Doa sebelum Ujian Sekolah agar Diberi Kelancaran, Ini Amalan sebelum Belajar

Membaca doa sebelum ujian sangat penting agar diberi kemudahan dalam berbagai macam urusan.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 04 Apr 2024, 15:21 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 11:05 WIB
Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Kewajiban pelajar adalah belajar dengan giat agar bisa menguasai ilmu yang bermanfaat, baik untuk urusan dunia maupun akhirat. Dalam proses menuntut ilmu, pasti ada tahapan yang perlu dilalui, yakni ujian.

Ujian merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah proses belajar dan mengajar mencapai targetnya. Waktu-waktu ujian ini biasanya sangat menegangkan bagi sebagian orang, oleh karena itu penting bagi kita untuk memohon kepada Allah SWT agar dilancarkan dengan membaca doa sebelum ujian.

Membaca doa sebelum ujian sangat penting agar diberi kemudahan dalam berbagai macam urusan. Sebab, ujian tidak selalu tentang ujian tulis yang dilakukan di sekolah maupun di kampus. Adap pula ujian dalam kehidupan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menghadapi ujian, dengan membaca doa sebelum ujian. Berikut adalah sejumlah doa sebelum ujian, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/4/2023).


Doa sebelum Ujian agar Dimudahkan

Bisa jadi kita telah mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai jenis ujian. Akan tetapi ada situasi di mana suatu ujian bisa menjadi begitu sulit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa sebelum ujian, agar diberi kemudahan oleh Allah SWT. Adapun bacaan doa sebelum ujian adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."


Doa agar Dimudahkan segala Urusan

ilustrasi berdoa. © pexels.com/Monstera
ilustrasi berdoa. © pexels.com/Monstera

Selain membaca doa tersebut, ada doa lain yang bisa kita baca sebelum ujian. Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa AS, ketika mendapat perintah untuk berdakwah kepada Firaun. Adapun bacaan doa agar diberi kemudahan adalah sebagai berikut,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي , وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي , وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي , يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisyroh lii shodrii, wa yassir lii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaanii, yafqohu qoulii

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku," (QS Thaha: 25-28).


Doa ketika Menghadapi Ujian Sekolah

Berdoa
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Doa sebelum ujian juga bisa kita baca ketika semakin dekat waktu untuk menghadapi ujian sekolah. Adapun bacaan doa sebelum ujian ketika waktu menjadi lebih dekat dengan ujian adalah sebagai berikut,

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa mil ladunka rahmatan wa hayyi' lanaa min amrinaa rasyadaa

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami berilah kami di sisi-Mu suatu rahmat, dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjuk-Mu."

Doa ketika Menjawab Soal Ujian

Selain membaca doa sebelum ujian, untuk menambah kepercayaan diri ketika hendak menjawab soal, kita bisa membaca doa ketika membaca soal ujian. Adapun bacaa doa ketika menjawab soal ujian adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدَعْتُكَ جَمِيْعَ مَا قَرَأْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ اِلَيْه

Allahumma innistauda'tuka jami'ama qoro'tuhu fardudhu illayya 'inda hajati ilaihi.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa pelajaran yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba, pada saat hamba membutuhkannya."


Amalan agar Dimudahkan dalam Menuntut Ilmu

Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Membaca doa sebelum ujian tentu sangat penting untuk menghadapi ujian. Akan tetapi, bukan berarti kita bisa saja meninggalkan amalan penting dalam menuntut ilmu. Selain melakukan amalan rutin, hal yang tak kalah penting adalah upaya itu sendiri, yakni belajar.

Agar upaya kita dalam belajar bisa menghasilkan ilmu yang bermanfaat, sehingga kita dapat menghadapi ujian dengan baik, hendaknya sebelum belajar untuk membaca doa-doa sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

 رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Robbi zidni 'ilman naafi'an warzuqni fahma.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

Agar ilmu yang Anda dapatkan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat, terdapat hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa seperti berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya: "Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka". (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya