Kecerdasan Emosional Rendah, Ini 6 Tanda yang Tidak Bisa Diabaikan

Berikut beberapa tanda orang dengan kecerdasan emosional yang rendah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 25 Sep 2024, 13:23 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 13:23 WIB
bekerja karir serius ketus dingin jutek cantik dewasa mandiri ekspresi wajah
gambar wanita rapi/Foto oleh David Manzyk/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu pasti memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang lengkap. Namun, cara seseorang melatih dan mengembangkan keduanya bergantung pada bagaimana mereka menjalani hidup. Akan selalu ada variasi dalam tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan emosional (EQ) di antara orang-orang.

Akhir-akhir ini, kecerdasan emosional semakin mendapat perhatian karena peran pentingnya dalam kehidupan sosial. Individu dengan kecerdasan emosional tinggi cenderung lebih berhasil dalam hubungan sosial, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional, karena mereka mampu berkomunikasi secara efektif, menunjukkan empati, dan menangani konflik dengan baik.

Sebaliknya, kekurangan kecerdasan emosional dapat menimbulkan berbagai masalah dalam interaksi sosial dan kesejahteraan pribadi. Sayangnya, ada kalanya seseorang kurang memiliki kecerdasan emosional. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan seseorang mungkin kurang cerdas secara emosional, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sulit Mengendalikan Emosi Pribadi

perempuan senyum
Ilustrasi perempuan tersenyum cantik/copyright unsplash.com/Rezli

Individu yang kurang memiliki kecerdasan emosional sering kali kesulitan dalam mengelola emosinya sendiri. Mereka mungkin cepat marah, frustrasi, kesal, atau cemas, dan tidak tahu cara mengendalikan, mengekspresikan, atau menyelesaikan perasaan tersebut dengan cara yang sehat. Akibatnya, mereka mungkin sering terlibat dalam konflik atau mengalami stres berlebihan yang dapat mengganggu orang lain atau menyebabkan keputusan yang impulsif dan tidak rasional.


2. Minim Empati

karakter zodiak
ilustrasi karakter zodiak/Foto oleh Rizki Nurul dari Pexels

Sering kali, individu yang memiliki kecerdasan emosional rendah cenderung kurang menunjukkan empati. Mereka menempatkan ego di posisi terdepan sehingga sulit memahami perasaan orang lain atau mempertimbangkan kepentingan orang lain. Orang dengan kecerdasan emosional rendah biasanya melihat segala sesuatu secara logis dan hitam putih, bahkan cenderung egois. Mereka mungkin tampak tidak peduli atau tidak peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain.


3. Merasa Tersinggung Saat Dikritik

karakter zodiak
gambar zodiak wanita/Foto oleh @thiszun dari Pexels

Kecerdasan emosional seseorang sering kali memengaruhi cara mereka menerima kritik atau saran. Individu dengan EQ rendah cenderung kesulitan menerima kritik, bahkan jika kritik tersebut konstruktif dan penuh perhatian. Mereka mungkin merasa tersinggung, terancam, atau terhina, sehingga merespons dengan defensif atau marah. Ketidakmampuan menerima kritik ini sering kali berkaitan erat dengan ego yang besar, karena mereka tidak ingin harga diri mereka direndahkan.


4. Tantangan dalam Membentuk Pertemanan Sehat

karakter zodiak
Gambar kepribadian wanita/Foto oleh James Reyes dari Pexels

Kurangnya EQ dapat menyebabkan seseorang kesulitan dalam membangun dan menjaga hubungan sosial yang sehat dan positif. Orang tersebut mungkin tidak memahami cara berkomunikasi yang baik dan efektif, mengelola konflik, atau menunjukkan kasih sayang dan dukungan kepada orang lain, sehingga seringkali dijauhi. Akibatnya, hubungan yang dimiliki cenderung tidak stabil atau bahkan berakhir.


5. Yakin Selalu Benar

karakter zodiak
ilustrasi karakter wanita/Foto oleh Sunbae Legacy dari Pexels

Ciri lain dari seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah adalah keyakinan bahwa dirinya selalu benar dan paling tahu. Orang ini merasa paling kompeten di antara semua orang, sehingga cenderung mendominasi setiap kesempatan tanpa memberi ruang bagi orang lain untuk menunjukkan kemampuan mereka. Ia mungkin juga tidak peka terhadap emosi orang lain, seperti kesedihan, kemarahan, atau stres, karena sikapnya yang kurang menyenangkan. Ketidakpekaan ini bisa membuatnya terlihat egois.


6. Berpikir Semua Orang Mudah Marah

teman perempuan zodiak
Gambar persahabatan/Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels

Salah satu tanda paling jelas bahwa seseorang mungkin kurang memiliki kecerdasan emosional adalah ketika mereka berpikir bahwa orang lainlah yang terlalu mudah tersinggung saat mereka memberikan komentar atau kritik. Mereka berbicara secara terus terang tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain yang mungkin terluka. Namun, mereka sendiri mudah tersinggung ketika menerima kritik. Mereka cenderung menghindari konflik secara sengaja, menyerang secara verbal, atau menyalahkan orang lain.

Kurangnya kecerdasan emosional memang bisa berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan seseorang. Namun, penting untuk diingat bahwa kecerdasan emosional adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan dikembangkan. Oleh karena itu, selalu ada kesempatan untuk meningkatkan EQ dan menjadi lebih baik dalam mengelola emosi.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya