Dosa Jariyah Mengalir Terus dan Mengikis Kebaikan, Bagaimana Cara Menghapusnya?

Menghapus dosa jariyah bukanlah perkara mudah. Oleh sebab itu siapapun yang ingin terbebas dari dosa tersebut, maka harus bersungguh-sungguh untuk bertaubat dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

oleh Putry Damayanty diperbarui 09 Sep 2024, 04:30 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 04:30 WIB
Ilustrasi sedih, kecewa, terluka, tak percaya diri
Ilustrasi sedih, kecewa, terluka, tak percaya diri. (Image By freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan dunia hanyalah sementara. Tugas kita saat ini adalah untuk mempersiapkan bekal akhirat dengan banyak beramal kebaikan.

Misalnya dengan amal jariyah yang dapat membuat seseorang memperoleh pahala secara terus menerus. Pahala amal jariyah tersebut akan tetap mengalir meski ia sudah meninggal dunia.

Namun, ada juga dosa jariyah yang mengalir tak berkesudahan meskipun pelakuknya sudah berhenti melakukannya. Dosa ini dapat mengikis kebaikan.

Kelak di akhirat, manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah ia perbuat. Begitu juga dengan perbuatan maksiat atau dosa.

Ternyata ada beberapa golongan dosa yang termasuk dalam dosa jariyah. Lalu, apakah dosa jariyah tersebut dapat dihapus? Bagaimana caranya? Berikut ulasannya mengutip dari laman cahayaislam.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Dosa Jariyah

Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta, terluka
Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta, terluka. (Image by Freepik)

Menghapus dosa jariyah tentu saja tidak mudah. Apalagi jika dosa tersebut bahkan mengalir terus menerus tak berkesudahan. Itu artinya dosa yang dilakukan bukanlah dosa yang kecil, bahkan menjadi penyebab kemaksiatan yang dilakukan orang lain juga. Contoh dosa jariyah diantaranya menjual minuman khamr, narkoba dan dosa lainnya yang sepadan.

إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآثَارَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِينٍ

Artinya: Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS. Yasin: 12)

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana dosa-dosa yang pernah dilakukan akan dicatat dan juga dimintai pertanggung jawabannya. Sehingga artinya, ada dosa-dosa yang memang tidak dapat hilang begitu saja hanya dengan berhenti melakukan dosa tersebut.

Lantas, bagaimana cara untuk menghapus dosa jariyah menurut islam?


Cara Menghapus Dosa Jariyah

Perbanyak Taubat
Perbanyak Taubat.

Taubat Nasuha

Cara untuk menghapus dosa jariyah adalah dengan melaksanakan taubat nasuha. Taubat ini harus dilakukan dengan sepenuh hati, penuh dengan keikhlasan dan kejujuran serta komitmen untuk tidak mengulanginya lagi.

Taubah ini juga harus dikerjakan dengan tulus karena Allah SWT. Sehingga setelah itu, kita harus benar-benar menyesali semua dosa yang pernah diperbuat dan memastikan untuk tidak mengulangnya lagi.

Dalam hal ini, taubat nasuha bukan hanya menghapus dosa-dosa jariyah saja. Namun juga semua dosa, termasuk dosa-dosa kecil.

Menunjukkan Penyesalan dan Memperbaiki Diri

Untuk dapat menghapuskan dosa-dosa yang mengalir, maka seorang muslim setelah bertaubat harus menunjukkan penyesalannya dan juga memperbaiki diri.

Bukan hanya terhadap diri sendiri atau Allah SWT namun juga orang banyak. Dengan begitu seseorang dapat memberikan manfaat dalam hidupnya untuk diri sendiri serta orang lain.

Berbuat Baik, Bersedekah dan Mengamalkan Ajaran Islam

Cara menyesali perbuatan dosa yang pernah dilakukan dan menghapus semuanya adalah dengan memperbanyak perbuatan baik, bersedekah dan tidak lupa untuk lebih banyak mengamalkan ajaran islam.

Jika sebelumnya pernah melakukan dosa yang menyebabkan kesesatan bagi orang lain juga, maka perlu untuk meminta maaf serta mengklarifikasinya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya