Kabar Gembira! Dua Pertiga Umat Rasulullah SAW Ternyata Ahli Surga, tapi..

Rasulullah SAW telah menjelaskan dalam beberapa hadis tentang jumlah penduduk surga yang nantinya berasal dari golongan umatnya.Ternyata dua pertiganya adalah ahli surga.

oleh Putry Damayanty diperbarui 05 Des 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 18:30 WIB
ilustrasi surga
ilustrasi surga, sumber : freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Barang siapa yang dengan sungguh-sungguh beribadah kepada Allah SWT, serta menjalankan segala ajaran dan sunnah Rasulullah SAW, maka beruntunglah karena ia akan menjadi ahli surga yang dimuliakan.

Indahnya surga Allah SWT tentunya menjadi dambaan bagi setiap muslim. Para pengikut Rasulullah SAW berlomba-lomba untuk mendapat rahmatan lil alamin agar bisa sampai ke surga yang diridhoi.

Tak ada seorang pun yang akan mengalami kesusahan ataupun kemalangan ketika di surga. Dalam Islam surga digambarkan seperti sebuah taman atau kebun yang pohon-pohonnya penuh dengan buah dan dikelilingi dengan sungai-sungai.

Nikmat yang paling besar adalah surga menjadi tempat orang-orang yang beriman akan bertemu dan melihat Allah serta merasakan kebahagiaan yang abadi sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah al-Qiyamah ayat 22-23, berikut ini:

وُجُوْهٌ يَّوْمَىِٕذٍ نَّاضِرَةٌۙ اِلٰى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ ۚ

"Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Memandang Tuhannya."

 

Saksikan Video Pilihan ini:


Penduduk Ahli Surga

Mengutip dari laman dream.co.id, Rasulullah SAW dalam beberapa hadis pernah menjelaskan berapa banyak jumlah penduduk surga nantinya dari golongan umat-Nya. Dan ternyata, dua pertiga dari seluruh jumlah umat Rasulullah SAW adalah ahli surga.

Rasulullah SAW bersabda;

"Ridhakah kalian, kalau kalian menjadi seperempat (1/4) dari penduduk surga?"Kami menjawab, "Ya."Beliau berkata lagi, 'Ridhakah kalian menjadi sepertiga (1/3) dari penduduk surga?"Kami menjawab, "Ya."Beliau berkata lagi, 'Ridhakah kalian menjadi setengah (1/2) dari penduduk surga?"Kami menjawab, "Ya."Beliau berkata lagi, "Demi Allah yang jiwaku ada dalam tangan-Nya, sesungguhnya aku berharap kalian menjadi setengah (1/2) dari penduduk surga karena surga tidak akan dimasuki kecuali oleh jiwa yang muslim dan tidaklah jumlah kalian dibanding ahli syirik kecuali seperti jumlah bulu putih pada kulit sapi hitam atau seperti bulu hitam pada kulit sapi merah." (HR. Bukhari)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam menyempurnakan kabar gembira ini kepada kita dalam hadis shahih yang lain. Beliau bersabda,

"Ahli surga 120 shaf, 80 shaf di antaranya dari ummatku, dan 40 shaf lagi dari ummat lainnya." (HR. Tirmidzi)

Sesungguhnya Allah SWT memudahkan umat Rasulullah SAW yang beriman untuk masuk ke dalam surga-Nya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya