4 Trik Jitu Hilangkan Bau Apek pada Pakaian, Cukup dengan 1 Bahan Saja!

Merendam pakaian lebih dari 30 menit, terutama dalam air yang sudah kotor, dapat membuat pakaian berbau apek.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 27 Agu 2024, 13:27 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 13:27 WIB
Baju - Vania
Ilustrasi Baju/https://unsplash.com/Priscilla Du Preez

Liputan6.com, Jakarta Mencuci baju adalah bagian penting dari rutinitas harian yang bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesegaran pakaian. Namun, salah satu kesalahan umum dalam mencuci adalah merendam pakaian terlalu lama.

Hal ini justru bisa menimbulkan masalah baru seperti bau apek. Menurut pengalaman yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @mamaholid23, merendam pakaian lebih dari 30 menit, terutama dalam air kotor, bisa menyebabkan bau apek pada pakaian.

Bau apek ini disebabkan oleh perkembangan bakteri dan jamur dalam kondisi lembap yang kekurangan oksigen, ungkap @mamaholid23 dalam video TikTok-nya. Bakteri dan jamur ini berkembang biak dan menghasilkan bau tidak sedap pada pakaian.

Lebih lanjut, @mamaholid23 membagikan solusinya untuk mengatasi masalah bau apek pada pakaian yang terendam terlalu lama. Dia mengungkapkan bahwa salah satu bahan dapur yang efektif adalah cuka. Berikut adalah langkah-langkah yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, pada Selasa (27/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trik jitu hilangkan bau apek pada pakaian

Mencuci dengan Tangan
Ilustrasi Mencuci Baju Credit: pexels.com/Xin

1. Bilas pakaian dengan air bersih

Setelah merendam baju, bilaslah pakaian hingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Proses ini perlu diulang beberapa kali untuk memastikan semua sabun benar-benar hilang.

2. Gunakan karbol dan air

Pindahkan pakaian ke dalam bak kosong, lalu tambahkan karbol dan air secukupnya. Tekan-tekan pakaian dan rendam selama kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan bau apek.

3. Cuci dengan detergen

Setelah perendaman dengan karbol, cucilah baju seperti biasa menggunakan detergen. Pastikan untuk membilas baju hingga benar-benar bersih.

4. Rendam dengan pewangi pakaian dan cuka

Untuk hasil akhir yang segar, rendam baju dalam larutan yang terdiri dari 1 sachet pewangi pakaian dan 1 sendok makan cuka yang telah dilarutkan dalam air. Rendam selama beberapa menit, kemudian peras pakaian dan jemur di bawah sinar matahari.


Cuka sebagai solusi alami mengatasi bau apek

4 Bahan Dapur Ini Bisa Hilangkan Ketombe
Menghilangkan ketombe dengan cuka putih. (via: bejotenan.com)

Cuka adalah bahan dapur yang sangat efektif untuk menghilangkan bau apek pada pakaian. Kandungan asam asetat dalam cuka memiliki sifat antimikroba yang bekerja dengan menetralkan bau tidak sedap dan mengubah pH lingkungan, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan bau apek.

Tidak hanya itu, cuka juga memiliki kemampuan untuk melarutkan sisa-sisa detergen dan mineral yang mungkin tertinggal di serat kain, yang sering menjadi penyebab bau apek. Dengan merendam atau membilas pakaian dalam larutan cuka, bau tidak sedap dapat berkurang atau bahkan hilang, membuat pakaian terasa lebih segar dan bersih.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya