Cara Merebus Telur Setengah Matang yang Sempurna, Gurih dan Nikmat

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kuning telur rebus setengah matang memiliki manfaat kesehatan yang tinggi.

oleh Rizky Mandasari diperbarui 30 Okt 2018, 18:29 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2018, 18:29 WIB
cara membuat telur setengah matang
Telur setengah matang (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Sejak dulu, telur dianggap sebagai langkah tepat memulai hari sebagai sarapan. Selain kaya nutrisi penting seperti protein, riboflavin dan selenium. Selain itu, telur juga mudah diolah dalam berbagai cara masakan. Mulai dari diceplok, dadar hingga direbus.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol. Padahal, banyak kabar yang beredar kalau kuning telur mengandung kolesterol. Faktanya, kuning telur memiliki kandungan lesitin, yang efektif menekan kadar kolesterol. Satu telur mungkin berisi 186 miligram kolesterol, namun tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya secara teratur.

Masalahnya, konsumsi telur seperti apa yang menyehatkan? Seperti dikutip dari laman Boldsky yang ditulis pada Sabtu (16/8/2014), mengungkapkan bahwa telur rebus setengah matanglah yang paling menyehatkan. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kuning telur rebus setengah matang memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Mengonsumsi telur setengah matang dipercaya mengurangi risiko kontaminasi makanan akibat bakteri salmonella.

Meski sehat, para ahli kesehatan tidak menganjurkan wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah untuk sering mengonsumsi telur setengah matang karena nutrisi pada orang tersebut harus lebih banyak.

Asosiasi Jantung AS (American Heart Association) menimpali, telur rebus memiliki 6,3 protein yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Tapi kandungan kolesterol dan lemaknya seiringkali menurunkan nilai gizinya.

Nah, telur rebus setengah matang menyehatkan bukan? Berikut cara merebus telur setengah matang yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Selasa (30/10/2018).


Bahan dan alat:

telur ayam segar

air dingin

es batu

panci

alat pengukur waktu, bisa gunakan yang ada di ponsel

sendok atau centong sayur

mangkuk


Cara merebus telur setengah matang:

1. Masukkan telur ke dalam panci. Usahakan maksimal 6 telur saja.

2. Isi dengan air dingin hingga menutupi permukaan telur setinggi 2,5 cm.

3. Rebus telur dengan api besar hingga air mendidih. Matikan api lalu tutup panci.

4. Nyalakan alat pengukur waktu atau timer pada ponsel.

5. Untuk telur soft boiled yang kuningnya masih encer, rebus telur selama 3 menit. Untuk telur medium boiled, ukur waktu 6 menit.

6. Angkat telur, ketuk perlahan telur ke atas permukaan meja agar sedikit retak.

7. Tempatkan telur dalam mangkuk berisi es batu.

8. Diamkan selama 1 menit lalu kupas kulit telur perlahan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya