Tips Mudah Mencairkan Daging Beku Tanpa Kehilangan Kandungan Nutrisinya

Terdapat metode efektif untuk mencairkan daging ayam beku dalam waktu 30 menit tanpa menggunakan air atau microwave.

oleh Miranti diperbarui 05 Sep 2024, 16:08 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 16:08 WIB
Ilustrasi daging, sayap ayam
Ilustrasi daging, sayap ayam. (Image by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memilih untuk membeli daging ayam dalam jumlah besar sebagai persediaan di rumah. Dengan menyimpan stok daging ayam, kamu dapat memasaknya kapan saja tanpa harus sering-sering ke pasar. Biasanya, daging ayam disimpan di dalam freezer agar bisa bertahan lebih lama, bahkan hingga beberapa bulan. Namun, ada kendala yang sering dihadapi, yaitu proses pencairan daging ayam beku yang memerlukan waktu cukup lama.

Menyimpan daging ayam di freezer adalah cara yang paling umum dilakukan agar daging tetap awet dalam waktu lama. Namun, jika hanya disimpan di lemari pendingin biasa, daging ayam cenderung lebih cepat busuk. Oleh karena itu, menyimpannya di freezer adalah pilihan terbaik untuk memastikan daging tetap segar dan layak konsumsi.

Menurut beberapa ahli, daging ayam beku yang disimpan di freezer bisa bertahan hingga beberapa bulan, tergantung dari kualitas freezer dan cara penyimpanan yang benar. Pastikan daging ayam dibungkus rapat menggunakan plastik atau wadah kedap udara untuk menghindari kontaminasi bakteri dan menjaga kesegaran. Berikut ini adalah beberapa tips yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, pada Kamis (30/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

 


1. Proses Pencairan Daging Ayam Beku

Ilustrasi daging ayam
Daging ayam dapat menjadi sumber kolagen alami/copyright freepik/jcomp

Kendala utama dari daging ayam beku adalah proses pencairannya. Biasanya, daging ayam yang beku harus dicairkan terlebih dahulu sebelum diolah. Proses ini penting agar tekstur daging kembali lunak dan mudah diolah.

Sebagian orang memilih untuk mencairkan daging dengan cara direndam dalam air. Namun, metode ini dapat mengurangi kualitas nutrisi daging ayam, terutama protein hewaninya. Ada juga yang menggunakan microwave untuk mempercepat proses pencairan.

Cara ini memang lebih praktis dan cepat, tetapi sayangnya tidak semua orang memiliki microwave di rumah. Lantas, adakah cara lain yang lebih praktis dan tetap menjaga kualitas daging?


2. Hacks Pencairan Daging Ayam Beku Tanpa Microwave

Ilustrasi
"Daging ayam bisa menjadi sumber kolagen alami yang baik/copyright freepik/jcomp"

Seorang pengguna TikTok dengan akun @marilyn.2685 membagikan trik praktis untuk mencairkan daging ayam beku tanpa menggunakan air atau microwave. Sebagaimana dilansir Liputan6.com dari video akun TikTok @marilyn.2685 yang diunggah pada Februari 2022, ia menunjukkan cara yang sederhana namun efektif untuk mencairkan daging ayam beku hanya dalam waktu 30 menit.

Dalam video tersebut, @marilyn.2685 mengambil daging ayam beku yang sudah dibungkus dalam plastik ziplock. Alih-alih merendamnya dalam air, ia meletakkan daging ayam tersebut di atas wajan yang terbalik. Setelah itu, ia menimpa daging ayam dengan panci aluminium yang berisi air panas selama 30 menit.


3. Hasil dan Respon Pengguna TikTok

Ilustrasi: Aplikasi TikTok (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Ilustrasi: Aplikasi TikTok (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Setelah menggunakan metode ini, daging ayam beku berhasil mencair tanpa terkena air secara langsung, sehingga nutrisinya tetap terjaga. Menurutnya, cara ini juga menghindarkan daging ayam dari kontaminasi bakteri. Video tersebut mendapat respon positif dari banyak pengguna TikTok lainnya.

Hingga saat ini, video tersebut telah ditonton lebih dari tiga juta kali dan mendapatkan puluhan ribu likes. Banyak warganet yang memberikan komentar, salah satunya adalah akun @David Modlin680 yang menulis, "For those of you saying hot water, please don’t do that. I’m an ex executive chef that can cause food borne illnesses." Sementara itu, akun lain seperti @user8713320322884 menambahkan, "I just put the Ziploc in water. I have also seen people put it in microwave."

Metode ini membuktikan bahwa ada cara praktis mencairkan daging ayam beku tanpa mengorbankan kualitasnya, bahkan tanpa perlu peralatan khusus seperti microwave. Jika kamu ingin mencobanya di rumah, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut agar daging ayam tetap sehat dan lezat saat diolah.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya