Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Hajat, Insya Allah Makbul!

Sholat hajat umumnya dilakukan ketika seseorang memiliki suatu keinginan yang ingin segera terwujud. Setelah mengerjakan sholat ini, seorang muslim hendaknya melanjutkan dengan berdzikir dan membaca doa. Berikut bacaannya.

oleh Putry Damayanty diperbarui 21 Okt 2024, 22:30 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 22:30 WIB
Panduan Sholat Hajat
Ilustrasi Panduan Sholat Hajat Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah. Sholat ini bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu-waktu yang dilarang melakukan ibadah sholat.

Sholat hajat dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Sholat hajat bertujuan untuk memohon segala hajat kepada Allah SWT agar dikabulkan. 

“Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat” (HR. Ahmad).

Ketika seseorang memiliki hajat yang sedang diusahakan dan diinginkan hendaknya ia tak ragu untuk mendirikan sholat hajat. Kemudian dilanjutkan dengan berdzikir serta membaca doa sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

Merangkum dari berbagai sumber berikut adalah bacaan dzikir dan doa setelah sholat hajat.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

Dzikir Setelah Sholat Hajat

Keutamaan Sholat Hajat
Ilustrasi Berdoa Credit: shutterstock.com

Dikutip dari bincangmuslimah.com, berikut bacaan dzikir yang dapat diamalkan setelah melaksanakan sholat hajat,

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laailaaha illa allahu haliimul kariim subhanallaha rabbil ‘arsyil ‘adzim, alhamdulillah rabbil ‘alamiin, as-aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa-imi maghfiratika walghanimata min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban illaa ghafartahu walaa hamman illaa farrajtahu walaa haajatan hiya laka ridhan illah qadhaitahaa yaa arhamar raahimiin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah, Yang Maha Mulia, Maha Suci Allah yang memiliki Arsy yang agung segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, aku memohon dampak positif dari rahmat-Mu, ketegasan ampunan-Mu, tercukupkan dengan segala kebaikan, keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau sisakan kepadaku kecuali Engkau mengampuniku, tidak juga keresahan apapun kecuali Engkau memberikannya jalan keluar, tidak juga kebutuhan apapun yang Engkau ridhai kecuali Engkau selesaikan, wahai Zat yang Maha Penyayang di antara para penyayang" (HR. Tirmidzi & Ibnu Majah).

Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat
Ilustrasi Membaca Doa Credit: shutterstock.com

Setelah mengerjakan sholat hajat, seorang muslim hendaknya melanjutkan berdoa memohon pertolongan Allah AWT. Selain itu juga dianjurkan untuk membaca sholawat untuk Rasulullah SAW. Hal ini sebagai wujud pengakuan atas segala keesaan Allah SWT dan meminta petunjuk dan pertolongan Allah SWT.

Dilansir dari laman NU Online, berikut ini beberapa doa khusus yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil arsyil karimil azhim. Alhamdulillâhi rabbil alamîn. Asaluka mujibati rahmatik, wa azaima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya