Penelitian IPW Hingga Elemen Penting di Pasar Properti Bagi Kaum Millenial

Kondisi pasar properti yang positif menimbulkan optimisme bagi industri properti bahwa sektor ini akan kembali menggeliat pada 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Mar 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2022, 14:00 WIB
Penelitian IPW Hingga Elemen Penting di Pasar Properti Bagi Kaum Millenial
Direktur PT Triyasa Propertindo Andrie Gaotama memberi sambutan di tengah peluncuran Samira Regency Bekasi Phase II. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat para millenial untuk membeli aset bidang properti seperti perumahan dengan harga terjangkau dan konsep yang kekinian.

Konsep hunian yang nyaman dan kekinian menjadi salah satu pilihan kalangan millenial dalam memilih rumah. Namun demikian, ada beberapa tips dalam memilih rumah yang sesuai dengan selera kaum millenial.

Direktur PT Triyasa Propertindo Andrie Gotama menjelaskan, ada beberapa elemen yang menjadi kualifikasi untuk kalangan millenial tidak menyesal berinvestasi di bidang properti 2022.

"Khususnya kalangan millenial usia 25 – 35 tahun ya karena di usia produktif tersebut mereka memiliki semangat mengembangkan potensi di era digital," ujar Andrie, Senin (28/3/2022).

Hasil penelitian Indonesia Property Watch (IPW), kondisi pasar properti di akhir 2021 tercatat positif. Hal ini menimbulkan optimisme bagi industri properti bahwa sektor ini akan kembali menggeliat pada 2022.

“Dari hasil penelitian Indonesia Property Watch (IPW) pada kuartal III 2021 menunjukkan, pasar perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Banten menunjukkan pertumbuhan nilai penjualan sebesar 53,5 persen dalam periode kuartalan (Quarter-to-Quarter/QTQ),” ungkap Andrie.

Sementara itu, berbagai lembaga internasional meramalkan ekonomi Indonesia akan tumbuh cepat di tahun 2022. Di antaranya International Monetary Fund yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 akan mencapai 5,9 persen lebih tinggi dibanding proyeksi pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 ini sebesar 3,2 persen.

Sementara itu, untuk Standard & Poor pada September lalu memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 diperkirakan mencapai 5,6 persen lebih tinggi dibanding tahun 2021 sebesar 3,4 persen.

Saksikan video pilihan berikut ini


Elemen Penting

Penelitian IPW Hingga Elemen Penting di Pasar Properti Bagi Kaum Millenial
Salah satu konsep pilihan rumah untuk kalangan millenial di Samira Regency Bekasi Phase II. Foto (Istimewa)

Beberapa elemen penting sebelum membeli rumah dikemas Andrie dalam sebuah konsep The Affordable Modern Living. Dia menjelaskan, untuk elemen affordable mewakili aspek harga unit rumah dan ruko yang relatif terjangkau oleh kalangan millenial.

Sementara itu, konsep Modern mewakili aspek desain rumah green & smart home yang sesuai dengan selera dan kebutuhan milenial. Sedangkan aspek Living mewakili fasilitas lengkap yang berada di lingkungan dan cluster Samira Regency Bekasi untuk mendukung tumbuh kembang kehidupan para penghuninya.

“Salah satunya Samira Regency Phase II yang kami targetkan kepada segmen millennial dan first home buyer. Konsep yang Samira Regency di Bekasi menawarkan hunian yang sangat sesuai dengan selera, kebutuhan dan mendukung gaya hidup para penghuninya,” sebut Andrie.

Selain tawaran konsep, kemudahan kaum millenial dalam mendapat rumah pun harus difikirkan. Meski banyak pengusaha properti yang menawarkan beragam jenis dan tipe rumah, namun tak sedikit juga calon pembeli kesulitan mengurus.

Dia menyebutkan, program perumahan yang diusungnya bisa berupa subsidi DP, subsidi Biaya KPR dan Subsidi BPHTB. Beragam program menarik dari bank juga memberikan kemudahan bagi para konsumen millennial untuk memiliki rumah idaman mereka.

"Saat ini kami juga sudah bekerjasama dengan bank BTN, BTNS, Mandiri, BSI dan BNI. Jadi kami beri pilihan bank untuk kaum millenial dapat nyaman bertransaksi dan mendapat rumah," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya