Top 3 Islami: 4 Makhluk Tak Binasa Usai Sangkakala Kiamat Ditiup, Hal yang Dilarang dalam Maulid Nabi Menurut KH Hasyim Asy'ari

Setidaknya ada empat makhluk yang tak binasa usai sangkakala kiamat ditiup. Artikel tentang kiamat ini menjadi salah satu dari tiga artikel paling populer di kanal Islami Liputan6.com

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 27 Sep 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi kiamat (Photo by Javier Miranda on Unsplash)
Ilustrasi kiamat (Photo by Javier Miranda on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Hari akhir atau kiamat menjadi topik yang diperbincangkan terus-menerus. Kiamat adalah akhir dunia dan permulaan alam akhirat.

Tiupan sangkakala Malikat Israfil menandai datangnya kiamat. Seluruh makhluk mati, kecuali yang dikehendaki tidak binasa oleh Allah SWT.

Setidaknya ada empat makhluk yang tak binasa usai sangkakala kiamat ditiup. Artikel tentang kiamat ini menjadi salah satu dari tiga artikel paling populer di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (26/9/2023).

Dua artikel lainnya yakni mengenai hal-hal yang dilarang pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW menurut KH Hasyim Asy'ari dan 3 ciri orang yang ditempatkan paling dekat dengan Rasulullah SAW di hari kiamat.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. 4 Makhluk yang Tak Binasa Usai Sangkakala Kiamat Ditiup, Siapa Mereka?

3 Tanda Akan Terjadi Kiamat Menurut Ilmuwan
Menurut ilmuwan, proses kiamat bisa jadi sudah dimulai. Alam semesta diklaim sudah memasuki tahap awalnya.

Dahsyatnya hari kiamat diriwayatkan cukup banyak dalam Al-Qur'an. Salah satunya dalam Al-Qur’an Surah Al-Zalzalah yang artinya:

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya, dan manusia bertanya:

“Mengapa bumi (jadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.” (QS. Al-Zalzalah: 1-5).

Manusia dan makhluk lain panik tak tahu harus berlindung ke mana. Sebab, pada hari kiamat, Bumi hancur dan seluruh makhluk mati, terkecuali yang dikehendaki-Nya.

Detik-detik kiamat dimulai ketika Malaikat Israfil meniup sangkakala kiamat. Terompet itu menandai kehancuran dan kematian tiap makhluk.

Akan tetapi, ternyata masih ada makhluk Allah yang tak binasa usai sangkakala kiamat ditiup.

Selengkapnya baca di sini


2. Hal-hal yang Diharamkan dalam Perayaan Maulid Nabi, Dawuh KH Hasyim Asy'ari

KH Hasyim Asy’ari
KH Hasyim Asy’ari (sumber: wikipedia)

Umat Islam di seluruh dunia bergembira menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang populer disebut dengan Maulid Nabi. Di Indonesia, Maulid Nabi menumbuhkan berbagai tradisi serampai dengan adat istiadat di wilayahnya.

Kalangan NU misalnya, kerap merayakan Maulid Nabi dengan pembacaan barzanji, Dziba, pengajian dan lain sebagainya. Ada pula yang mengisi Maulid Nabi dengan santunan anak yatim.

Pada dasarnya, peringatan Maulid Nabi ini adalah momen bagi umat Islam untuk lebih mengenal Nabi SAW, mencintai dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari.

Jumhur ulama bersepakat, Maulid Nabi adalah amaliyah yang baik karena memiliki manfaat dan faedah yang besar.

Meski begitu, umat Islam juga perlu hati-hati agar kebaikan perayaan Maulid Nabi tidak rusak oleh perbuatan-perbuatan yang dilarang.

Berikut ini adalah hal-hal yang diharamkan dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW menurut KH Hasyim Asy'ari, dalam kitab berjudul at-Tanbihat al-Wajibat liman Yashna’ul Maulid bil Munkarat (peringatan-peringatan yang wajib [disampaikan] kepada orang yang merayakan maulid nabi dengan kemungkaran), seperti diulas Ustadz Sunatullah, pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan Jawa Timur, di laman NU Online, dikutip Selasa (26/9/2023).

Sunatullah menjelaskan, dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa maulid yang pada dasarnya merupakan perbuatan yang dianjurkan dalam Islam, karena terdapat unsur memuliakan Nabi Muhammad dan bahagia atas kelahirannya.

Selengkapnya baca di sini


3. 3 Ciri Orang yang Berada Paling Dekat dengan Nabi Muhammad di Hari Kiamat

[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: theengsi.blogspot.com

Pada hari kiamat, seluruh umat manusia akan mati untuk kemudian dibangkitkan lagi. Di Padang Mahsyar, berkumpul seluruh umat manusia sejak zaman Nabi Idam hingga hari akhir.

Seluruh umat manusia dalam kondisi ketakutan. Mereka mencari perlindungan dengan mendekati para nabi. Sementara, hanya Nabi Muhammad SAW satu-satunya nabi yang bisa memberikan syafaat di hari kiamat.

Di antara mereka, ada golongan yang begitu jauh dari nabi, sehingga melihat wajahnya saja tidak. Namun, sebaliknya ada pula golongan manusia yang sangat dekat dengan Nabi SAW.

Mereka akan berada di tempat yang begitu dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Salah satu golongan yang paling dekat dengan Rasulullah SAW di hari kiamat adalah orang-orang dengan akhlak mulia.

Lantas, seperti apa ciri-ciri orang ber-akhlak mulia tersebut?

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya