8 Tips Menemukan Ketenangan Batin Ketika Hidupmu Terus-Terusan Sedang Prihatin

Terdapat beberapa cara untuk meraih kedamaian pikiran ketika hidup sedang penuh dengan kekacauan.

oleh Miranti diperbarui 13 Sep 2024, 09:53 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 09:53 WIB
ekspresi tenang kalem dewasa damai
ilustrasi perempuan dewasa/Photo by Matthew Cain/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana kehidupan akan mengejutkan manusia. Banyak hal terjadi di luar kendalimu, membuatmu sering kali kewalahan dalam menghadapinya. Contohnya, beban pekerjaan yang tiba-tiba meningkat, kehilangan pekerjaan, terlilit utang karena tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup, kehilangan orang yang dicintai, dan lain-lain. Setiap orang pasti menghadapi kesulitan dengan masalah hidupnya sendiri-sendiri sehingga tidak punya waktu untuk bersantai sedikit pun.

Jadi, apa yang bisa dilakukan jika hal tersebut terjadi dan hidup terasa tidak berjalan dengan baik? Saat hati gelisah dan sulit merasa tenang, pasti akan sulit untuk berpikir positif dan menemukan ketenangan batin.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk mendapatkan ketenangan pikiran atau peace of mind ketika hidup terasa tidak baik-baik saja. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (13/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menerima apa yang tak bisa dikendalikan

zodiak
ilustrasi zodiak pesimis/unsplash/Sonnie Hiles

Kehidupan seringkali tidak berjalan sesuai dengan keinginan dan harapanmu, namun keputusan untuk menerima hal tersebut berasal dari dalam diri kamu sendiri. Untuk menghindari beban pada diri sendiri, penting untuk belajar menerima hal-hal yang berada di luar kendalimu, seperti pendapat orang lain, kenyataan yang ada, dan pikiran negatif.

Menerima hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan adalah sebuah seni yang memerlukan kesadaran diri dan kebijaksanaan. Kamu harus mengakui keterbatasanmu sebagai manusia. Dengan sikap legowo atau penerimaan, kamu membebaskan diri dari stres dan kecemasan yang tidak perlu.


2. Mengatur prioritas

karakter zodiak
Gambar tentang karakter wanita/Foto oleh Rio Syhputra di Unsplash

Menitikberatkan pada apa yang dapat dikerjakan saat ini adalah salah satu metode untuk menetapkan prioritas. Saat hidup terasa berantakan, mengatur prioritas dapat membantumu fokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

Buatlah daftar tugas harian dan tentukan mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Dengan menyelesaikan tugas satu per satu, kita dapat mengurangi perasaan cemas dan kewalahan, sehingga merasa lebih terorganisir dan teratur.


3. Tulis jurnal untuk menuangkan pikiran

karakter zodiak
gambar karakter wanita/Foto oleh Vino Li dari Unsplash

Mengisi jurnal adalah metode yang efektif untuk mengungkapkan emosi dan pikiranmu tanpa harus melibatkan orang lain. Sering kali, kamu merasa sulit mempercayai orang lain untuk menyimpan rahasia, atau merasa tidak nyaman karena berbagai kekhawatiran.

Dengan menulis apa yang kamu rasakan, kamu dapat belajar untuk jujur pada diri sendiri, lebih memahami perasaan dan situasi yang kamu alami. Jurnal juga dapat menjadi tempat untuk mencatat hal-hal positif dan rasa syukur, sehingga membantu kamu melihat sisi baik dari setiap momen dalam hidup.


4. Berbicara dengan orang yang terpercaya

karakter zodiak
Gambar kepribadian wanita/Foto oleh Bach Tran di Unsplash

Ambillah waktu untuk berbicara dengan orang-orang yang bisa dipercaya. Meskipun terkadang sulit menemukan seseorang yang membuat kita merasa nyaman untuk bersikap terbuka dan jujur, jika memiliki sistem dukungan yang baik dan positif, jangan ragu untuk berbagi keluh kesah dengan mereka.

Sebagai manusia, kamu memang memerlukan interaksi dengan sesama untuk merasa dihargai. Seringkali, kata-kata yang menenangkan dan pelukan dari orang-orang terdekat dapat membuatmu merasa lebih kuat.


5. Rehat sejenak

zodiak
ilustrasi wanita/Foto oleh Azamat Zhanisov di Unsplash

Jangan takut untuk mengambil keputusan beristirahat sejenak dari kesibukan dan membatasi interaksi dengan orang-orang tertentu saat kamu membutuhkannya. Jika menyendiri dapat membuatmu merasa tenang, maka lakukanlah.

Jika liburan dan bepergian ke luar kota bisa menyegarkan pikiranmu, maka lakukanlah. Apa pun cara terbaik yang dapat membawa ketenangan pikiran untukmu, lakukanlah. Berpikirlah sepositif mungkin dan usahakan untuk tidak berpikiran negatif dengan menyerah.


6. Jangan memaksakan diri

karakter zodiak
gambar zodiak wanita/Foto oleh Jonathan Borba di Unsplash

Tidak memaksakan diri adalah prinsip penting yang mengajarkanmu untuk mendengarkan tubuh dan pikiranmu, serta menghargai batasan yang ada. Memaksakan diri hanya akan berujung pada kelelahan fisik dan mental, yang pada akhirnya dapat menghambat produktivitas dan kebahagiaan. Dengan mengenali kapan harus beristirahat dan memberi diri waktu untuk pulih, kamu dapat menjaga keseimbangan hidup dan memastikan bahwa kita tetap sehat dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


7. Menghindari informasi negatif

karakter zodiak
Gambar wanita tersenyum/Foto oleh Jonathan Borba di Unsplash

Salah satu langkah penting lainnya untuk mencapai ketenangan pikiran adalah dengan menjauhi informasi negatif. Batasi sumber informasi yang kamu terima, baik dari interaksi dengan orang-orang maupun dari media sosial.

Ini merupakan langkah krusial untuk menjaga kesehatan mental dan emosional di tengah derasnya arus informasi. Sangat penting untuk bersikap selektif dalam memilih sumber informasi dan mengatur waktu konsumsi media. Semakin sedikit hal yang membuatmu khawatir, semakin tenang pikiranmu.

 


8. Praktikkan Teknik Relaksasi

sinar matahari yoga
ilustrasi perempuan yoga/Photo by Samuel Silitonga from Pexels

Teknik seperti pernapasan dalam, yoga, atau visualisasi dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuhmu. Temukan teknik yang cocok untuk Anda dan buatlah sebagai bagian dari rutinitas harianmu. Jadi, ketika hidup sedang sulit dan penuh tantangan, beberapa hal di atas dapat menjadi solusi untuk mendapatkan kedamaian pikiran.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya