11 Tips Merawat Kedekatan dengan Sahabat Setelah Menikah, Menolak Putus Hubungan

Banyak orang yang setelah menikah merasa kehilangan waktu dan momen berharga dengan sahabat mereka.

oleh Miranti diperbarui 27 Agu 2024, 14:27 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 14:27 WIB
sahabat
ilustrasi persahabatan/Photo by Min An from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan salah satu momen yang paling berarti dalam kehidupan seseorang. Namun, perubahan yang terjadi setelah menikah sering kali berdampak pada hubunganmu  dengan orang-orang terdekat, termasuk sahabat.

Banyak orang yang setelah menikah merasa kehilangan waktu dan momen berharga dengan sahabat mereka. Beberapa di antaranya bahkan merasakan bahwa hubungan yang dulunya sangat dekat kini menjadi jauh. Terkadang, seseorang merasa sangat kehilangan sahabatnya setelah memasuki kehidupan berumah tangga.

Bagaimana cara agar hubungan dengan sahabat tetap kuat meskipun sudah menikah? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga kedekatan dengan sahabat setelah menikah tetap terjaga. Mari simak bersama sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (27/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Miliki Komunikasi Terbuka dan Rutin

sahabat perempuan
"gambar teman wanita / foto dibuat oleh freepik - www.freepik.com"

Komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan. Pastikan untuk tetap terhubung dengan sahabatmu melalui pesan, panggilan telepon, atau video call secara rutin. Jangan ragu untuk berbagi cerita tentang kehidupan barumu dan mendengarkan cerita mereka juga. Komunikasi adalah kunci dari segala hubunga, termasuk hubungan persahabatan. 


2. Jadwalkan Waktu Berkualitas

zodiak teman sahabat perempuan
"Ilustrasi teman wanita/gambar dirancang oleh tirachardz/Freepik."

Walaupun kesibukan setelah menikah mungkin meningkat, penting untuk meluangkan waktu khusus untuk bertemu dengan sahabat. Jadwalkan waktu berkualitas, seperti makan siang bersama, nonton film, atau sekadar nongkrong di kafe favorit.

Menyisihkan sedikit waktu untuk sahabat akan membuat mereka merasa dihargai dan dibutuhkan di hidupmu. Ini akan menjaga hubungan kalian tetap baik bahkan setelah persahabatan itu berjalan sangat lama.  

   


3. Libatkan Sahabat di Kehidupan Barumu

karakter zodiak
"Ilustrasi teman wanita / foto dibuat oleh svetlanasokolova - www.freepik.com"

Ajak sahabatmu untuk ikut serta dalam beberapa aktivitas atau acara keluarga. Ini tidak hanya mempererat hubungan, tetapi juga membantu sahabatmu merasa tetap menjadi bagian penting dalam hidupmu. Meski kamu telah menikah, tunjukkan bahwa sahabat adalah salah satu orang yang cukup penting di hidupmu dan orang-orang di sekitarmu termasuk keluargamu. 


4. Jaga Kenangan Lama

Perempuan sedang Berkomunikasi
Gaya bicara dapat menunjukkan kecerdasan seseorang, oleh karena itu Sahabat Fimela perlu melatihnya. (Freepik/zinkevych)

Kenangan bersama sahabat adalah harta yang berharga. Jangan lupakan momen-momen berharga yang pernah kamu lewati bersama. Sesekali, kenang kembali masa lalu dengan melihat foto-foto lama atau mengunjungi tempat-tempat yang memiliki makna khusus bagi kalian. Kamu juga bisa mengagendakan untuk menciptakan kenangan baru ini meski kalian telah saling berumah tangga satu sama lainnya. 


5. Hormati Batasan dan Perubahan

sahabat
Ilustrasi pertemanan. /Photo by José Luis Photographer from Pexels

Pernikahan membawa perubahan dalam prioritas pun tanggung jawab. Penting untuk memahami dan menghormati batasan baru yang mungkin muncul. Sahabat sejati akan mengerti dan mendukung, begitu juga sebaliknya.


6. Beri Kejutan Kecil

Ilustrasi ulang tahun, bestie, sahabat, teman
Ilustrasi ulang tahun, bestie, sahabat, teman. (Image by Freepik)

Kejutan kecil, seperti mengirimkan pesan hangat atau hadiah sederhana, bisa membuat sahabatmu merasa dihargai dan diingat. Tindakan kecil ini bisa memperkuat ikatan kalian. Walau kalian terpisah jarak dan waktu, era saat ini akan sangat memudahkanmu memberikan kejutan kecil untuk sahabatmu. Momen ini akan sangat berharga bagi mereka. 


7. Tetap Menjadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi sahabat, teman baik
Ilustrasi sahabat, teman baik. (Photo by Omar Lopez on Unsplash)

Sahabat adalah tempat berbagi cerita dan keluh kesah. Meskipun kamu memiliki banyak hal baru untuk diceritakan tentang kehidupan pernikahan, jangan lupa untuk tetap menjadi pendengar yang baik bagi sahabatnu. Kamu yang tetap bisa jadi pendengar baik untuk sahabatmu, akan membuat ikatan kalian sangat kuat satu sama lain meski kalian telah memiliki hidup masing-masing. 


8. Berikan Ruang untuk Pertumbuhan Pribadi

sahabat perempuan
ilustrasi sahabat/photo created by freepik - www.freepik.com

Penting untuk memberikan ruang bagi sahabatmu untuk tumbuh dan berkembang. Dukung mereka dalam mengejar impian dan tujuan mereka, sama seperti mereka mendukungmu selama ini. Hal ini mungkin sederhana, tapi efeknya luar biasa memesona. 


9. Bersikaplah Fleksibel

ilustrasi makan bersama sahabat
Ilustrasi ide hadiah untuk sahabat perempuan/Copyright pexels/Marcus Aurelius

Kehidupan pernikahan mungkin memerlukan penyesuaian dalam jadwal dan prioritas. Bersikaplah fleksibel dan terbuka untuk kompromi dalam menjaga hubungan dengan sahabat. Ini akan tetap memperkuat ikatan kalian. 


10. Jangan Ragu untuk Meminta Maaf

Ilustrasi Sahabat Tertawa
Ilustrasi sahabat tertawa bareng (Bola.com/Dok. Unsplash)

Jika terjadi kesalahpahaman atau konflik, jangan ragu untuk meminta maaf dan mencari solusi bersama. Kejujuran dan kerendahan hati adalah kunci untuk mempertahankan kedekatan dengan sahabat. 


11. Bantu Mereka Saat Dibutuhkan

Memiliki Hati yang Tulus
Ilustrasi sahabat sejati. Credit: pexels.com/Elle

Tawarkan bantuan dan dukungan kepada sahabat dalam situasi yang sulit atau saat mereka membutuhkannya. Menjadi sumber dukungan emosional atau praktis dapat memperkuat hubungan dan menunjukkan betapa pentingnya mereka dalam hidupmu

Menikah tidak berarti harus kehilangan kedekatan dengan sahabat. Dengan usaha dan perhatian yang tepat, kamu pastinya bisa tetap menjaga hubungan yang erat dan bermakna dengan sahabat tercinta. Ingatlah bahwa persahabatan sejati mampu bertahan melalui berbagai fase kehidupan, termasuk pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat.  .

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya