Resep Daifuku Mochi, Panduan Lengkap Membuat Mochi dengan Berbagai Isian Lezat

Daifuku mochi sering dijadikan oleh-oleh wajib bagi mereka yang berkunjung ke Jepang.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 18 Sep 2024, 11:38 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 11:38 WIB
Resep mochi daifuku. (dok. Cookpad @Ikeoctamila)
Resep mochi daifuku. (dok. Cookpad @Ikeoctamila)

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini, daifuku mochi sedang menjadi sorotan banyak orang. Popularitas daifuku mochi semakin meningkat berkat media sosial, terutama TikTok. Banyak orang membagikan pengalaman mereka saat mencicipi makanan khas Jepang ini. Hal ini membuat semakin banyak orang tertarik untuk mencoba hidangan yang satu ini.

Daifuku mochi sendiri memiliki beragam rasa dan isian, seperti anko (pasta kacang merah), buah-buahan, dan bahkan es krim. Kombinasi rasa yang beragam, seperti manisnya mochi dan berbagai isian, membuatnya menarik bagi banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu, mochi dikenal dengan teksturnya yang kenyal dan lembut. Sensasi menggigit mochi yang kenyal memberikan pengalaman makan yang unik dan menyenangkan, sehingga banyak orang menyukainya. Daifuku mochi biasanya dijual dengan harga yang terjangkau, menjadikannya pilihan camilan yang ekonomis. Lantas, apakah daifuku mochi ini bisa dibuat sendiri di rumah? Tentu saja bisa. Kamu bisa mencoba resep membuat daifuku mochi yang mudah berikut ini, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(18/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Daifuku Mochi dengan Beragam Isian yang Praktis

Daifuku Mochi
Daifuku Mochi. (dok. Cookpad/@ecka_rd)

Bahan-bahan Kulit Mochi:

  • 135 gram tepung ketan
  • 180 ml susu UHT (pilih rasa sesuai selera, misalnya stroberi)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • Pewarna makanan (opsional)

Bahan Isian:

  • 250 gram pasta kacang merah (anko) atau isian lain seperti buah segar (stroberi, mangga, dll.)
  • 1 sdm gula (jika menggunakan buah sebagai isian)

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat kulit mochi, campurkan tepung ketan, gula, dan garam dalam mangkuk. Tambahkan susu UHT dan minyak goreng, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika diinginkan, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Kukus adonan selama sekitar 20 menit hingga matang.
  2. Untuk menyiapkan isian, jika menggunakan pasta kacang merah, pastikan sudah siap. Jika menggunakan buah, cuci bersih dan potong sesuai ukuran yang diinginkan. Jika menggunakan buah, bisa tambahkan sedikit gula untuk memberikan rasa manis.
  3. Selanjutnya, bentuk daifuku. Setelah kulit mochi matang, angkat dan biarkan sedikit dingin. Ambil sejumput adonan mochi, pipihkan, dan letakkan isian di tengahnya. Lipat dan rapatkan kulit mochi di sekitar isian, bentuk bulat. Ulangi proses ini hingga semua adonan dan isian habis.
  4. Daifuku mochi siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas agar lebih segar saat disantap. Selamat mencoba membuat Daifuku Mochi dengan berbagai isian yang lezat!
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya