Indonesia Pastikan Tidak Mengikuti Miss Universe 2021 di Israel

Ada sejumlah alasan yang membuat Yayasan Puteri Indonesia tidak akan mengirimkan wakil di Miss Universe 2021 di Israel.

oleh Henry diperbarui 29 Nov 2021, 19:13 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2021, 21:02 WIB
Pesona Miss Universe Andrea Meza di Yerusalem
Miss Universe 2020 dari Meksiko Andrea Meza berpose di depan Tembok Barat, Yerusalem, Rabu (17/11/2021). Organisasi Miss Universe mengumumkan bahwa Miss Universe 2021 akan dilaksanakan di Eliat, Israel, pada Desember 2021. (AFP/Ahmad Gharabli)

Liputan6.com, Jakarta - Miss Universe 2021 bakal segera berlangsung di di Eliat, Israel, pada Desember 2021. Yang banyak dipertanyakan, apakah Indonesia akan mengirimkan wakilinya ke kontes kecantikan sejagat ke-70 tersebut?Pertamyaan selama beberapa bulan terakhir it pun terjawab sudah.

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) secara resmi tak memastikan akan mengirimkan perwakilan di ajang Miss Universe 2021 yang akan dihelat pada 12 Desember mendatang. Informasi itu diketahui dari akun instagram resmi YPI @officialputeriindonesia, Minggu (28/11/2021).

Mereka dengan berat hati tidak dapat menghadiri kontes kecantikan itu. Salah satu alasannya, karena aturan pembatasan perjalanan selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Dengan berat hati, kami ingin menyampaikan bahwa kami tidak dapat berpartisipasi dalam ajang Miss Universe ke-70. Waktu persiapan yang ketat dan pembatasan (mobilitas dan perjalanan) karena Covid-19 membuat kami memutuskan untuk tidak mengirimkan delegasi kami untuk kompetisi tahun ini," tulis YPI dalam unggahannya yang menggunakan bahasa Inggris.

Meski tidak mengirimkan wakilnya, YPI berharap agar kontes Miss Universe ke-70 dapat berjalan dengan lancar, dan kontestan yang terpilih nantinya benar-benar dapat menginspirasi seluruh wanita di level komunitas dan global.

Alasan lainnya adalah terlalu singkatnya persiapan untuk mengirimkan Puteri Indonesia ke Miss Universe 2021. YPI sekaligus menginformasikan bahwa saat ini mereka sedang melaksanakan seleksi pencarian kandidat Puteri Indonesia di seluruh provinsi di Indonesia. "Kami berharap dapat berpartisipasi lagi di kontes Miss Universe tahun depan," tulis YPI dalam akhir unggahannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menyusul Malaysia dan Afrika Selatan

Indonesia Pastikan Tak Akan Kirimkan Wakil di Miss Universe 2021 di Israel
Indonesia Pastikan Tak Akan Kirimkan Wakil di Miss Universe 2021 di Israel. (dok.Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/CWzefETlzSi/Henry)

Kebenaran kabar itu juga dikonfirmasi oleh Ketua Bidang Komunikasi YPI Mega Angkasa. Lewat pesan pada Liputan6.com, Minggu (28/11/2021), Mega memastikan kalau Indonesia tidak akan mengirimkan wakilnya ke ajang Miss Universe 2021 di Israel, seperti diumumkan di akun Instagram resmi YPI.

Kontes Miss Universe 2021 sejak awal memang menjadi banyak sorotan. lantaran diadakan di Israel yang selama ini menjadi sorotan karena perlakuannya terhadap Palestina. Setidaknya satu negara sudah membatalkan keikutsertaan mereka dalam ajang Miss Universe 2021 karena alasan tersebut, yaitu Malaysia.

Malaysia sebelumnya telah mengumumkan tidak akan mengirim kontestan. Selain Malaysia, Afrika Selatan juga memastikan telah menarik dukungan untuk perwakilan negara tersebut di ajang Miss Universe 2021.


Wakil Yunani

Wakil Yunani Banjir Dukungan Usai Mundur karena Miss Universe 2021 Digelar di Israel
Perwakilan Yunani, Rafaela Plastira memilih untuk mengundurkan diri karena Miss Universe 2021 akan berlangsung di Israel. (Tangkapan Layar Instagram @plastira_rafaela)

Dilansir dari News24, pernyataan boikot Miss Universe 2021 di Israel disampaikan cucu Nelson Mandela dalam sebuah pernyataan yang dibagikan melalui akun Instagram Nkosi Zwelivelile. Ia menyinggung soal Israel adalah negara apartheid, yakni sistem pemisahan ras, agama dan keyakinan, kelas sosial, diskriminasi etnis, dan kelompok mayoritas mendominasi kelompok minoritas.

Sementara Yunani berbeda lagi. Ratu kecantikan perwakilan Yunani, Rafaela Plastira memastikan diri mundur dari ajang Miss Universe 2021. Keputusan itu diambilnya lantaran kontes kecantikan ke-70 tersebut diselenggarakan di Israel.

Wakil Yunani ini sebelumnya sempat mengumumkan keputusan mundur melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada awal Oktober 2021. Rafaela meyakinkan akan membuat pendukungannya bangga. Ia juga berterima kasih kepada semua akun penggemar kontes kecantikan yang mengirimkannya pesan-pesan manis.

Mengingat Rafaela mundur, wakil Yunani di kontes Miss Universe 2021 jatuh pada Star GS Hellas 2021, yakni Katerina Kouvoutsaki. Namun, Katerina diketahui juga tidak dapat mengikuti kontes tersebut.Sofia akan mewakili Yunani di Miss Universe 2021 setelah Katerina Kouvoutsaki mengundurkan diri dari kompetisi "karena alasan kesehatan.


Turis Indonesia dilarang masuk Israel

Infografis turis Indonesia dilarang masuk Israel
Infografis turis Indonesia dilarang masuk Israel (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya