Deretan Insiden Bangunan Runtuh Hingga Memakan Korban, Terbaru Alfamart di Gambut Kalsel

Sebuah bagunan ritel di Gambut Km 14, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dikabarkan roboh Senin (18/4/2022).

oleh Sabrina Julie diperbarui 19 Apr 2022, 18:01 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2022, 18:01 WIB
Toko Ambruk di Kalsel
Proses evakuasi tanpa henti dilakukan Basarnas karena diduga korban cukup banyak yang terjebak di reruntuhan toko ambruk. (foto: Aslam Mahfuz)

Liputan6.com, Semarang - Sebuah bagunan ritel di Gambut Km 14, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dikabarkan roboh Senin (18/4/2022). Insiden tersebut terjadi pukul 16.45 WITA menjelang waktu berbuka puasa. Meskipun pihak berwenang belum dapat memastikan jumlah korban, diperkirakan terdapat belasan orang yang berada di dalam bangunaan saat kejadian.

Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga, Wasino mengatakan bahwa tim penyelamat sudah diturunkan. “Kita menerjunkan 2 tim rescue yang berjumlah 18 orang untuk melakukan upaya evakuasi terhadap korban yang kami perkirakan masih ada yang tertimbun reruntuhan," tutur Wasino.

Selain pengunjung, diperkirakan beberapa karyawan kemungkinan turut menjadi korban karena saat kejadian karyawan ritel sedang melakukan transaksi dengan pembeli sambil menunggu waktu ganti shift dengan karyawan lain.

Insiden bangunan runtuh hingga memakan korban tersebut bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Berikut beberapa deretan kasus serupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ibu dan bayi Tewas Tertimpa Bangunan di Kalideres

Pada Oktober 2021 sebuah musibah menimpa ibu dan anak di Kalideres, Jakarta Barat. Keduanya dikabarkan tewas tertimpa bangunan dan ditemukan dalam posisi berpelukan.

Awalnya salah seorang warga sekitar mendengar suara bangunan runtuh hingga mencoba menghubungi pemilik rumah. Kemudian petugas datang melakukan evakuasi di rumah korban. Setelah ditemukan, kedua ibu dan anak tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tak terselamatkan.


Rumah di Surabaya Ambruk Termakan Rayap

Rabu, 25 Agustus 2021 sebuah rumah di Jalan Tambaksari Selatan Gang 4 Nomor 11 Surabaya ambruk. Kejadian tersebut memakan 1 korban tewas dan 2 lainnya dilarikan ke rumah sakit. Kabarnya lantai 2 rumah yang dihuni oleh 3 orang tersebut telah rapuh dimakan rayap dan sudah penuh sesak oleh barang. 


Pekerja Bangunan Meninggal Tertimpa Tembok

Dua pekerja bangunan diberitakan tewas saat sedang menggarap pekerjaan sebuah bangunan di Jalan Danau Limboto, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada April 2021.

Dari tiga pekerja yang menggarap bangunan, hanya satu yang berhasil menyelamatkan diri. Sementara 2 lainya tertimpa tembok bangunan hingga meninggal dunia. Keduanya meninggal dunia dikarenakan hantaman tembok yang keras. 


Alfamart Runtuh di Banjar

Baru saja terjadi kemarin Senin (18/04/2022) sebuah bangunan Alfamart di Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) dikabarkan runtuh. Insiden tersebut terjadi saat banyak pengunjung di dalam toko untuk berbelanja persiapan berbuka puasa.

Dugaan sementara penyebab bangunan tersebut roboh adalah karena gedung 3 lantai tersebut sudah berusia selama 20 tahun dan berlokasi di daerah yang kerap banjir. Dugaan sementara tersebut dipaparkan oleh Kapolda Kalsel.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya