Lafal Doa Nabi Khidir agar Dipermudah Terkabulnya Hajat, Amalkan Tiap Jumat

Berikut adalah salah satu doa Nabi Khidir yang dapat dibaca setelah sholat ashar di hari jumat. Doa ini bisa diamalkan agar dimudahkan dalam mencapai hajat.

oleh Putry Damayanty diperbarui 26 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi - Surga. Nabi Musa AS. Nabi Khidir AS. (Foto: Istimewa/SS YT Tafakkur Fiddin)
Ilustrasi - Surga. Nabi Musa AS. Nabi Khidir AS. (Foto: Istimewa/SS YT Tafakkur Fiddin)

Liputan6.com, Jakarta - Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Ada banyak amalan yang dapat dilakukan pada hari Jumat.

Menurut para ulama salah satu waktu mustajab di hari Jumat adalah setelah sholat Ashar. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa pada waktu ini.

Amalan ini didasarkan pada sebuah hadis riwayat Imam Abu Dawud, bahwa Nabi SAW bersabda;

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya: "Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar". (HR. Abu Daud, al-Nasa’i, al-Hakim dan al-Baihaqi).

Mengutip dari laman bincangmuslimah.com, adapun amalan yang diajarkan oleh Nabi Khidir setelah sholat Ashar di hari Jumat adalah membaca asmaul husna berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Amalan Nabi Khidir setelah Sholat Ashar di Hari Jumat

Ilustrasi doa, harapan, Islami
Ilustrasi doa, harapan, Islami. (Image on Freepik)

يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ

Yaa allaahu yaa rohmaan.

Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Pengasih. 

Amalan ini sebaiknya dibaca hingga menjelang hari terbenam, lalu akhiri dengan memohon hajat kepada Allah. Dengan izin-Nya, permohonan itu pasti dikabulkan oleh-Nya. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Fawzu wa Al-Najat fi Al-Hijrah Ilallah oleh Muhammad Sayyid Al-Tijani sebagai berikut;

لاجابة الدعاء: قال الخضر عليه السلام: من صلى العصر يوم الجمعة ثم استقبل القبلة فقال : يا الله يا رحمن الى ان تغرب الشمس ثم سأل الله تعالى شيئا اعطاه اياه

Untuk terkabulnya doa; Nabi Khidir berkata; Barangsiapa sholat Ashar di hari Jumat kemdian menghadap kiblat dan mengucapkan ‘yaa allaahu yaa rohmaan’ hingga matahari terbenam, lalu memohon kepada Allah suatu hajat, maka Dia pasti memberikan padanya.

Demikian doa yang diajarkan oleh Nabi Khidir untuk bisa diamalkan agar dimudahkan dalam mencapai hajat. Hari Jumat adalah hari yang mustajab untuk memanjatkan doa, maka manfaatkanlah untuk berdoa sebanyak-banyaknya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya