Mengulik Nuansa Islam di Perkampungan Muslim Wuzhong China

China punya perkampungan Islam di Provinsi Ningxia, bernama Wuzhong Muslim New Village. Kampung ini tersaji berbagai kudapan halal yang khas.

oleh Maria Flora diperbarui 18 Mei 2018, 23:30 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2018, 23:30 WIB

Fokus, China - Sejumlah umat Islam di China membentuk sebuah perkampungan baru. Sederhana namun indah, kampung itu menarik perhatian turis dari berbagai negara.  

China memiliki 56 jenis suku yang diakui secara resmi. Salah satunya Suku Hui. Suku ini merupakan satu dari lima suku terbesar di negeri Tirai Bambu. Mereka memeluk agama Islam dan hidup berdampingan dengan agama lain.          

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (18/5/2018), salah satu suku ini ada di Wuzhong Muslim New Village, yakni perkampungan muslim di Provinsi Ningxia, China, yang diresmikan pada 2007.  

Di kampung ini arsitektur orientalnya saat khas. Setiap rumah di perkampungan didesain seragam.  

Keindahan kampung ini menarik perhatian turis. Bahkan, setiap bulannya ada 2.000 turis yang berkunjung dari berbagai negara. Selama kunjungan, mereka tak lupa merasakan suguhan kudapan halal di salah satu rumah yang telah disulap menjadi tempat makan.  

Salah satu sajian yang tak boleh terlewatkan di Wuzhong ialah teh delapan harta karun. Teh ini dinamakan delapan harta karun karena diracik dengan delapan bahan.

Dulunya masyarakat kerap mengonsumsi teh delapan harta karun karena bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, menambah energi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.  

Kekentalan agama Wuzhong dapat dilihat juga dari perpustakaan yang dibangun untuk warga setempat. Terdapat buku-buku mengenai Islam yang dimanfaatkan warga untuk menambah ilmu agama.  

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya