50 Kata-Kata Renungan Islami yang Menyentuh Hati, Hidup Jadi Lebih Tenang dan Damai

Tidak setiap saat hati seorang muslim tenang, damai, dan tentram. Ada kalanya dia menghadapi berbagai persoalan hidup yang membuat hatinya menjadi gelisah dan galau.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 28 Jan 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2023, 14:30 WIB
Doa Agar Hati Tenang (Hadis Imam Thabrani)
Ilustrasi Berdoa Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Tidak setiap saat hati seorang muslim tenang, damai, dan tentram. Ada kalanya dia menghadapi berbagai persoalan hidup yang membuat hatinya menjadi gelisah dan galau.

Ketenangan dan kedamaian adalah suatu hal yang dibutuhkan bahkan dicari oleh setiap muslim. Seseorang yang hartanya berlimpah saja akan merasa ada yang kurang ketika rasa tenang dan damai tidak ada dalam hidupnya.

Mendapatkan rasa tenang dan damai itu tidak mudah, namun bisa didapatkan. Salah satunya bisa dengan mencari tempat yang jauh dari kebisingan. Kemudian merenung sejenak sembari introspeksi diri.

Ketika hati sedang kurang baik, selain dengan Al-Qur’an, kata-kata renungan islami bisa menjadi stimulan untuk pembangkit semangat. Kata-kata renungan islami yang menyentuh hati bisa membuat kamu sadar.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini kata-kata renungan islami yang diambil dari Al-Qur’an, hadis nabi, dan nasihat para ulama. Semoga bisa mengobati hati kamu yang sedang dilanda ketidaktenangan hidup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Kata-Kata Renungan Islami

Ilustrasi meditasi, menenangkan diri
Ilustrasi meditasi, menenangkan diri. (Photo by Lesly Juarez on Unsplash)

1. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati."(Ali bin Husein)

2. "Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu, orang yang hati kotor, melihat orang dengan keburukan dahulu."

3. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

4. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

5. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 216)

6. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

7. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

8. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad : 11)

9. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah : 286)

10. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)


Kata-Kata Renungan Islami

Ilustrasi meditasi, menenangkan diri
Ilustrasi meditasi, menenangkan diri. (Photo by Tim Goedhart on Unsplash)

11. "Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

12. "Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya." (Q.S Al-Azhab: 41)

13. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin.

14. "Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." (Ibnu Abbas)

15. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

16. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

17. "Keberhasilan dan kegagalan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika dia bersamamu, tidak ada yang bisa menyakitimu."

18.  "Jangan pernah berpikir bahwa permintaan apa pun yang kamu miliki terlalu banyak untuk Allah. Dia berkata: "Jadilah" dan maka akan benar-benar terjadi."

19. "Boleh jadi Allah mengabulkan harapan kita dengan tidak memberi apa yang kita inginkan, karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menimpa di balik keinginan kita." (Aa Gym)

20.  "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." (Umar bin Khattab)


Kata-Kata Renungan Islami

Ilustrasi bahagia, menikmati hidup, bebas
Ilustrasi bahagia, menikmati hidup, bebas. (Photo by Debby Hudson on Unsplash)

21. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." (HR. Tirmidzi)

22. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

23. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." (HR. Muslim)

24. "Mulai hari ini, tetapkan niat dan fokus tanpa henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar yang kamu bisa, dalam semua situasi."

25. "Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat dan lebih pintar dari yang kamu kira."

26.  "Setiap anak Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang (mau) bertobat." (HR Timidzi)

27. "Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal Imam." (Al Ghazali)

28.  "Hati manusia sama seperti cangkir. Semakin kamu memenuhinya dengan cinta kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia."

29. "Renungkanlah diri Anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan Anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." (Quraish Shihab)

30. “Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.”


Kata-Kata Renungan Islami

Ilustrasi Bebas
Ilustrasi hidup bebas. (Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay)

31. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu." (Mufti Menk)

32.  "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya." (Shaykh Hamza Yusuf)

33. "Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." - Imam Syafi'i

34. "Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna." - Imam Syafi'i

35. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramal lah di hari ini." - Hasan al Bashri

36. "Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita semakin dekat dengan surga." - Boona Mohammed

37. "Hidup lah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintai lah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuat lah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." - Imam Ghazali

38. "Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam." - Ali bin Abi Thalib

39. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." - Amribn Abdullah

40. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." - Amribn Abdullah


Kata-Kata Renungan Islami

ilustrasi di pecat
Dipecat? Cari tujuan hidup yang baru dengan cara berikut

41.  "Jagalah Alquran, jangan kalian didahului orang dalam mengamalkannya." - Ali bin Abi Thalib

42. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

43. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai berkat yang sudah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup."

44.  "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

45. "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." - (Q.S Huud: 114)

46.  "Salat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." - Ibnu Athaillah

47. "Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

48. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

49. "Keberhasilan dan kegagalan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika dia bersamamu, tidak ada yang bisa menyakitimu."

50. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya