Kolak Pisang Labu Kuning, Menu Takjil Melegenda di Bulan Ramadan

Perlu ditekankan di sini bagi penderita maag agar memperhatikan lebih detil dalam mengkonsumsi takjil buka puasa agar tetap aman dan nyaman pada lambung.

oleh Panji Prayitno diperbarui 24 Mar 2023, 10:41 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2023, 02:00 WIB
Kolak Pisang Labu Kuning, Menu Takjil Buka Puasa Melegenda di Bulan Ramadan
Ilustrasi Kolak Pisang Credit: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Waktu Magrib adalah masa yang paling ditunggu-tunggu semua umat muslim untuk berbuka puasa di Bulan Ramadan. Islam menganjurkan berbuka puasa dengan memakan atau minum yang manis-manis, yang lumrah disebut takjil.

Perlu ditekankan di sini bagi penderita maag agar memperhatikan lebih detil dalam mengkonsumsi takjil buka puasa agar tetap aman dan nyaman pada lambung.

Hindari langsung makan berat atau nasi, lebih baik perlahan dengan camilan atau perbanyak minum air mineral. Selain buah kurma, di Indonesia memilki beragam sajian khas berbuka puasa selama Bulan Ramadan.

Menu takjil ini biasanya hidangan yang menyegarkan dan praktis. Bahkan, selama bulan Ramadan sejumlah pedagang kaki lima berlomba-lomba menyajikan menu takjil buka puasa.

Mereka berserakan di tepian jalan menyajikan beragam takjil setiap sore menjelang berbuka puasa. Banyaknya menu takjil buka puasa malah membuat bingung ingin memilih yang mana.

Bahkan, salah satu menu takjil yang melegenda itu bisa dibuat dirumah. Menu tersebut bernama kolak pisang labu kuning.

Sajian ini berisi buah pisang dicampur labu kuning kemudian dimasak dengan air santan, gula merah dan daun pandan membuat aroma kolak semakin wangi dan lezat.

Kolak sendiri merupakan makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang dan aneka bahan tambahan lainnya seperti labu, kolang-kaling atau ubi jalar.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 


Bahan hingga Cara Pembuatan

Bahan-bahan:

- 7 buah pisang kepok (iris serong)

- 500 gr labu kuning (iris dadu)

- 3 lembar daun pandan

- 200 gr gula merah

- 5 sendok makan gula pasir (opsional)

- 1/2 sendok teh vanili bubuk

- 1/2 sendok teh garam

- 10 cm kayu manis

- 700 ml air

- 800 ml santan.

Cara Membuat

Langkah 1: Masak air, masukkan potongan labu kuning,gula merah,gula pasir, kayu manis dan daun pandan. Masak hingga ubi setengah matang.

Langkah 2: Masukkan irisan pisang,tuang santan,beri garam dan vanili. Aduk terus ya agar santan tidak pecah, kemudian masak hingga mendidih dan labu kuning serta pisang empuk dan matang.

Langkah 3: Kolak sederhana pisang dan labu kuning siap disajikan hangat ataupun dingin.

Oh ya sebelum Anda membuatnya, sebaiknya pilih pisang kepok kuning karena selain berukuran lebih besar, teksturnya tidak mudah lembek sehingga cocok ketika bercampur dengan kuah kolak yang panas.

Selain itu pilihlah pisang kepok kuning tua yang masak di pohon. Untuk labu kuning, Anda bisa memilih labu yang kulitnya keras, permukaannya halus, dan tampak mulus.

Ini merupakan tanda bahwa labu sudah cukup matang dan memiliki rasa yang manis. Selamat Mencoba!!!

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya