Penting! Fadhilah Dahsyat Puasa Ramadhan yang Jarang Diketahui Menurut Gus Iqdam

Pendakwah muda Nahdlatul Ulama kelahiran Blitar, 27 September 1993, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam memaparkan fadilah dahsyat puasa Ramadhan yang jarang diketahui.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Mar 2024, 02:00 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2024, 02:00 WIB
Gus  Iqdam ungkap pentingnya berbuat baik (SS: YT Short @gusiqdamofficial1024)
Gus Iqdam ungkap pentingnya berbuat baik (SS: YT Short @gusiqdamofficial1024)

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah muda Nahdlatul Ulama (NU), Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam memaparkan fadhilah dahsyat puasa Ramadhan yang jarang diketahui.

Ternyata puasa Ramadan bisa menghapus dosa-dosa setahun, jika syarat wajibnya terpenuhi. Namun, jika syarat ini tidak terpenuhi, maka mustahil dosa-dosa kita selama setahun ini akan terhapus.

Oleh sebab itu, dalam melaksanakan puasa Ramadhan 2024 ini harus benar-benar dilaksanakan sebaik-baiknya.

Tentu saja, kita tidak akan mampu menghitung besarnya jumlah dosa-dosa kita selama setahun, namun percayalah Allah SWT pasti akan mengampuni dosa-dosa kita kecuali memang dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

Mengingat fadhilah bulan Ramadan ini sangat banyak, maka seyogyanya setiap muslim memanfaatkan momen penuh keberkahan ini dengan sebaik-baiknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Fadhilah Puasa Ramadhan

Gus Iqdam Mengisi Pengajian di Malam Tahun Baru 2024
Gus Iqdam mengisi pengajian di malam tahun baru 2024. (Tangkap layar YouTube Gus Iqdam Official)

Salah satu fadhilah puasa Ramadhan yang disampaikan Gus Iqdam ialah mampu menghapuskan dosa-dosa kita selama selama satu tahun.

Sebelum ke inti pembahasan, ia terlebih dahulu memaparkan perihal hubungan baik manusia dengan manusia serta hubungan manusia dengan Allah.

Perihal hubungan baik manusia dengan Allah SWT, maka salah satunya ialah menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Sebab jika melaksanakan puasa Ramadhan 1 bulan penuh, dosa-dosanya selama 1 tahun akan dihapus oleh Allah SWT.

"Manusia itu punya dua urusan, hablum minallah dengan hablum minannas. Kalau hubungan dengan Allah SWT, dosa-dosamu itu bisa tuntas jikalau kamu puasa Ramadhan 1 bulan penuh," terang Gus Iqdam sebagaimana dikutip dari tayangan akun @energi positif, Kamis (07/03/2024).

Maksudnya ialah dosa-dosa yang telah dilakukan selama 1 tahun. Bukan dosa satu tahun pada tahun berikutnya.

"Dosa yang telah dilakukan setahun itu dimaafkan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, maka berpuasalah sebulan penuh,” tandasnya.


7 Fadhilah Puasa Ramadhan (1-4)

Ilustrasi Ramadan, Ramadhan, bulan puasa
Ilustrasi Ramadan, Ramadhan, bulan puasa. (Image by freepik)

Ibadah yang menjadi rukun Islam ketiga ini memiliki sejumlah keutamaan. Berikut adalah tujuh keutamaan bulan Ramadhan sebagaimana dinukil dari NU Online.

1. Mengangkat Derajat

Orang yang melaksanakan puasa Ramadhan derajatnya akan diangkat oleh Allah swt. Sebab, pada bulan ini Allah membuka seluruh pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka. Dengan dibukanya pintu-pintu surga, hal ini menjadi dorongan bagi Muslim untuk memperbanyak ibadah sehingga derajatnya semakin tinggi di sisi Allah.

2. Penghapusan Dosa

Orang yang melakukan puasa Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dengan catatan, puasa yang dilakukannya harus banar-benar karena keimanan dan hanya mengharap pahala dari Allah swt, bukan ingin mendapat pujian dari sesama manusia.

3. Mengalahkan Syahwat

Dengan berkurangnya asupan makanan dalam tubuh, maka nafsu atau syahwat dalam diri manusia bisa lebih mudah dikendalikan. Jika bisa mengendalikannya, maka ia akan lebih mudah melakukan ketaatan dan menjauhi perbuatan maksiat.

4. Memperbanyak Sedekah

Bengan berpuasa, seseorang akan merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus. Hal ini dapat memunculkan rasa empati dalam dirinya untuk memperbanyak sedekah kepada sesama, terlebih kepada orang yang hidup serba kekurangan. Syekh ‘Izzuddin bin ‘Abdissalam dalam Maqashidush Shaum (halman 16) menjelaskan:

“Karena sesungguhnya orang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu. Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar.”

 


7 Fadhilah Puasa Ramadhan (5-7)

Ilustrasi Ramadhan
Ilustrasi Ramadhan (Sumber: Pexels.com)

5. Memperbanyak ketaatan

Dengan menahan lapar dan dahaga di siang hari, tidak hanya memunculkan rasa empati dalam dirinya, tetapi juga mengingatkan dirinya akan rasa lapar dan dahaga para penghuni neraka. Sehingga, ketaatannya meningkat agar jangan sampai dirinya kelak masuk ke neraka.

6. Mensyukuri nikmat tersembunyi

Sebuah kenikmatan akan lebih terasa jika untuk mendapatkannya harus dilalui dengan perjuangan. Salah satu kenikmatan besar orang yang berpuasa adalah saat berbuka puasa, setelah sebelumnya menahan lapar dan dahaga sepanjang hari. Dengan merasakan kenikmatan ini, akan timbul rasa syukur dalam dirinya.

7. Mencegah keinginan bermaksiat

Saat sedang berpuasa, pikiran seseorang cenderung lebih besar difokuskan untuk menanti waktu berbuka puasa dengan segala hidangannya. Dengan demikian, pikiran untuk melakukan maksiat berkurang karena fokusnya lebih banyak teralihkan untuk menanti waktu berbuka.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya