Naudzubillah.. Gambaran Mengerikan Siksa Neraka yang Paling Ringan, Otak Mendidih

Siksa paling ringan di neraka ini ternyata juga sangat berat dibandingkan dengan siksa dunia

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Des 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 30 Des 2023, 16:30 WIB
Siksa Neraka
Film Siksa Neraka yang diproduksi Dee Company merilis poster resmi yang bikin penonton syok sekaligus merinding. Film ini akan tayang Desember 2023. (Foto: Dok. Instagram @ratusfy_)

Liputan6.com, Cilacap - Neraka merupakan tempat kembali manusia di hari kiamat yang sangat mengerikan. Ini merupakan balasan bagi hamba-hamba Allah yang durhaka dan berlumuran dosa.

Pedihnya siksa neraka tak bisa kita bayangkan karena begitu dahsyatnya. Demikian halnya dengan makanan para penghuni neraka ini begitu memilukan dan menjijikkan.

Intinya, kehidupan penduduk neraka sangat menyedihkan. Oleh sebab itu sangat beruntung bagi mereka yang terhindar dari pedihnya siksa api neraka ini.

Sebab siksa neraka paling ringan ternyata juga sangat berat dibandingkan dengan siksa dunia. Lalu bagaimana gambaran siksa paling ringan di neraka?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Siksa Neraka Paling Ringan

Film Siksa Neraka
Siksa Neraka karya sineas Anggy Umraba menggambarkan sejumlah siksaan bagi pendosa termasuk adegan punggung disetrika yang bikin pembaca komik syok. (Foto: Dok. Dee Company)

Menukil islampos.com, Rasulullah SAW menjelaskan perihal siksa neraka yang paling ringan dalam beberapa hadis-hadisnya. Salah satunya ialah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Rasulullah SAW bersabda:

“Siksa paling ringan bagi penduduk neraka pada hari kiamat adalah seseorang yang pada kedua telapak kakinya diletakkan dua bara api neraka lalu otak orang itu mendidih karenanya. Dia tidak melihat bahwa ada orang lain yang lebih berat siksanya daripada dirinya. Padahal siksanya paling ringan diantara mereka.” (HR. Bukhari Muslim).

Allah SWT memberikan gambaran akan dahsyatnya siksa neraka yaitu yang paling ringan hanya sebongkah bara api yang diletakkan dikaki lalu dapat mendidihkan otak. Padahal jika kita lihat bahwa otak adalah posisinya paling jauh dari kaki.

Yang paling ringan saja mampu mendidihkan otak. Bagaimana dengan perbuatan dosa besar? sungguh balasan siksaNya pasti berat. Panas dunia saja kita tidak tahan, apalagi azab neraka yang berkali-kali lipat panasnya dari api dunia.


Jangan Lalai dengan Azab Neraka

Ilustrasi neraka (Pixabay)
Ilustrasi neraka (Pixabay)

Namun, ada saja yang masih menyepelekan azab neraka karena menganggap azab neraka itu urusan belakang dan tidak terbayang. Padahal, azab Allah itu sangat pedih, karenanya perbanyaklah amal sholeh di dunia.

Takutlah akan azab dari Allah SWT. Setiap perbuatan yang kita lakukan didunia, itu semua akan dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, taatlah kepada Allah dengan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah.

Sungguh azab Allah itu sangat pedih dan akan dirasakan oleh orang-orang yang ingkar kepada Allah. Jadi, tunduk dan taatlah kepada Allah. Beramal sholeh dan hindari perbuatan maksiat. Semoga Allah meridhoi segala perbuatan baik yang kita lakukan di dunia dan membalas dengan Surga-Nya.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya