7 Tata Cara Naik Pesawat Buat Kamu yang Baru Pertama Kali, Enggak Perlu Takut

Caranya mudah banget kok, asal peraturannya kamu taati semua.

oleh Tyas Titi Kinapti diperbarui 04 Mar 2019, 15:05 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2019, 15:05 WIB
Ilustrasi kabin pesawat
Ilustrasi kabin pesawat (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Traveling nampaknya menjadi hobi yang dipilih banyak orang. Tak hanya melihat tempat baru, traveling juga mampu menyegarkan kembali pikiran yang penat akibat padatnya aktivitas yang dijalani setiap hari.

Biasanya banyak orang yang senang traveling bersama kerabat maupun keluarga. Namun, tak sedikit pula yang nyaman melakukan perjalanan seorang diri atau yang kerap disebut solo traveling. Namun, bebebrapa solo traveler mengurungkan niatnya traveling yang jauh karena takut naik pesawat dan bingung bagaimana tata cara naik pesawat.

Atau mungkin kamu mau terbang ke luar kota untuk merantau tetapi kamu seumur hidup belum pernah naik pesawat. Lantas kamu bingung bagaimana cara naik pesawat dan akhirnya memilih jalur darat yang memakan waktu cukup lama. Nah, apakah kamu adalah salah satu diantaranya? Tidak usah khawatir, kamu tidak perlu takut dan bingung dengan tata cara naik pesawat.

Artikel ini akan memberi panduan tata cara naik pesawat ke kamu yang masih awam tentang tata cara naik pesawat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tata cara naik pesawat, Senin (4/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cermati peraturan bagasi

Ilustrasi bagasi koper
Ilustrasi (iStock)

Tentunya ketika kamu sedang berpergian pasti membawa sesuatu entah itu tas, koper yang berisi oleh-oleh atau perlengkapan selama berkunjung di suatu daerah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan peraturan bagasi maskapai yang kamu pilih, karena setiap maskapai memiliki kebijakan mengenai batas bagasi gratis.

Tentu ini menjadi hal yang penting agar uang kamu tidak berkurang ketika bagasi kamu sudah berlebih.

Selain memcermati bagasi, kamu juga perlu tahu ada beberapa barang yang tidak diperbolehkan saat masuk ke dalam kabin pesawat. Ada juga benda yang tidak diizinkan ke dalam kabin ataupun bagasi pesawat.

Beberapa barang yang tidak boleh ke dalam kabin pesawat seperti benda bermata pisau seperti pisau, gunting dll. Pemantik dan korek api ataupun rokok elektrik dan lain-lain.


2. Datang lebih awal

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi bandara. (iStock)

Datang satu atau dua jam lebih awal sebelum keberangkatan adalah tata cara naik pesawat yang harus kamu ingat. Meskipun nanti kamu naik pesawat untuk yang kedua atau kesekian kalinya. Datang lebih awal membuat kamu menjadi lebih tenang.

Pasalnya kita tidak pernah tahu, nanti akan ada hambatan atau tidak yang menimpa sebelum menuju bandara, seperti perjalanan yang macet, ban bocor dan lain-lain. Dengan datang lebih awal membuat kamu bisa mengatisipasinya dan tidak perlu khawatir tertinggal pesawat.


3. Mengetahui Terminal Keberangkatan

Ilustrasi bandara
Ilustrasi bandara (AP Photo/Ketut Nataan)

Mengetahui terminal keberangkatan adalah tata cara naik pesawat yang penting. Jika kamu tidak mengetahui terminal keberangkatanmu, kamu bisa melihatnya di e-tiket yang telah terbit.

Karena setiap keberangkatan dan kedatangan memiliki terminal yang berbeda-beda. Jadi pastikan untuk mengetahui dan mengingat terminal keberangkatanmu.

Jangan sampai kamu malah salah terminal karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini. Untuk lebih pastinya, kamu bisa menanyakan pada petugas di bandara. Pasti dengan senang hati mereka akan menjelaskan. Jadi, enggak perlu khawatir salah terminal ya!


4. Check in

Layanan check-in mobile
Ilustrasi (Doc: Vietnam Domestic Flight)

Check in adalah salah satu tata cara naik pesawat yang paling penting. Kamu bisa melakukan web check in di website maskapai pesawat yang kamu tumpangi. Jika tidak, kamu juga bisa melakukan check in manual di bandara.

Caranya mudah saja, kamu tinggal menuju kaunter check in pesawat yang akan kamu tumpangi lalu tunjukkan tiket atau e-tiketmu disertai data diri seperti KTP atau paspor jika kamu akan ke luar negeri. Setelah check in kamu akan mendapatkan boarding pass yang nantinya harus kamu tunjukkan saat akan naik ke pesawat.


5. Naik Pesawat

Hati-hati, Boarding Pass Elektronik Rentan Kena Serangan Hacker
Boarding pass justru memiliki lebih banyak informasi dari sekadar soal data penerbangan dan nomor tempat duduk Anda.

Ketika pesawat sudah tiba, siapkan KTP-mu untuk melakukan boarding ke pesawat. Naiklah pesawat dan pilih kursi sesuai yang tercantum di boarding pass. Setelah itu kamu mencari kursi yang sesuai dengan tiketmu. Jangan sampai salah kursi ya!


6. Mengetahui prosedur keamanan penerbangan

Ilustrasi Pramugari
Pramugari. (iStockphoto)

Setelah itu perhatikan dengan cermat prosedur keamanan penerbangan yang telah dijelaskan oleh pramugari. Seperti bagaimana menggunakan sabuk pengaman yang benar, cara menggunakan masker dan mengetahui letak pintu darurat.

Dengan mengetahui berbagai prosedur keamanan penerbangan mungkin jadi bekal utama yang bisa mendatangkan sedikit ketenangan. Juga, jangan ragu menegur penumpang yang melanggar prosedur ini ketimbang kamu terus merasa gelisah melihatnya.

Mana tahu kecerobohan satu orang akan menyusahkan yang lain di keadaan darurat. Setelah itu kamu bisa santai dan menikmati perjalananmu.


Mengambil barang di bagasi

Ribuan Penumpang Terlantar di Bandara Suvarnabhumi Bangkok
Penumpang beristirahat di area check-in di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok (28/2). Hampir Ribuan penumpang tujuan Pakistan dan Eropa terjebak di bandara tersebut. (AFP Photo/Lillian Suwnrumpha)

Setelah pesawat mendarat, jika kamu tadi menitipkan barang di bagasi, maka kamu mengambilnya di tempat pengambilan bagasi.

Namun, sebelum masuk ke dalam antrean pengambilan bagasi, cocokkan nomor penerbanganmu atau kota asalmu dengan informasi yang tertulis di layar setiap belt agar tidak salah tempat.

Cek kembali nomor bagasi yang diberikan saat check-in, berupa stiker berisi nomor yang biasanya ditempelkan ke boarding pass-mu. Ingat-ingat barang apa saja yang tadi kamu titipkan di bagasi, jangan lupa untuk mengeceknya kembali, agar tidak tertukar dengan pengunjung lain.

Hal ini tidak berlaku jika kamu tidak menitipkan barang saat check-in di bandara, maka kamu bebas keluar tanpa harus mampir ke Baggage Claim.

Itulah tata cara naik pesawat untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Tetap tenang dan ikuti prosedur yang ada, maka perjalanmu akan mengasyikkan kok! Jangan lupa berkabar dengan keluarga jika kamu akan berangkat atau sudah tiba ke tempat tujuan ya. Selamat menikmati perjalanan!

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya