5 Perkara yang Menjadi Penghalang Masuk Surga, Hati-Hati!

Surga hanya dapat diraih bagi mereka yang senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Namun, seseorang tidak akan masuk surga sebab perkara-perkara berikut.

oleh Putry Damayanty diperbarui 22 Sep 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi Surga (SS: YT Tafakkur Fiddin)
Ilustrasi Surga (SS: YT Tafakkur Fiddin)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan, sebagai manusia tentunya menginginkan suatu pencapaian yang menjadi tujuan hidup. Pencapaian itu hendaknya bukan hanya untuk segala sesuatu yang bersifat duniawi namun juga akhirat.

Oleh karena itu, seorang muslim harus fokus dalam mempersiapkan bekal akhiratnya. Agar dapat meraih keberhasilan di dunia dan juga akhirat.

Islam telah memberikan tuntunan dan pedoman dengan jelas tentang apa yang dapat menuntun kepada surganya Allah dan juga apa-apa yang menjadi penghalang seseorang untuk mencapai surga.

Sebagaimana Al-Qur'an menjadi pedoman yang mutlak melalui ayat-ayat berisi peringatan terhadap segala sesuatu yang dapat menjadi penghalang mencapai kehidupan akhirat.

Lantas, apa saja perkara yang dapat menghalangi seseorang masuk surga? Berikut ulasannya mengutip dari laman cahayaislam.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Surga Diperuntukkan bagi Muslimin yang Mengerjakan Amal Saleh

ilustrasi surga
ilustrasi surga, sumber : freepik.com

Perkara yang menghalangi masuk surga, hal ini seringkali kita lalaikan. Sebagai seorang muslim, kita perlu memperhatikan apa-apa saja yang dapat mendorong kita untuk semakin dekat dan juga mencapai surganya Allah SWT.

Namun selain itu, kita juga perlu introspeksi diri dan menjauhkan diri dari perkara yang bisa menjadi sebabnya untuk terhalangnya masuk surga.

وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا

Artinya: "Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun". (QS An-Nisa': 124)

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana Allah menjanjikan surga bagi kaum muslimin yang mengerjakan amal-amal saleh. Dalam hal ini, kita juga perlu mengetahui apa yang menjadi sebab terhalangnya seorang muslim untuk masuk surga.


Perkara yang Menjadi Penghalang Masuk Surga

7 Tempat Ini Dipercaya Sebagai Gerbang Neraka
Tahukah Anda, beberapa tempat di dunia ternyata dipercaya sebagai gerbang neraka. Di mana saja?

Syirik

Syirik atau menyekutukan Allah adalah satu-satunya dosa yang tidak akan diampuni. Bahkan jika seseorang meninggal dalam keadaan masih berada dalam kekufuran ini. Itu sebabnya, Allah sangat melarang kaum muslimin untuk berbuat syirik dan lagi barangsiapa yang berbuat demikian maka akan menerima pedihnya azab Allah SWT.

Tidak Bersyukur kepada Allah

Salah satu perkara yang bisa menghalangi seorang muslim untuk masuk surga adalah sikap tidak bersyukur kepada Allah. Ini merupakan tanda ingkar terhadap nikmat-Nya. Sehingga sudah pasti Allah tidak akan menambah nikmat bagi orang yang tidak mau bersyukur.

Melanggar Hak Anak Yatim

Dalam Al Quran telah disebutkan bahwasanya orang-orang yang enggan memberi makan orang miskin akan mendapatkan kerugian dan celaka. Apalagi jika seorang muslim sampai melanggar atau merampas apa yang menjadi hak dari anak yatim. Sungguh ini adalah dosa besar.

Zina

Zina adalah perbuatan keji yang Allah larang dan haramkan. Perbuatan zina ini dapat menghalangi masuk surga. Islam telah menegaskan kaum muslimin untuk menjauhi perbuatan ini dan menjaga pandangan.

Berbuat Zalim

Salah satu yang menghalangi untuk masuk surga adalah perbuatan zalim. Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbuat baik kepada sesama, sehingga siapapun yang berbuat zalim akan menerima balasannya dan terhalang masuk surga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya