Rombongan Manusia yang Bau Busuknya Melebihi Bangkai di Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Sekelompok manusia yang Bau Busuk Melebihi Bangkai di Hari Kiamat. Ini merupakan azab Allah yang nyata.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Nov 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2023, 18:30 WIB
Mengunjungi Taman Siksaan Neraka di Thailand
Patung-patung menggambarkan nasib orang-orang yang melakukan perbuatan buruk di sebuah taman yang menggambarkan neraka versi Buddha di kuil Wat Saeng Suk di provinsi pesisir Thailand, Chonburi (9/7/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Liputan6.com, Cilacap - Di hari kiamat banyak manusia yang menyesali perbuatannya sewaktu di dunia. Ketika tiupan sangkakala Malaikat Israfil yang kedua atau ketiga berdasarkan pendapat yang lain, menyebabkan mereka terkejut dan bangun dari kuburnya.

Tidak hanya terkejut dengan tiupan sangkakala ini, mereka juga kaget dengan penampakan dan kondisi tubuhnya yang mengerikan ketika berada di padang Mahsyar.

Ada yang bangkit menyerupai hewan seperti babi dan kera. Adapula yang bangkit dalam kondisi cacat pada anggota tubuhnya. Ada pula yang bangkit dengan membawa bau busuk yang melebihi bangkai.

Tentu saja penampakan atau wujud serta kondisi tubuh yang mengerikan itu merupakan balasan atas perbuatannya di dunia. Lalu siapa yang bangkit dengan membawa bau busuk yang melebihi bangkai ini?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapa Mereka?

[Bintang] 5 Buku yang Wajib Dimiliki oleh Generasi 90-an Biar Berasa Gaul!
Buku certa Siksa Neraka. (Via: instagram.com/chef_ivon)

Rasulullah SAW menceritakan kepada Muadz bin Jabal perihal manusia yang dibangkitkan dari kubur dalam kondisi bau busuk melebihi bangkai.

Meraka adalah orang-orang ketika di dunia hanya melampiaskan hawa nafsu dan syahwatnya untuk kepentingan dunia dan melalaikan menunaikan hak Allah atas harta kekayaannya.

وبعضهم أشد نتنا من الجيف والذين هم أشد نتنا من الجيف فالذين يتمتعون بالشهوات واللذات، ويمنعون حق الله من أموالهم

Artinya: “Ada yang baunya lebih busuk dari bangkai. Yang baunya lebih busuk dari pada bangkai adalah orang yang selalu memuaskan hawa nafsunya, bergelimang dalam dosa syahwat dan menolak menunaikan hak Allah dalam harta kekayaannya.”

Perilaku gemar memuaskan hawa nafsunya merupakan perbuatan tercela yang akan memperoleh balasan berupa azab yang pedih dari Allah di akhirat nanti.


Perilaku Syahwat kepada Dunia dan Wanita

Ilustrasi Kiamat (Image by liuzishan on Freepik)
Ilustrasi Kiamat (Image by liuzishan on Freepik)

Demikian pula bersandar pada hadis di atas, memperturutkan syahwat dunia, baik syahwat kepada perempuan yang bukan istrinya atau kepada harta benda juga akan memperoleh azab serupa yakni masuk ke dalam golongan orang yang bangkit dari kuburnya membawa bau busuk yang melebih bangkai.

Kemudian, orang-orang yang menolah menunaikan hak Allah dalam harta kekayaannya seperti enggan membayar zakat, sedekah dan infak, padahal hidup bergelimang harta benda.

Demikian juga orang mampu yang enggan melaksanakan panggilan Allah untuk menunaikan haji ke Baitullah masuk kategori manusia yang akan memperoleh azab ini.

Semoga kita bukan termasuk orang sebagaimana dikisahkan dalam hadis di atas dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk agar kita istiqamah dan diberikan kekuatan untuk menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya