4 Tips Memasak Telur Bebek Dadar yang Tidak Amis dan Lezat, Patut Dicoba

Bau amis pada telur bebek disebabkan oleh akumulasi trimethylamine (TMA) pada kuning telur.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 27 Agu 2024, 18:42 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 18:42 WIB
Ilustrasi Telur Dadar
Ilustrasi telur dadar (dok. Pixabay.com/nemoelguedes)

Liputan6.com, Jakarta Telur bebek dikenal sebagai sumber nutrisi yang melimpah, mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin D, selenium, vitamin B, asam folat, dan kolin. Selain kaya akan gizi, telur bebek juga memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat dibandingkan telur ayam. "Telur bebek jauh lebih creamy dibandingkan telur ayam," ungkap TheSpruceEats.com dalam ulasannya.

Salah satu cara favorit untuk mengolah telur bebek adalah dengan membuatnya menjadi telur dadar, hidangan yang sering ditemukan di rumah makan khas Padang. Namun, mencapai kesempurnaan dalam membuat telur dadar dari telur bebek bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama karena bau amis yang kerap muncul.

Bau amis pada telur bebek disebabkan oleh akumulasi trimethylamine (TMA) pada kuning telur. Menurut PubMed (ncbi.nlm.nih.gov), proses ini terjadi karena kandungan kolin dalam telur mengalami fermentasi bakteri selama pembentukan telur, yang menghasilkan aroma amis yang khas. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini tips untuk memasak telur bebek agar tidak bau amis, Selasa (27/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips hilangkan bau amis pada telur bebek

Ilustrasi telur bebek | ge yonk dari Pexels
Ilustrasi telur bebek | ge yonk dari Pexels

Salah satu metode yang ampuh untuk menghilangkan bau amis pada telur bebek adalah dengan memasaknya hingga benar-benar matang. Namun, ada trik tambahan yang bisa diterapkan agar telur bebek dadar tidak berbau amis. Trik ini dibagikan oleh seorang pengguna YouTube bernama Cheche, seorang warganet yang sudah terbiasa memasak telur bebek dadar sejak kecil.

"Kalau memang khawatir akan bau amis, sebenarnya jika sudah ditambahkan bahan-bahan lain, Uni jamin bau amisnya akan hilang sama sekali", ujar Cheche dalam video yang diunggah di kanal YouTube Cheche Kitchen.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat telur bebek dadar yang dirangkum oleh Liputan6.com pada Selasa (27/08/2024).


Cara memasak telur bebek agar tidak amis

Telur Bebek
Telur Bebek (Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash)

1. Manfaatkan daun bawang dengan berlimpah

Cheche memulai proses dengan menambahkan daun bawang dalam jumlah banyak untuk membuat satu porsi telur bebek dadar berukuran besar. "Daun bawang yang segar dan harum ini sangat efektif dalam menetralkan bau amis dari telur bebek. Aroma segar daun bawang ini sangat membantu menghilangkan bau amis," jelasnya.

2. Iris tipis semua bahan

Cheche juga memiliki trik khusus dalam memotong daun bawang dan bumbu lainnya. "Iris bahan-bahan dengan sangat tipis, sehingga daun bawang tidak akan merusak tampilan telur saat dipotong," sarannya.

Selain daun bawang, Cheche menambahkan bawang merah, daun seledri, dan daun kunyit yang semuanya diiris tipis. Bumbu-bumbu ini memiliki aroma kuat yang dapat membantu menghilangkan bau amis saat telur dimasak.

3. Campurkan bumbu halus

Bumbu halus yang digunakan Cheche terdiri dari cabai keriting, bawang merah, bawang putih, garam, dan penyedap. Bumbu ini dicampurkan dengan telur untuk menambahkan cita rasa dan mengurangi aroma amis.

4. Kombinasikan dengan telur ayam

Untuk menyeimbangkan rasa dan aroma, Cheche mencampurkan telur bebek dengan telur ayam. "Telur ayam membantu mengurangi aroma kuat dari telur bebek," katanya.

Setelah semua bahan dicampur, telur pun siap dimasak sesuai selera. Hasil akhirnya adalah telur bebek dadar yang tidak hanya bebas dari bau amis tetapi juga lezat dan menggugah selera.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya