6 Rekomendasi Tempat Pernikahan Unik Selain Gedung, Apa Saja?

Daripada ribet memesan gedung untuk pesta pernikahanmu, mengapa tidak mencari lokasi lain saja?

oleh Asnida Riani diperbarui 30 Des 2018, 10:01 WIB
Diterbitkan 30 Des 2018, 10:01 WIB
Menikah di Rumah
Tidak melulu di gedung, kamu juga bisa mengadakan pernikahanmu di rumah. (dok. Instagram @huntervalleyboutiquewedding/https://www.instagram.com/p/BpDCBoOhG8g/Esther Novita Inochi)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang diurus dalam acara pernikahan adalah lokasi. Umumnya, masyarakat Indonesia menyelenggarakan resepsi pernikahannya di sebuah gedung atau di ruangan hotel.

Seringkali, pasangan yang hendak menikah menemui kendala dalam menyewa gedung atau hotel, mulai dari tanggal yang bentrok, biaya yang harus ditanggung, perkiraan jarak antara rumah dengan lokasi gedung pernikahan, dan banyak lagi.

Padahal, tempat menyelenggarakan pesta pernikahan tak harus gedung. Selalu ada solusi atas setiap persoalan, termasuk soal venue pernikahan. Liputan6.com merangkum enam alternatif venue pernikahan yang cocok untuk kamu.

1. Rumah Sendiri

Ingat pernikahan Miley Cyrus dan Liam Hemsworth malam Natal kemarin? Mereka mengadakannya di rumah mereka sendiri dengan dekorasi dan prasmanan yang sederhana. Tidak perlu menyewa gedung, Anda cukup menghias rumahnya dengan dekorasi pernikahan dan memperkirakan tamu yang hadir ke pernikahan.

Seorang perencana pernikahan di Las Vegas, Brit Bertino, dikutip dari situs nerdwallet.com, berkata Anda harus membuat rancangan dahulu mengenai spot atau daerah mana yang ingin diubah menjadi tempat resepsimu. Kamu bisa melaksanakannya di halaman belakang rumahmu atau di dalam rumahmu.

2. Museum

Jangan pernah berpikir bahwa menikah di museum akan membosankan. Putri Titian dan Junior Liem pun menikah di museum, tepatnya Museum Bank Indonesia. Apalagi, umumnya kebanyakan museum di Indonesia memiliki arsitektur yang indah dan menawan. Sociolla.com mencatat bahwa Museum Bank Indonesia bisa dijadikan venue pernikahan baik indoor maupun outdoor dan bisa digunakan untuk berbagai jenis kegiatan.

 


Taman atau Pantai

Pesta Pernikahan di Pantai
Pantai bisa menjadi alternatif venue pernikahanmu dengan dekorasi yang cantik. (dok. Instagram @therunawaytramp_/https://www.instagram.com/p/Bp1egD5gahr/Esther Novita Inochi)

Bila kamu memiliki konsep pernikahan outdoor, kamu bisa memilih antara taman atau pantai. Tempat ini memang terjangkau bahkan gratis, namun menyajikan pemandangan yang indah. Dikutip dari nerdwallet.com, terkadang kita butuh izin untuk menggunakan venue-nya daripada bermasalah dengan hukum kemudian. Kalaupun berbayar, harganya bervariasi tergantung daerah mana yang kamu pilih.

4. Sekolah

Momen pernikahan cenderung menjadi ajang reuni dengan teman-teman lama, sebab kamu pasti ingin juga mengundang mereka yang menemanimu semasa sekolah. Apalagi bila pernikahanmu dilaksanakan di sekolah, menambah kesan nostalgia ketika kamu menemui teman-temanmu ini.

Kamu bisa menyewa salah satu ruangan di sekolah, seperti aula, lapangan basket, ruang teater atau malah kantin. Memang terkesan asing, tapi kamu bisa menghemat pengeluaranmu untuk menikah sehingga lebih efektif.

5. Kafe atau restoran

Menyewa restoran atau kafe bisa jauh lebih murah, apalagi jika tempat itu juga menyediakan paket pernikahan lengkap dengan makanannya. Jangan lupa, pertimbangkan jumlah tamu yang datang dan seberapa luas zona restoran yang ingin kita tempati. Di Bandung, ada salah satu restoran yang menyediakan ruangan yang bisa disewa untuk kegiatan apapun, yaitu Eatboss Jatinangor, di mana ruangannya yang kosong dan luas terletak di lantai 2.

 


Balai Desa

Menikah di Balai Kota
Kamu pun bisa menikah di balai kota dengan dekorasi yang bisa kamu tata sendiri. (dok. Instagram @crazybeautifulweddingsonup/https://www.instagram.com/p/BlvUIg6gNwU/Esther Novita Inochi)

Tidak ada salahnya menikah di gedung pemerintahan, mulai dari balai kelurahan hingga balai kota. Situs brides.com mengatakan bahwa gedung pemerintahan seperti balai kota itu dirancang secara eksklusif, sehingga hanya keluarga dan teman-teman terdekatmu yang menjadi saksi pengucapan janji sucimu. Walaupun ruangannya tidak terlalu mewah, Anda bisa merancang dekorasinya di dalam ruangan itu.  (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya