4 Surah yang Dianjurkan Dibaca saat Sholat Sunnah Qabliyah Subuh, Ini Keutamannya

Bangun di waktu subuh dan menyempatkan diri untuk mengejar keutamaan sholat sunnah qabliyah (fajar) lebih baik daripada dunia dan seisinya. Berikut bacaan surah yang dianjurkan saat qabilyah subuh.

oleh Putry Damayanty diperbarui 15 Sep 2024, 05:30 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi Sholat, Ibadah
Ilustrasi Sholat, Ibadah (Photo created by rawpixel.com on freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Bangun dari tidur dan melaksanakan sholat subuh tepat waktu, mungkin menjadi hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Padahal sebelum sholat subuh adalah waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan amalan sunnah.

Di antaranya yaitu sholat qabliyah Subuh atau sholat fajar. Sebagaimana disebutkan mengenai keutamaan sholat sunnah ini dalam riwayat hadis berikut:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim)

Saat mengerjakan sholat qabliyah Subuh disunnahkan untuk membaca surah-surah tertentu dalam Al-Qur'an setelah membaca surah Al-Fatihah.

Surah apa saja itu? Berikut uraiannya melansir dari laman bincangsyariah.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Surah yang Dianjurkan Dibaca Saat Qabliyah Subuh

Menghambat Terkabulnya Sebuah Doa
Ilustrasi Muslimah Menunaikan Sholat Credit: freepik.com

Berdasarkan sebuah riwayat, surah yang dianjurkan untuk dibaca ketika melakukan sholat sunnah qabliyah Subuh adalah surah Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَرَأَ فِى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Artinya: "Sesungguhnya Rasulullah SAW dalam dua rakaat fajar membaca surah Ya ayyuhal kaafirun dan Qul huwallahu ahad".

Selain dua surah di atas, kita juga dianjurkan untuk membaca surah Al-Insyirah pada rakaat pertama dan surah Al-Fil dalam rakaat kedua. Disebutkan bahwa jika kita membaca dua surah ini dalam shalat sunnah qabliyah Subuh, maka kita akan terhindar dari keburukan dan akan sembuh dari penyakit wasir jika kita sedang terkena penyakit tersebut.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Muin berikut;

"Dan membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas di dua rakaat shalat sunnah fajar, karena ada hadis riwayat Imam Muslim dan lainnya. Juga di dua rakaat shalat sunnah fajar dianjurkan membaca surah Alam nasyrah dan Alam taro kaifa, dan barangsiapa senantiasa membaca kedua surah tersebut dalam dua rakaat shalat sunnah fajar, maka akan hilang penyakit wasir darinya".


Dibaca pada Rakaat Pertama dan Kedua

ilustrasi sholat. islam-today.ru
ilustrasi sholat. islam-today.ru

Menurut Syaikh Abu Bakar Syatha, empat surah di atas, yaitu surah Al-Kafirun, surah Al-Ikhlas, surah Al-Insyirah, dan surah Al-Fil, dianjurkan untuk dibaca semua dalam sholat sunnah qabliyah Subuh. Caranya, pada rakaat pertama Al-Insyirah dan surah Al-Kafirun, sementara pada rakaat kedua membaca surah Al-Fil dan surah Al-Ikhlas.

Dalam kitab I’anatut Thalibin, Syaikh Abu Bakar Syatha berkata sebagai berikut;

فيسن الجمع فيهما أي في ركعتي الصبح. وقوله: بينهن أي بين السور الأربع. وذلك بأن يقرأ في الركعة الأولى ألم نشرح والكافرون، وفي الثانية ألم تر والاخلاص

Artinya: "Maka dianjurkan mengumpulkan antara surah-surah tersebut dalam dua rakaat shalat sunnah Subuh. Yaitu dengan cara membaca surah Al-Insyirah dan Al-Kafirun pada rakaat pertama, dan pada rakaat kedua membaca surah Al-Fil dan surah Al-Ikhlas".

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya