Arus Balik Sepi, Pelabuhan Ketapang Perpanjang Posko Lebaran

Pada H+6 atau Jumat kemarin di Pelabuhan Ketapang justru menunjukkan penurunan dari hari sebelumnya.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 25 Jul 2015, 15:08 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2015, 15:08 WIB
Arus Balik Sepi, Pelabuhan Ketapang Perpanjang Posko Lebaran
(Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki H+7 Lebaran, belum ada peningkatan arus balik yang signifikan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Hingga siang ini tidak ada kepadatan penumpang atau kendaraan di pelabuhan.

"Hingga hari ini, penumpang dan kendaraan tidak perlu menunggu lama untuk naik ke kapal dan menyeberang ke Bali. Apalagi kita sudah menyiagakan kapal dan dermaga lebih banyak dan pola bongkar muat kapal yang lebih efisien juga," kata Corporate Secretary Christine Hutabarat melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (25/7/2015).

Chrisitine menjelaskan, data pada H+6 atau Jumat kemarin di Pelabuhan Ketapang justru menunjukkan penurunan dari hari sebelumnya.

Sepanjang Jumat kemarin hingga pagi ini telah diseberangkan 42.832 penumpang, 6.932 kendaraan roda 2 dan 4.937 kendaraan roda 4. Sehingga secara akumulatif arus balik di Pelabuhan Ketapang selama H+1 sampai H+6 mencapai 264.558 penumpang, 41.104 sepeda motor dan 30.965 mobil.

"Jadi hingga pagi ini baru 52% penumpang, 41% motor dan 66% mobil milik pemudik yang sudah kembali dari Jawa ke Bali," jelas Christine.

Menurut Christine, karakteristik arus balik di Pelabuhan Ketapang berlangsung lama dan merata sampai melewati H+7 Lebaran. Jadi, meski pun diprediksi terjadi peningkatan arus balik signifikan pada Sabtu dan Minggu besok, namun arus balik akan terus mengalir hingga akhir Agustus.

"Agar kami bisa memberikan pelayanan maksimal selama arus balik, maka posko layanan angkutan Lebaran di Pelabuhan Ketapang akan diperpanjang. Sehingga armada, dermaga, dan personel operasional bisa diberdayakan secara maksimal, demi kelancaran dan kenyamanan pemudik arus balik," pungkas Christine. (Rmn/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya