Gambaran Menakutkan Suasana Hari Kebangkitan dan Penghakiman Kiamat dalam QS. Al-Qiyamah

Kandungan surah ini menjadi pengingat manusia kelak akan adanya pertanggungjawaban atas semua perbuatan yang dilakukan selama di dunia.

oleh Putry Damayanty diperbarui 22 Sep 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi hari kiamat
Ilustrasi hari kiamat. (Photo created by liuzishan on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Selain berisi tentang ayat-ayat yang mengajarkan tentang kewajiban dan larangan bagi seorang muslim, Al-Qur’an menjadi wahyu paling sempurna yang juga memberikan petunjuk tentang peristiwa yang kelak akan terjadi.

Salah satu kandungan tersebut terdapat dalam surah Al-Qiyamah. Surah ini  merupakan surah ke-75 dalam urutan mushaf Al-Quran dan tergolong kedalam surah makkiyah. 

Secara khusus kandungan surah Al-Qiyamah yang terdiri dari 40 ayat ini menjelaskan tentang hari kiamat yang diimani umat muslim akan datang jelang berakhirnya kehidupan di dunia.

Selain itu, dalam surah ini juga menceritakan tentang kebangkitan setelah kematian, serta hari penghakiman terhadap perbuatan yang dilakukan oleh umat manusia selama hidup di dunia. 

Surah Al-Qiyamah dimulai dengan pertanyaan mengenai apakah manusia tidak percaya pada kebangkitan setelah kematian (hari kiamat). Kemudian, Allah SWT menyatakan bahwa Dia adalah yang akan menghidupkan kembali manusia setelah mati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Gambaran Hari Kiamat dan Penghakiman Allah

Mengutip dari laman dream.co.id, surah Al-Qiyamah memberikan gambaran tentang kejadian-kejadian besar yang akan terjadi pada hari kiamat. Bahkan tanda-tanda tersebut bisa dilihat dengan jelas oleh umat manusia jelang berakhirnya kehidupan di dunia.

Seperti gunung yang akan dihancurkan dan menjadi debu, bumi akan diguncangkan, dan manusia akan dibangkitkan dari kuburnya. Di masa penuh kekacauan itulah orang-orang akan bertanya tentang apa yang telah terjadi dengan mereka dan mengapa mereka dibangkitkan. 

Surah Al-Qiyamah juga menjelaskan bahwa Allah akan memperlihatkan amal-amal manusia kepada mereka. Orang-orang akan diberi buku catatan perbuatan mereka, yang memuat baik perbuatan baik maupun buruk yang telah mereka lakukan.

Orang-orang yang amal baiknya lebih berat akan mendapatkan pahala. Sebaliknya, orang-orang yang amal buruknya lebih berat akan mendapatkan siksaan.


Perbandingan antara Orang-orang yang Beriman dan Ingkar

Surah ini menggambarkan perbedaan antara orang-orang yang beriman dan beramal saleh dengan orang-orang yang ingkar dan melakukan perbuatan buruk. Orang-orang yang beriman akan mendapatkan surga sebagai tempat tinggal yang indah, sementara orang-orang yang ingkar akan mendapatkan neraka yang menyala-nyala sebagai tempat siksaan.

Dalam surah ini juga menegaskan kembali kebesaran Allah sebagai Pencipta dan Pengatur segala sesuatu. Manusia tidak perlu berdebat tentang hari kiamat karena itu adalah kepastian yang akan datang.

Surah Al-Qiyamah mengingatkan umat manusia akan akhirat, penghakiman, dan kebangkitan setelah kematian. Surah ini menekankan pentingnya amal perbuatan yang baik dan keimanan dalam Allah SWT.

Surah ini mengajarkan pelajaran moral dan etika, serta mengingatkan kita akan tanggung jawab kita terhadap perbuatan-perbuatan kita di dunia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya