Memahami Body Shaming, Arti dan Cara Menghindarinya

Istilah Body Shaming kini semakin dikenal, mari bersama pelajari lebih lanjut penjelasannya berikut ini.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 04 Okt 2024, 17:49 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 17:49 WIB
body shaming
memahami body shaming//copyright freepik

Liputan6.com, Jakarta Body shaming adalah tindakan mengkritik atau mempermalukan seseorang berdasarkan bentuk atau ukuran tubuh mereka. Fenomena ini dapat terjadi di berbagai lingkungan, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Body shaming tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan mental individu yang menjadi korban, tetapi juga dapat mempengaruhi pandangan masyarakat secara keseluruhan terhadap standar kecantikan yang ideal.

Mengingat dampak psikologis yang serius, seperti menurunnya rasa percaya diri, gangguan makan, dan depresi, penting bagi semua untuk memahami apa itu body shaming dan mengapa sikap ini harus dihindari. Untuk mengatasi dan menghindari body shaming, langkah pertama adalah meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu ini.

Selain itu, penting juga untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif, di mana setiap individu merasa dihargai dan diterima apa adanya. Dengan demikian, anda dapat bersama-sama membangun budaya yang lebih inklusif dan empatik, di mana body shaming tidak lagi memiliki tempat, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at(4/10/2024).


Body Shaming itu apa?

Karakter Zodiak Taurus
Ilustrasi perempuan ceria, tersenyum. / Freepik by benzoix

Body Shaming adalah tindakan mempermalukan seseorang dengan memberikan komentar negatif mengenai ukuran atau bentuk tubuh mereka, termasuk berat badan, kekurangan berat badan, atau bagian tubuh tertentu. Faktor-faktor seperti tinggi badan, warna kulit, jenis pakaian, atau keberadaan disabilitas sering menjadi target dalam bentuk pelecehan ini. Komentar semacam ini dapat menyebabkan perasaan tidak bahagia, merasa tidak dihargai, dan bahkan memicu pemikiran negatif tentang diri sendiri.

Meskipun tekanan sosial dirasakan oleh setiap orang, memberikan komentar tentang tubuh orang lain seharusnya tidak perlu dalam konteks apapun. Body shaming bisa dimulai dari pertanyaan sederhana seperti "Apakah kamu perlu makan semua itu?" atau "Apakah berat badanmu sudah turun?". Di media sosial, body shaming sering kali mendorong standar kecantikan yang tidak realistis dan mempromosikan perasaan tidak puas dengan penampilan fisik, yang pada akhirnya dapat merusak citra tubuh seseorang.


Alasan Body Shaming

[Fimela] Bullying
Gambar Body Shaming | unsplash.com

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan Body Shaming, antara lain:

Budaya: Budaya yang mengagungkan kesempurnaan fisik dan standar kecantikan yang tidak realistis dapat mendorong terjadinya body shaming.

Media sosial: Media sosial dipenuhi dengan gambar-gambar orang yang dianggap "ideal". Sikap ini dapat membuat seseorang merasa tidak puas dengan penampilan mereka sendiri dan membandingkan diri dengan orang lain.

Kurangnya rasa percaya diri: Individu yang memiliki rasa percaya diri rendah lebih rentan terhadap body shaming, baik sebagai pelaku maupun korban. Mereka mungkin mencari validasi dari orang lain dan menggunakan body shaming untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

Kurangnya Empati: Pelaku body shaming mungkin tidak menyadari betapa menyakitkannya komentar mereka atau tidak peduli dengan perasaan orang lain.


Tips Menghindari Body Shaming

Danilla Riyadi
Selain itu, Danilla juga menceritakan dirinya pernah mengalami body shamming saat SD. Ia mengaku dijuluki gajah bengkak karena memiliki badan yang gemuk. Pengalaman tersebut tak membuat Danilla merasa minder atau bersedih. (Instagram/danillariyadi)
  1. Positivitas diri merupakan kunci utama dalam mengatasi body-shaming. Sangat penting untuk menerima dan memahami bahwa merasa nyaman dengan penampilan diri sendiri sangat krusial untuk kesehatan mental. Terlepas dari bentuk atau warna kulit seseorang, menghargai kesehatan yang baik dan bersyukur atas apa yang dimiliki adalah suatu yang penting. Dengan merangkul kepositifan tubuh, seseorang dapat mengatasi body-shaming dan meningkatkan penampilannya tanpa terlalu memikirkan pendapat orang lain.
  2. Penting untuk mulai mencintai dan menerima tubuh sendiri, serta berhenti bersembunyi. Orang yang mengalami body-shaming sering kali cenderung bersembunyi, menutupi tubuh mereka, atau memilih untuk tidak menonjol. Namun, hidup terlalu berharga untuk dihabiskan dalam ketakutan dan isolasi. Rasa malu terhadap tubuh tidak boleh menghambat kemampuan seseorang untuk menikmati hidup. Penting juga untuk memperhatikan perasaan dalam situasi yang tidak nyaman dan berusaha untuk mengatasi ketidaknyamanan itu. Seiring berjalannya waktu, seseorang akan bisa mengatasi rasa takut dan menjadi percaya diri.
  3. Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk menerima dan bangga dengan tubuh, tetapi juga terbuka terhadap masalah yang mungkin timbul. Penting juga untuk mempertimbangkan apakah komentar dari orang lain, seperti orang tua atau teman dekat, berasal dari kepedulian yang tulus dan menginginkan yang terbaik untuk kamu.

Yuk, ciptakan lingkungan yang positif dan saling menghargai. Hindari body shaming dan fokuslah pada tindakan yang lebih penting dalam hidup. Ingatlah, kamu cantik dan berharga apa pun bentuk tubuhmu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya