Begini Antisipasi Kemacetan di Tol Cipali Saat Mudik Lebaran

Ada delapan rest area di tol Cipali. Empat di jalur Cikopo menuju Palimanan dan empat lainnya di jalur sebaliknya.

oleh Abramena diperbarui 25 Jun 2016, 13:45 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2016, 13:45 WIB
Tol Cipali
Ada delapan rest area di tol Cipali. Empat di jalur Cikopo menuju Palimanan dan empat lainnya di jalur sebaliknya.

Liputan6.com, Purwakarta - Menghadapi arus mudik Lebaran, pengelola Tol Cikopo-Palimanan atau Tol Cipali siap melakukan sejumlah sekenario atau rekayasa lalu lintas. Tujuannya tak lain untuk mengurai kemacetan.

Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Swadaya (LMS) Hudaya Arryanto mengatakan, puncak arus balik di jalan bebas hambatan itu akan terjadi pada hari H minus tiga.

"Diperkirakan jumlah kendaraan pemudik yang masuk tol Cipali pada H-3. Nanti antara 65 hingga 75 ribu unit (kendaraan)," kata Hudaya, saat ditemui di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (24/6/2016).

Hudaya memastikan, tidak akan terjadi lagi kemacetan di pintu Tol Cikopo. Namun, besar kemungkinan akan terjadi di pintu keluar Tol Palimanan.

"Kalau ada kemacetan di Palimanan akan diupayakan keluar di Sumber Jaya. Kami juga telah selesai melakukan pengerjaan terhadap 26 pintu keluar di Palimanan. Selain itu dengan adanya e-Tol tentu sangat membantu," jelas dia.

Arus Balik

Hudaya justru khawatir kemacetan akan terjadi pada arus balik, yang disebabkan adanya pertemuan arus di KM 66 Tol Jakarta-Cikampek dengan Tol Cipularang-Bandung menuju Jakarta.

Jika itu terjadi, kata Hudaya, imbasnya lalu lintas di tol Cipali menuju Jakarta akan terhambat, dan mengalami kemacetan panjang.

"Ya sejumlah sekenario sudah kami lakukan termasuk bekerjasama dengan pihak Kepolisian. Termasuk melakukan contra flow di titik utama penyebab kemacetan. Selain itu  lalulintas dari Cipali bisa keluar melalui pintu Kalijati dan masuk ke jalur arteri," papar dia.

Sementara, terkait minimnya fasilitas di rest area atau tempat peristirahatan, pihak tol Cipali kini sudah menata ulang. Di antaranya membuat sumur-sumur baru untuk ketersediaan dan kebutuhan air bersih, serta memperluas areal parkir.

Menurut Hudaya, di Tol Cipali sendiri terdapat delapan tempat peristirahatan yang terbagi di dua jalur. Empat rest area di jalur Cikopo menuju Palimanan dan empat lainnya di jalur sebaliknya.

"Kalau yang dilengkapi SPBU hanya empat. Jadi satu lajur hanya ada dua rest area yang ada SPBU nya," pungkas Hudaya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya