Hindari 9 Topik Ini Saat Kencan Pertama agar Tidak Bikin Ilfeel Pasangan

Beberapa topik sebaiknya dihindari agar pasangan kencan tidak merasa ilfeel.

oleh Miranti diperbarui 04 Okt 2024, 12:13 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 12:13 WIB
Body Language on First Date
Body Language on First Date (Photo by Matt W Newman on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Kencan pertama sering kali menjadi momen penting yang dapat menentukan arah hubungan ke depannya. Pada kesempatan ini, kesan awal memiliki pengaruh besar dan dapat membentuk persepsi pasangan tentang diri kita. Oleh karena itu, memilih topik pembicaraan yang sesuai sangatlah penting.

Namun, tidak semua topik pembicaraan cocok untuk kencan pertama. Beberapa topik justru dapat membuat suasana menjadi tidak nyaman dan mengganggu suasana hati. Menghindari topik-topik ini bisa membantu menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan.

Dalam artikel ini,  mari membahas beberapa topik pembicaraan yang sebaiknya dihindari selama kencan pertama. Dengan mengetahui dan menghindari topik-topik ini, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menjadikan kencan pertama sebagai pengalaman yang positif dan mengesankan. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (4/10/2024).


1. Memuji Secara Berlebihan

pdkt
Bahasa tubuh orang PDKT/copyright: usnplash/rawpixel

Memberikan pujian kepada pasangan kencan dapat menjadi cara efektif untuk membuat mereka merasa dihargai. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, pujian tersebut bisa terasa tidak tulus dan berpotensi membuat pasangan merasa tidak nyaman.

Terlalu banyak pujian juga bisa menimbulkan kesan bahwa Anda kekurangan topik pembicaraan yang lebih menarik. Usahakan untuk memberikan pujian yang tulus dan sewajarnya, serta seimbangkan dengan topik pembicaraan lainnya.

2. Bicara Buruk Soal Mantan

Berbicara tentang mantan pasangan adalah salah satu topik yang sebaiknya dihindari saat kencan pertama. Membicarakan mantan dengan cara yang negatif dapat memberi kesan bahwa Anda belum sepenuhnya move on atau memiliki masalah emosional yang belum terselesaikan.

Selain itu, pasangan kencan Anda mungkin khawatir bahwa Anda akan melakukan hal yang sama jika hubungan ini berakhir. Sebaiknya, fokuskan perhatian pada hal-hal positif dan kenali pasangan kencan Anda lebih dalam tanpa membawa-bawa masa lalu.

3. Komentar yang Menghakimi

Komentar yang menghakimi, baik tentang pasangan kencan Anda atau orang lain, dapat membuat suasana kencan menjadi tidak nyaman. Menghakimi orang lain berdasarkan penampilan, pekerjaan, atau pilihan hidup mereka dapat memberi kesan bahwa Anda adalah seseorang yang tidak toleran dan tidak menghargai perbedaan. Cobalah untuk tetap terbuka dan menghargai pandangan serta pilihan hidup pasangan kencan Anda, meskipun mungkin berbeda dengan pandangan Anda.


4. Topik Sensitif

couple kencan bahagia
Gambar topik obrolan/Ilustrasi oleh Freepik

Saat kencan pertama, sebaiknya hindari topik-topik sensitif seperti politik, agama, atau pandangan pribadi yang kontroversial. Walaupun penting untuk memahami pandangan pasangan kencan mengenai hal-hal ini, kencan pertama bukanlah momen yang tepat untuk membahasnya.

Topik-topik sensitif dapat memicu perdebatan atau membuat pasangan merasa tidak nyaman. Sebaiknya, fokuslah pada topik yang lebih ringan dan menyenangkan untuk menciptakan suasana positif dan menyenangkan.

5. Mengomentari Penampilan

Meskipun niatmu baik, mengomentari penampilan pasangan kencan dapat berbalik menjadi hal yang tidak diinginkan. Komentar mengenai berat badan, pakaian, atau gaya rambut mungkin dianggap sebagai kritik, walaupun maksudmu adalah memuji.

Ini dapat membuat pasangan merasa kurang percaya diri atau tidak nyaman. Sebaiknya, berikan pujian yang tulus mengenai hal-hal yang lebih umum, seperti senyum atau kepribadian mereka.

6. Membicarakan Orang Lain

Membicarakan orang lain, terutama dengan nada negatif, dapat memberikan kesan bahwa kamu suka bergosip. Hal ini tidak hanya membuat pasangan kencan merasa tidak nyaman, tetapi juga bisa menimbulkan kekhawatiran bahwa kamu mungkin akan membicarakan mereka di belakang. Fokuslah pada percakapan yang melibatkan dirimu dan pasangan kencan, dan hindari membicarakan orang lain kecuali dalam konteks yang positif dan relevan.


7. Memuji Lawan Jenis

Ilustrasi pasangan, pacaran, kencan
Gambar topik untuk obrolan. (Foto oleh Kelly Sikkema di Unsplash)

Memuji orang lain di depan pasangan kencan Anda dapat menjadi kesalahan besar. Tindakan ini mungkin membuat pasangan merasa kurang dihargai atau bahkan menimbulkan rasa cemburu.

Walaupun Anda mungkin tidak bermaksud demikian, memuji orang lain bisa membuat pasangan merasa bahwa perhatian Anda tidak sepenuhnya tertuju pada mereka. Fokuslah pada pasangan kencan Anda dan tunjukkan minat yang tulus untuk mengenal mereka lebih dalam.

8. Terlalu Membahas Topik yang Umum

Membahas hal-hal yang terlalu umum atau basi, seperti cuaca, tanpa membawa ke arah yang lebih mendalam bisa membuat percakapan terasa datar dan tidak menarik. Cari topik yang lebih personal dan menarik bagi kedua belah pihak. 

 


9. Komplain Tentang Hidup

Mimpi - Vania
Ilustrasi Pacaran/https://www.freepik.com/jcomp 

Terlalu banyak mengeluh tentang kehidupan, pekerjaan, atau situasi pribadi lainnya dapat menciptakan suasana negatif. Kencan pertama seharusnya menjadi waktu yang menyenangkan, jadi fokuslah pada hal-hal positif. 

Kencan pertama adalah momen untuk memberikan kesan positif dan membangun fondasi yang kokoh untuk hubungan ke depan. Dengan menghindari topik pembicaraan yang dapat membuat pasangan merasa tidak nyaman, Anda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan. Ingatlah bahwa kunci dari kencan yang berhasil adalah komunikasi yang efektif, saling menghormati, dan ketulusan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya