Trik agar Tak Ketergantungan Cek Ponsel Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Ketergantungan menghabiskan banyak waktu tiap bangun tidur di pagi hari dengan cek handphone? Praktikkan trik ini

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Agu 2018, 06:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2018, 06:00 WIB
Jam Waker
Ilustrasi alarm. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membangun mood. Pikiran dan tubuh yang masih fresh harusnya dapat membuat Anda lebih siap dalam menjalani hari.

Namun ternyata pada praktiknya tidak semudah itu. Banyak orang yang menganggap pagi hari sebagai momok menakutkan. Melansir dari thisisinsider.com Jumat (3/8/2018), berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar lebih siap menghadapi hari.

1. Siapkan perlengkapan dan pakaian pada malam sebelumnya

Peggy Duncan, Ahli Pelatih Produktivitas mengatakan Anda harus merencanakan segala perlengkapan pagi hari sejak malam sebelum tidur. Hal ini untuk menghemat waktu dan tenaga Anda ketika pagi menjelang.

"Jangan sampai bangun tetapi masih bertanya-tanya apa yang akan dipakai, ke mana Anda pergi, atau bagaimana menuju ke sana."

2. Jangan pilih lagu kesukaan Anda sebagai nada dering alarm

"Anda seharusnya tidak pernah menggunakan musik favorit sebagai alarm, karena sekali lagu menjadi alarm Anda, membuat Anda stres tiap kali mendengarnya, "tulis Nick Douglas di Lifehacker. Sebagai gantinya, Douglas merekomendasikan untuk memilih lagu yang biasanya tidak Anda dengarkan, lagu yang menarik tetapi juga sedikit menyebalkan.


Siap menghadapi pagi

Ilustrasi tidur siang VS kopi (iStockphoto)
Ilustrasi tidur siang VS kopi (iStockphoto)

3. Jangan kesiangan

Bangun kesiangan adalah awal mula dari pagi hari yang berantakan. Anda akan terburu-buru untuk mandi, sarapan, dan pergi ke kantor atau sekolah. Belum lagi bagi Anda yang menggunakan moda transportasi umum, bukan tidak mungkin ketinggalan bus kota atau kereta.

4. Mengecek jadwal harian

Sebelum pergi beraktivitas, Anda dapat mengecek hal-hal yang dikerjakan pada hari tersebut seperti jadwal meeting, arisan, pergi ke salon atau mengunjungi sanak saudara. Kegiatan ini wajib dilakukan agar Anda tidak melewatkan satu pun kegiatan yang telah dijadwalkan.


Siap menghadapi pagi

Telepon Genggam atau Handphone
Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

5. Hindari menggunakan handphone terlalu lama

Kebiasaan menggunakan handphone setelah bangun tidur menjadi kegiatan rutin setiap orang. Namun, hal tersebut secara tidak disadari dapat meyita banyak waktu yang seharusnya dapat dialokasikan untuk hal lebih penting.

"Saya tidak menyalakan telepon sebelum selesai menyikat gigi, membuat sarapan, dan berpakaian. Tidak hanya membuat lebih produktif, tapi membuat saya lepas dari ketergantungan," kata Meredith Fineman pendiri FinePoint kepada Refinery29.

Apakah Anda sudah siap menyambut pagi yang lebih baik? Beritahu kami perubahan apa yang Anda lakukan di kolom komentar ya! (Kiki Novilia)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya