktor-faktor seperti makanan yang kamu makan, hormon, atau obat-obatan dapat memengaruhi bau badan. Selain itu, orang yang memiliki hiperhidrosis atau keringat berlebih, stres, obesitas, dan genetik juga rentan terhadap bau badan.

Tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi bau badan. Di bawah ini, ahli kecantikan berbagi tips untuk mencegah atau mengurangi bau badan yang kuat. Penasaran apa saja? Yuk, intip penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Mandi Setiap Hari

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
Seorang pakar kecantikan memberikan saran untuk menghindari atau mengurangi bau badan yang berlebihan. (pexels/armin rimoldi).

Menurut informasi dari Very Well Health, pakar kecantikan Angela Parmer menyatakan bahwa rutin mandi dapat membantu mengatasi masalah bau badan. Disarankan untuk menggunakan sabun atau gel mandi dan memastikan untuk membilasnya hingga bersih. Fokuslah pada area-area yang cenderung mengeluarkan bau tidak sedap.

Jika kamu berada di lingkungan yang sangat panas atau lembap, mungkin perlu untuk mandi dua kali dalam sehari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan waslap untuk membersihkan area ketiak, selangkangan, dan lipatan kulit. Pastikan untuk segera mandi setelah berolahraga atau saat berkeringat.


2. Gunakan Sabun Anti Bakteri

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
Seorang ahli kecantikan memberikan saran untuk mencegah atau mengurangi aroma badan yang menyengat. (pexels/karolina grabowska).

Apabila mandi secara rutin tidak memberikan hasil yang diharapkan, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih khusus. Produk seperti sabun antibakteri dan pembersih yang mengandung benzoil peroksida dapat membantu menurunkan jumlah bakteri yang menyebabkan bau badan.


3. Pilih Produk Perawatan Ketiak yang Tepat

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
Para ahli kecantikan memberikan saran untuk mencegah atau mengurangi bau badan yang tidak sedap. (pexels/nammau).

Terdapat dua kategori produk untuk ketiak: deodorant dan antiperspirant. Deodorant berfungsi untuk menutupi bau badan dengan aroma yang menyenangkan, sementara antiperspirant bekerja dengan menghambat kelenjar keringat untuk mengurangi produksi keringat.

Apabila kamu tidak banyak berkeringat namun masih mengalami masalah bau badan, deodorant bisa menjadi pilihan yang ideal. Namun, jika kamu cenderung berkeringat banyak, sebaiknya pilih produk yang menggabungkan fungsi antiperspirant dan deodorant.

Untuk kamu yang mengalami bau badan yang cukup kuat, pilihlah produk dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Jika produk yang tersedia di pasaran tidak memberikan hasil yang diharapkan, sebaiknya konsultasikan dengan tenaga medis. Kamu mungkin memerlukan antiperspirant/deodorant yang diresepkan oleh dokter untuk hasil yang lebih efektif.


4. Kenakan Baju yang Ringan dan Breathable

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
Seorang ahli kecantikan memberikan saran tentang cara mencegah atau mengurangi bau badan yang berlebihan. (Pexels/huuhuynh).

Gunakanlah pakaian yang terbuat dari katun atau linen. Kedua bahan ini terkenal karena kemampuannya yang breathable, memungkinkan kulitmu untuk bernapas, serta ringan dan efektif dalam menyerap keringat.

Jauhi bahan yang dapat mengunci keringat di permukaan kulit, seperti poliester, nilon, dan rayon. Kain-kain tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya bau badan. Ketika berolahraga, pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik. 


5. Ubah Pola Makan

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
Para ahli kecantikan memberikan saran untuk mencegah atau mengurangi bau badan yang berlebihan. (pexels/catsoming).

Hilangkan atau kurangi makanan pedas atau berbau tajam dari menu kamu. Makanan-makanan tersebut adalah kari, bawang-bawangan, cabai pedas, kubis Brussel, dan brokoli.  Jika kamu mengonsumsi jenis makanan ini secara teratur, cobalah kurangi atau hentikan sama sekali. Ini dapat membantu mengurangi bau badan kamu. 


6. Mencukur atau Wax

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
"Contoh strip lilin. (Gambar: Unsplash/No Revisions)"

Rambut menahan keringat dan menjadi tempat yang baik bagi bakteri. Jadi mencukur rambut dapat menjadi salah satu langkah yag bisa dicoba untuk membantu mengendalikan bau badan. 


7. Pertimbangkan Pengobatan Medis

7 Tips Mengatasi Bau Badan yang Kuat dari Ahli, Mandi Setiap Hari hingga Cukur Bulu Ketiak
Para ahli kecantikan memberikan saran untuk menghindari atau mengurangi aroma badan yang menyengat. (pexels/martproduction).

Apabila kamu telah menerapkan tips-tips ini namun masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter. Bau badan yang kamu alami mungkin disebabkan oleh faktor lain, seperti infeksi jamur. Selain itu, kamu mungkin memerlukan pengobatan yang lebih intensif.

Umumnya, dokter akan meresepkan deodoran atau antiperspiran untuk membantu mengatasi masalah ini. Antibiotik, baik yang digunakan secara topikal maupun oral, juga bisa direkomendasikan. Dalam kasus yang sangat parah, tindakan bedah mungkin menjadi pilihan untuk mengatasi bau badan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya