Tips Memasang Karpet di Mobil Kesayangan, Bisa Mencegah Kecelakaan

Pemasangan aksesori mobil seperti karpet yang kurang tepat bisa mengakibatkan kecelakaan. Misalkan saja seperti kecelakaan mobil yang belum lama ini terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat. Kasus ini terjadi karena seorang pengendara mobil sedan yang hilang kendali.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 26 Apr 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi karpet mobil (rortizautocatalog)
Ilustrasi karpet mobil (rortizautocatalog)

Liputan6.com, Jakarta - Pemasangan aksesori mobil seperti karpet yang kurang tepat bisa mengakibatkan kecelakaan. Misalkan saja seperti kecelakaan mobil yang belum lama ini terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat. Kasus ini terjadi karena seorang pengendara mobil sedan yang hilang kendali.

Kejadian tersebut dibagikan oleh akun Instagram @liputan6.sctv. Seorang pengendara mobil diduga gagal menginjak pedal rem karena terhalang karpet.

Akibat kelalaian tersebut, sang pengendara sedan pun menabrak satu mobil angkot dan dua pengendara motor. Salah satu korban mengalami luka di bagian kaki sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Kabar baiknya kejadian ini berakhir dengan damai. Pengendara mobil sedan oranye tersebut berjanji akan menanggung seluruh kerugian yang disebabkannya.

Jika dipikir-pikir sangat tidak terbayang kalau hal kecil seperti karpet mobil dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal. Ternyata memasang karpet mobil tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Maka dari itu, untuk menghindari kejadian serupa, berikut beberapa tips memasang karpet mobil yang baik dan benar menurut trapo.asia:

1. Pastikan karpet mobil tidak membuat pedal rem, gas, dan kopling tersangkut

Hal yang harus diperhatikan adalah memastikan agar karpet mobil tidak menutupi atau mengganggu semua pedal yang ada.

Pengecekkan dapat dilakukan dengan cara menginjak pedal pada mobil dan pastikan gerakannya bisa sampai full dan tidak terhambat oleh karpet. 

2. Jangan men-double karpet mobil apapun

Men-double karpet mobil dengan menumpuknya sangat tidak dianjurkan. Mungkin cara tersebut memang dapat membuat kotoran lebih sulit tembus ke permukaan mobil.

Namun, metode ini dapat membuat karpet mobil lebih mudah bergeser sehingga dapat menghalangi pedal dan membahayakan pengendara.

 

 


3. Pastikan karpet mobil tidak bergeser

Di bagian kemudi umumnya terdapat sebuah pengait yang berfungsi agar karpet mobil tidak mudah bergeser. Pastikanlah karpet mobil terkait sehingga karpet tersebut tidak mudah bergeser.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, karpet yang bergeser ini dapat menghalangi pedal dan dapat mengganggu pengendara.

4. Pastikan desain karpet mobil sesuai dengan desain mobil 

Desain setiap mobil berbeda-beda, tentunya karpet mobil pun harus disesuaikan dengan desain mobil tersebut. Pastikanlah bentuk karpet mobil sudah sesuai dengan lantai pengemudi. 

Bukan hanya di bagian kemudi saja, usahakan agar karpet mobil juga sesuai dengan bagian penumpang hingga bagasi agar terlihat lebih rapi.

Karpet mobil yang tidak sesuai dengan desain mobil, dapat memberikan kesan acak-acakan pada bagian interior.

Sumber: Otomotif Liputan6.com

Penulis: Jordy

Infografis 22 Titik Rawan Macet di Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 22 Titik Rawan Macet di Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya