Pangeran Andrew Sambut 2022 dengan Muram Usai Tersangkut Kasus Perdagangan Seks Anak

Andrew menghadapi gugatan perdata yang diajukan oleh Virginia Roberts Giuffre. Ia menuding diperdagangkan oleh Jeffrey Epstein dan dipaksa untuk berhubungan seks dengan teman-temannya, termasuk Pangeran Andrew.

oleh Putu Elmira diperbarui 31 Des 2021, 11:32 WIB
Diterbitkan 31 Des 2021, 11:32 WIB
Pangeran Andrew. (Steve Parsons/Pool Photo via AP, File)
Pangeran Andrew. (Steve Parsons/Pool Photo via AP, File)

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Andrew nyaris tidak disebutkan dalam persidangan perdagangan seks sosialita Inggris Ghislaine Maxwell di New York. Namun, fakta juri memutuskan Maxwell bersalah atas lima dari enam tuduhan yang terkait dengan perannya dalam pelecehan seksual Jeffrey Epstein terhadap gadis-gadis hampir tidak menjadi kabar baik bagi kerajaan Inggris.

Dilansir dari CNN, Jumat (31/12/2021), Pangeran Andrew menghadapi gugatan perdata yang diajukan oleh Virginia Roberts Giuffre. Ia menuduh dirinya diperdagangkan oleh Jeffrey Epstein dan dipaksa untuk berhubungan seks dengan teman-temannya, termasuk Pangeran Andrew.

Putra kedua Ratu Elizabeth II ini sadar Giuffre masih di bawah umur (17 tahun) di Amerika Serikat. Pangeran Andrew membantah keras tuduhan tersebut. Argumen lisan dalam kasus itu ditetapkan pada 4 Januari 2022. Pengacara pangeran berusia 61 tahun itu diperkirakan akan berdebat untuk menolak gugatan tersebut.

Jika pengacaranya tidak berhasil atau kasusnya tidak diselesaikan, Andrew dapat menghadapi tanggal persidangan antara September dan Desember 2022. Tuduhan jangka panjang yang dihadapi Andrew telah secara dramatis menodai reputasi publiknya dan dia mundur dari tugas kerajaan pada akhir 2019.

Hakim AS juga telah memutuskan bahwa perjanjian penyelesaian rahasia 2009 antara Epstein dan Giuffre yang mungkin juga merujuk Pangeran Andrew, harus dirilis ke publik minggu depan. Maxwell memilih untuk tidak bersaksi dalam persidangannya sendiri, dengan mengatakan "tidak perlu" karena penuntut "tidak membuktikan kasusnya tanpa keraguan." Akibatnya, dia tidak diperiksa berulang kali mengenai persahabatannya dengan Andrew.

Namun, tidak ada jaminan Maxwell tidak akan mengambil sikap dalam banding yang diharapkan dari hukumannya atau jika kasus perdata terhadap Andrew dibawa ke pengadilan. Maxwell juga dapat memilih untuk bekerja sama dengan pihak berwenang dengan memberi mereka informasi tentang orang lain yang berpotensi memberatkan agar hukumannya dikurangi, kata pakar hukum.

"Maxwell kini mungkin memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan tentang keseluruhan subjek, mengikuti hukumannya, (meski diskusi) membutuhkan waktu," kata Nick Goldstone, Kepala penyelesaian sengketa yang berbasis di Inggris di firma hukum internasional Ince kepada CNN.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata Pakar Hukum hingga Korban

Pangeran Andrew. (Yui Mok/Pool via AP, File)
Pangeran Andrew. (Yui Mok/Pool via AP, File)

Dalam sebuah email, Goldstone menjelaskan Maxwell memiliki informasi dan bukti yang memberatkan Pangeran Andrew atau orang lain yang berpartisipasi dalam tindakan yang melanggar hukum terkait dengan Jeffrey Epstein. Ia pikir Pangeran dan yang lainnya mungkin memiliki banyak ketakutan dari proses tawar-menawar hukuman.

"Di sisi lain, jika Pangeran Andrew tidak melakukan kesalahan, dia seharusnya tidak takut dengan tawar-menawar hukuman oleh Maxwell," tambahnya.

Dilansir dari The Sun, setelah Maxwell diputus bersalah, Chauntae Davies, korban Maxwell dan pedofil miliarder Jeffrey Epstein, menyampaikan tanggapan tentang Pangeran Andrew, "Dia mungkin merasa sangat, sangat tidak nyaman saat ini." Andrew harus menghadapi penyelidikan kriminal atas hubungan apa pun dengan jaringan pelecehan di bawah umur oleh Jeffrey Epstein dan Ghislaine Maxwell, kata seorang korban pada 30 Desember 2021.

Jennifer Araoz yang baru berusia 15 tahun ketika diperkosa oleh Epstein, menuntut Pangeran Andrew diselidiki beberapa jam setelah Maxwell dinyatakan bersalah atas perdagangan seks. Araoz yang kini berprofesi sebagai penata rias berusia 34, menyebut kepada The Sun, "Pihak berwenang seharusnya menyelidiki orang lain sejak lama. Pangeran Andrew perlu diselidiki untuk setiap perempuan yang terlibat dengannya," katanya.

"Wawancara TV yang dia lakukan untuk 'membuktikan dia tidak bersalah' tidak muncul dengan sangat baik menurut saya. Jika pihak berwenang belum menyelidiki orang lain sekarang, sulit untuk melihat apakah mereka akan melakukannya. Tapi saya sangat percaya pada sistem peradilan. Jika mereka merasa perlu melangkah lebih jauh, mereka akan melakukannya," tambahnya.


Tuntut Keadilan

Ramalan Pangeran Cilik Kate Middleton dan Nasib 7 Anak Ketiga di Kerajaan Inggris
Pangeran Andrew, Duke of York. Foto diambil pada 14 Juli 2017 (NIKLAS HALLE'N / POOL / AFP)

Pengadilan New York akan memutuskan pada Selasa apakah gugatan perdata terhadap Pangeran Andrew yang diajukan oleh korban Epstein, Virginia Giuffre dapat dilanjutkan ke persidangan tahun depan. Giuffre yang kini tinggal di Perth, Australia Barat, mengisyaratkan bahwa vonis bersalah terhadap Maxwell hanyalah permulaan, tanpa menyebut nama Andrew.

"Setelah urusan dengan Maxwell selesai, sekarang saya bisa bekerja menyeret orang-orang lain yang bertanggung jawab. Epstein dan Maxwell mengambil bagian dari masa kecil saya yang tidak akan pernah saya dapatkan kembali," kata Giuffre.

"Keadilan bagi saya terlihat seperti menahan semua orang yang terlibat dalam sex ring (organisasi yang terlibat dalam kejahatan seksual), mereka yang memfasilitasi, menamai dan mempermalukannya," lanjutnya.

Andrew yang terisolasi kini bersembunyi di Windsor setelah mantan istrinya Sarah Ferguson dan putrinya Beatrice dan Eugenie pergi tanpa dia untuk liburan ski musim dingin. Namun, sumber yang dekat dengan Andrew tetap menentang tadi malam.

"Ini adalah persidangan Ghislaine Maxwell, bukan Duke. Tidak ada substansi baru yang diangkat sehubungan dengan Duke," kata teman Andrew.


Pewaris Kerajaan Inggris

[Bintang] Pewaris Kerajaan Inggris
Infografis pewaris Kerajaan Inggris. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya