3 Fakta Menarik Air Rebusan Mi yang Jarang Diketahui, Bisa Dimanfaatkan Lagi

Apakah air rebusan mie mengandung lilin?

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 01 Okt 2024, 15:12 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 15:12 WIB
Air Rebusan Mie
gambar air rebusan mie/copyright pexels/Klaus Nielsen

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kamu sering mendengar bahwa air rebusan mi instan sebaiknya dibuang karena mengandung bahan lilin? Kabar baik bagi pecinta mi, ternyata air rebusan mi memiliki banyak manfaat yang sering diabaikan. Kebiasaan membuang air rebusan ini memang telah diajarkan turun-temurun oleh ibu kita dari generasi ke generasi.

Namun, sebenarnya, air bekas merebus mi instan ini memiliki banyak manfaat. Meskipun banyak yang langsung membuang airnya, ternyata air rebusan mi mengandung berbagai elemen penting dari tepung yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Menurut Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat, DR.dr. Tan Shot Yen, M. Hum, perubahan warna air setelah dimasak bersama mi instan tidak berbahaya dan tetap bisa dikonsumsi langsung bersama mi instan.

Penasaran bagaimana kamu dapat memanfaatkan air rebusan ini dan apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya? Yuk, simak ulasannya berikut, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Memiliki Mineral Esensial

Air Rebusan Mie
gambar air mendidih untuk mie/copyright pexels/Klaus Nielsen

Apakah kamu tahu bahwa air rebusan mi instan mengandung nutrisi seperti garam dan vitamin yang larut saat mie direbus? Oleh karena itu, membuang air rebusan pertama dari mi instan hanya akan mengurangi cita rasa yang diperoleh. Selain itu, fakta penting lainnya adalah air rebusan mi mengandung mineral seperti kalium dan magnesium yang larut dari mie selama proses perebusan.

Ini membuatnya berguna untuk digunakan kembali dalam masakan lain. Namun, sebagai pecinta mi instan, kamu harus memperhatikan jumlah mi yang dikonsumsi. Meskipun air rebusan mi instan aman untuk dikonsumsi, mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.


2. Alternatif untuk Kaldu Masakan

Air Rebusan Mie
gambar air rebusan mie/hak cipta pexels/Katerina Holmes

Pecinta mi tidak perlu cemas, air rebusan mi instan yang keruh disebabkan oleh warna kuning pada sebagian besar mi instan. Alih-alih membuangnya, air rebusan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pengganti kaldu dalam masakan seperti sup atau saus pasta. Rasa gurih alaminya bisa menambah cita rasa pada hidangan.


3. Pembersih Panci Alami

Air Rebusan Mie
gambar air rebusan mie/hak cipta pexels/Teona Swift

Selain menjadi bahan masakan, ada fakta menarik yang perlu kamu ketahui, air rebusan mi instan bisa digunakan sebagai pembersih alami untuk panci kotor. Kotoran yang membandel pada panci akan terangkat dengan sempurna berkat air rebusan mi. Kandungan tepung dalam air rebusan tersebut membantu melonggarkan sisa-sisa makanan yang menempel.

Itulah beberapa fakta unik yang sering kali terabaikan tentang air rebusan mi instan. Mulai sekarang, Mi Lovers tidak perlu membuang air rebusan mi, pertimbangkan untuk menggunakannya kembali dengan cara-cara kreatif di dapur!

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya