Bacaan Doa Mudik Lebaran, Mohon Perlindungan dan Keselamatan Perjalanan

Kumpulan doa sebelum mudik lebaran Idul Fitri, lengkap dengan arab latin, beserta arti.

oleh Putry Damayanty diperbarui 03 Apr 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi mudik aman
Jangan lupa cek dan pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima sebelum berangkat mudik. (Lifepal)

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi umat muslim akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Momen tersebut diperkirakan akan jatuh pada Rabu 10-11 April 2024. 

Menjelang momen Lebaran Idul Fitri, banyak keluarga yang merencanakan untuk melakukan perjalanan mudik balik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama kelurga tercinta.

Perjalanan mudik ini biasanya memakan waktu yang cukup lama mulai dari hitungan jam hingga hari. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu dispersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. 

Di antara ikhtiar yang bisa dilakukan adalah dengan memanjatkan doa sebelum melakukan perjalanan untuk memohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Maka dari itu agar perjalanan mudik berjalan aman dan lancar, mari amalkan bacaan doa perjalanan mudik lebaran berikut ini, dikutip dari laman dream.co.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Doa Berpergian Mudik Lebaran

Ilustrasi memanjatkan doa
Ilustrasi memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Doa berpergian mudik lebaran berikut ini dikutip dari Kitab Al Adzkar karya Imam Nawai. Beliau mengutip bacaan doa ini dari riwayat hadis Imam Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasai dari Sayyidina Ali RA terkait doa berkendaraan. Berikut bacaan doa berpergian mudik lebaran yang dapat kamu amalkan:

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.Artinya: "Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami." 

Bacaan Doa Lainnya

Masih dalam rujukan yang sama, berikut bacaan doa berpergian mudik lebaran lainnya yang dapat dibaca:

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Artinya: "Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau."

 


Doa Saat Tiba di Kampung Halaman

Ilustrasi mudik Lebaran, Idulfitri
Ilustrasi mudik Lebaran, Idulfitri. (Image by upklyak on Freepik)

Ketika tiba di kampung halaman, seseorang yang mudik kemungkinan besar merasakan kebahagiaan yang tak bisa terlukiskan. Untuk mengungkapkan rasa syukur tersebut, marilah baca doa saat tiba di kampung halaman ketika mudik lebaran berikut ini:

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: "Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya."

Demikian itulah bacaan doa berpergian mudik lebaran yang perlu diamalkan sebagai ikhtiar memohon keselamatan kepada Allah SWT. Semoga bagi kita yang akan mudik lebaran ke kampung halaman senantiasa dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya