Koleksi Apik Modest Wear dengan Tenun Masalili dari Kedari

Seperti ini cantiknya koleksi modest wear bermaterial tenun Masalili dari Kendari.

oleh Vinsensia Dianawanti diperbarui 25 Mei 2019, 19:15 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2019, 19:15 WIB
Kenalkan Tenun Masalili Asal Kedari dengan Koleksi Modest Wear
Intip koleksi modest wear yang menggunakan tenun Masalili asal Kendari (Foto: Wignyo Tenun Gaya)

Jakarta Tak hanya terkenal dengan batik, Indonesia memiliki beragam kain lainnya yang salah satunya adalah tenun. Untuk sebagian orang mungkin masih asing dengan jenis Tenun Masalili yang salah satu jenis tenun bernilai ekonomi lokal bagi masyarakat Kendari. 

Agar nilai ekonomi lokal meningkat, dilakukan berbagai upaya mulai dari program pelatihan peningkatan kualitas, motif, desain, serta pengembangan produk dan pemasaran yang bekerja sama dengan desainer asal Kendari Wignyo Rahadi dan Irma Intan. Sebuah fashion show pun digelar sebagai bentuk upaya mengenalkan tenun Masalili ke masyarakat lebih luas.

Fashion show ini menampilkan koleksi modest wear dengan gaya kontemporer hingga syari yang menggunakan kain tenun Masalili. Uniknya, fashion show ini diselenggarakan di area Hutan Bakau.

Wignyo Rahadi menampilkan koleksi modest wear dengan tema "Re-Masalili". Koleksi ini dikembangkan dari inspirasi gaya busana retro dengan menonjolkan permainan cutting yang bervolume. Ditambah dengan turban dan hijab model capuchon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Koleksi modest wear Irma Intan

Kenalkan Tenun Masalili Asal Kedari dengan Koleksi Modest Wear
Intip koleksi modest wear yang menggunakan tenun Masalili asal Kendari (Foto: Wignyo Tenun Gaya)

Tenun Masalili yang dipilih berwarna kuning, hijau, biru, dan ungu. Dikombinasikan dengan tenun lurik dan tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) bercorak Sobi dan Bintik. Kedua motif ini merupakan ciri khas Tenun Gaya, yang merupakan merek yang dibuat oleh Wignyo Rahadi. Sentuhan ornamen tumpuk, drapery, dan asimetris menjadi daya tarik koleksi ini.

Sementara, Irma Intan menampilkan koleksi busana muslim Syari bertema "Himeka". Dalam bahasa Sansekerta berarti sorot mata yang bercahaya. Koleksi ini menghadirkan kombinasi tenun Masalili dengan material tulle, katun, dan organza yang diaplikasikan dalam siluet A-Line serta ornamen zipper dan beads yang dramatis. Dominasi warna hitam diberi sentuhan warna cerah dari tenun Masalili, seperti warna merah, biru, hijau tosca, dan ungu.


Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya