4 Peralatan Olahraga Terbaik untuk Meningkatkan Kebugaran di Rumah

Ketahui 4 alat olahraga sederhana yang bisa digunakan di rumah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 15 Sep 2024, 09:42 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 09:42 WIB
workout
Latihan fisik bisa dilakukan dengan mudah di rumah | hak cipta unsplash.com/cole-keister

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu masih merasa malas olahraga karena menganggapnya ribet dan sulit? Tunggu dulu, sebelum berpendapat demikian, Sahabat perlu tahu bahwa olahraga kini tidak serumit itu. Dengan kemajuan teknologi digital, banyak informasi dan video tutorial olahraga di rumah yang tersedia di internet.

Olahraga di rumah bisa dilakukan dengan mudah. Aktivitas ini bisa menjadi menyenangkan jika didukung dengan penggunaan alat yang tepat dan mudah didapatkan. Saat ini, alat-alat tersebut sudah banyak tersedia di pasaran dan sangat mudah digunakan.

Tanpa harus pergi ke gym unuk menjaga kesehatan tubuh anda cukup olahraga dimana saja bisa, berikut adalah 4 rekomendasi alat olahraga sederhana yang cocok untuk workout di rumah, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (14/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pita Latihan

Contoh ilustrasi lying leg curl with resistance band
Ketiga ada pembahasan serta cara melakukan lying leg curl dengan resistance band (Foto: Pexels.com/Angela Roma)

Peralatan olahraga ini memiliki desain yang sederhana dan praktis, namun sangat serbaguna. Jika tujuan Anda adalah meningkatkan kekuatan otot, resistance bands bisa menjadi pilihan yang tepat. Melalui latihan resistensi, baik itu untuk otot tangan, kaki, maupun core, alat ini mampu memberikan hasil latihan yang optimal. Keunggulan utamanya adalah menambahkan beban pada gerakan tubuh tanpa memerlukan alat berat.

Bagi pemula, resistance bands sangat cocok karena tersedia dalam berbagai tingkat resistensi. Alat ini juga sangat ideal untuk latihan pemulihan cedera atau rehabilitasi. Selain melatih kekuatan otot, alat ini juga membantu meningkatkan fleksibilitas dengan tekanan yang terkendali.


2. Dumbbell atau Barbel

dumbbell
Dumbbell untuk mendukung aktivitas olahraga di rumah | hak cipta unsplash.com/Samuel Girven

Barbel, atau yang lebih dikenal sebagai dumbbell oleh masyarakat umum, adalah alat olahraga yang sangat digemari oleh para penggemar fitness. Alat multifungsi ini sering digunakan dalam berbagai jenis latihan seperti bench press, shoulder press, bicep curls, dan lunges. Dengan berbagai variasi gerakan, dumbbell dapat diaplikasikan pada hampir seluruh bagian tubuh. 

Dumbbell memberikan manfaat dalam meningkatkan kekuatan dan massa otot. Alat ini juga bisa digunakan untuk latihan kekuatan dan kardio, serta membantu memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh. Keunggulan lainnya, dumbbell tersedia dalam berbagai ukuran dan berat, memungkinkan kamu untuk menyesuaikannya sesuai kemampuan dan target latihan yang ingin dicapai. 


3. Tali Lompat (Skipping Rope)

Jump rope
Skipping rope atau tali lompat memudahkan latihan lompat tali di rumah | hak cipta unsplash.com/Stoica Ionela

Lompat tali mungkin sudah menjadi mainan sejak kecil. Siapa yang menyangka, olahraga ini memiliki manfaat besar terutama dalam membakar kalori. Jump rope atau tali skipping adalah alat olahraga sederhana yang bisa digunakan di rumah untuk aktivitas ini. Meskipun sederhana, jump rope sangat efektif untuk membakar lemak dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Hanya dengan meluangkan waktu 10-15 menit lompat tali, kamu bisa mendapatkan manfaat yang setara dengan berlari atau jogging dalam intensitas tertentu.

Selain membakar kalori, olahraga ini juga meningkatkan stamina dan kesehatan jantung. Jump rope juga melatih koordinasi dan kelincahan tubuh. Praktis digunakan kapan saja dan di mana saja dengan hasil maksimal, jump rope adalah salah satu alat olahraga terbaik yang bisa dipilih di rumah, bukan?


4. Yoga Matras

yoga mat
Matras Yoga untuk mempermudah latihan yoga di rumah | hak cipta unsplash.com/The Nix Company

Yoga Mat adalah perlengkapan olahraga yang sangat penting dan bisa menjadi wajib dimiliki jika Anda ingin berlatih yoga, pilates, atau latihan inti. Yoga Mat memberikan bantalan yang nyaman saat berolahraga, serta membantu meningkatkan stabilitas dan keamanan saat mencoba berbagai gerakan, sehingga mengurangi risiko cedera. Selain itu, Yoga Mat juga bisa digunakan untuk latihan sederhana seperti push-up, plank, atau sekadar peregangan. Penggunaannya sangat nyaman dan efektif, terutama karena mudah dilipat dan disimpan setelah digunakan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya