Seragam Satpam Resmi Berubah dari Cokelat Muda Menjadi Krem

Sosialisasi perubahan seragam satpam resmi dimulai bertepatan dengan Hari Satpam ke-41, 2 Februari 2022.

oleh Komarudin diperbarui 03 Feb 2022, 22:06 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2022, 22:02 WIB
Seragam satpam
Seragam Satpam resmi berubah bertepatan dengan Hari Satpam ke-41 (dok.Instagram/@divisihumaspolri/https://www.instagram.com/p/CZd_zhqJpXh/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan seragam satpam (satuan pengamanan) resmi terjadi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam, Rabu, 2 Februari 2022. Pengenalan seragam baru tersebut sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

Rencana perubahan warna seragam satpam telah diumumkan pada pertengahan Januari 2022. Perubahan warna seragam satpam menjadi krem dari warna cokelat muda.

Perubahan dilakukan agar tidak terjadi kebingungan di masyarakat, antara polisi dan petugas satpam. Dengan perubahan tersebut akan jelas perbedaan antara polisi dan satpam.

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam," ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan saat itu.

Sebelum dilakukan perubahan warna seragam satpam, Polri terlebih dahulu melakukan pengkajian terkait perubahan warna seragam tersebut. Selanjutnya, Polri mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) terkait perubahan warna seragam satpam tersebut.

Sebelumnya, warna seragam satpam warna  cokelat muda untuk baju dan cokelat tua untuk celana dinilai cokelat identik dengan warna tanah atau bumi, kayu, dan batu yang berarti warna alami. Cokelat juga dinilai warna netral yang melambangkan kebersahajaan, fondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, rasa percaya, keanggunan, ketabahan, dan kejujuran.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiga Kali Perubahan

Chairuman Harahap Jadi Saksi Kasus E-KTP di KPK
Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kanan) berbincang dengan satpam saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sejak dibentuk pada 1980, seragam satpam sudah mengalami tiga kali perubahan. Awalnya, warna seragam satpam putih biru. 

Warna putih untuk atasn, sedangkan warna biru untuk bawahan. Warna putih biru termasuk yang paling lama digunakan oleh satpam.

Warna tersebut juga yang selama ini paling melekat dalam ingatan masyarakat. Namun, seiring waktu berjalan warna seragam tersebut pun berubah.  Perubahan itu mulai berlaku pada awal 2021 yang tercantum dalam Pasal 45 Peraturan Kapolri No. 4 Tahun 2020.


Makna Krem

Seragam Satpam 2022
Demi menghilangkan kebingungan di tengah masyarakat, Polri mengubah lagi warna seragam satpam jadi krem. (Liputan6.com/ TikTok @normnsyah)

Sosialisasi perubahan warna seragam satpam mulai dari cokelat muda ke warna krem mulai berlaku sejak 2 Februari 2022. Lalu, apa makna krem itu?

Warna krem  dikategorikan sebagai warna netral.  Warna ini cocok dikombinasikan dengan warna apapun. Oleh karena itu, warna netral itu bukan hanya putih dan hitam saja.

Warna  krem mampu menghilangkan agresi, menenangkan, dan rileks. Selain itu, semua corak beige berkontribusi pada istirahat penuh dan berkualitas tinggi. 

 


Infografis Polisi Dilarang Pamer Kemewahan

Infografis Polisi Dilarang Pamer Kemewahan
Infografis Polisi Dilarang Pamer Kemewahan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya