Anti Kram Ketika Duduk Lama di Kursi Pesawat dengan Gerakan Ini

Duduk di pesawat terkadang membuat kaki kram dan tubuh pegal-pegal. Lakukan beberapa gerakan ini untuk mengatasinya.

oleh Akbar Muhibar diperbarui 19 Apr 2017, 06:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2017, 06:00 WIB
Kursi pesawat
Lakukan gerakan ini agar tidak kram duduk lama di kursi pesawat. (Foto : washingtonpost.com)

Liputan6.com, Jakarta Duduk lama di kursi pesawat memang menyiksa, apalagi ketika durasi perjalanan mencapai 15 jam terbang. Untuk itu, ada beberapa gerakan yang bisa membuat Anda lebih nyaman ketika duduk di kursi, tanpa menggangu penumpang lainnya untuk keluar dan berjalan di lorong pesawat.

Gerakkan Kaki
Agar kaki tidak kram selama perjalanan, kaki harus diberikan beberapa gerakan. Salah satunya adalah merentangkan kaki sehingga kondisi lutut tidak menekuk. Kemudian angkat telapak kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan ini perlahan hingga otot kaki terasa rileks dan ringan dibanding sebelumnya.

Gerakkan Bahu
Posisikan duduk dengan lurus, mulai gerakkan bahu dengan memutar bergantian ke depan dan ke belakang. Lakukan gerakan ini di bahu kanan dan bahu kiri yang akan membantu Anda meringankan rasa berat di bahu setelah tidur yang tidak beraturan di kursi pesawat.

Gerakkan Kepala
Untuk mengurangi rasa kram di leher, lakukan pemanasan kepala yang sederhana. Caranya adalah mendekatan kepala ke bahu kiri dan bahu kanan secara perlahan. Kemudian tekukkan kepala ke bagian dada dan bagian punggung secara bergantian. Setelah itu hadapkan kepala ke bagian kanan dan kiri untuk mengakhiri rangakaian penyegaran otot di bagian leher.

Gerakkan Tangan
Tangan juga harus diberikan beberapa latihan agar tidak terlalu lelah ketika duduk lama di kursi pesawat. Caranya adalah merentangkan tangan kedepan, dan membuka serta mengepalkan tangan secara bergantian. Setelah selesai, genggam tangan Anda dan letakkan di bahu kemudian rentangkan tangan kembali ke arah depan. Hal ini akan membantu tangan tidak terlalu lelah dalam perjalanan pesawat. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya