Airbnb Setop Aturan Refund Karena Covid-19 Mulai 31 Mei 2022

Pelanggan Airbnb harus membayar biaya penundaan maupun pembatalan meski itu terjadi karena ada virus corona Covid-19.

oleh Henry diperbarui 04 Mei 2022, 06:46 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2022, 03:03 WIB
Ilustrasi penginapan.
Ilustrasi penginapan. (dok. Olichel/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan penginapan online  Airbnb baru saja mengumumkan bahwa kebijakan refund atau pengembalian dana akibat Covid-19 telah berakhir. Kebijakan ini efektif mulai berlaku pada 31 Mei 2022.

Setelah tanggal tersebut, para tamu atau pelanggan harus membayar biaya penundaan maupun pembatalan meski itu terjadi karena ada virus corona Covid-19.  Sebelumnya, selama masa pandemi ini para tamu yang membatalkan pesanan tidak dikenakandenda atau biaya pembatalan sama sekali.

Melansir CNN, 2 Mei 2022. mulai akhir bulan ini, kebijakan mengenai pembatalan akan diserahkan pada masing-masing pemilik properti. Beberapa pemilik penginapan ada yang menerapkan kebijakan refund atau pengembalian dana kalau pembatalan dilakukan setidaknya 24 jam sebelum waktu menginap yang telah ditentukan.

Ada pula yang memberlakukan kebijakan pembatalan lima hari sebelum menginap agar dana mereka bisa dikembalikan. Pihak Airbnb berjanji akan menawarkan asuransi perjalanan dalam waktu dekat ini, yang akan mengatur opsi pengembalian dana bagi para pelanggan.

Kebijakan lainnya, Airbnb baru saja menghentikan operasi di Rusia dan Belarusia. Keputusan perusahaan diumumkan oleh sang CEO Brian Chesky dalam sebuah tweet."Airbnb menangguhkan semua operasi di Rusia dan Belarusia," tulis Chesky melalui akun Twitter pribadinya @bchesky.

Melansir laman Tekno Liputah6.com, operasi Airbnb yang berhenti sementara termasuk sekitar 90.000 penginapan jangka pendek aktif pada berbagai platform di Rusia dan lebih dari 1.800 di Belarusia. Terkait invasi Rusia ke Ukraina, Chesky pada Senin minggu ini, menawarkan tempat tinggal gratis untuk 100.000 pengungsi Ukraina yang melarikan diri ke negara-negara Eropa termasuk Polandia, Jerman, Hongaria, dan Rumania.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rusia dan Belarusia

Ilustrasi Airbnb
Ilustrasi Airbnb. Kredit: TeroVesalainen from Pixabay

Beberapa pengguna Airbnb juga mengambil sikap sendiri, di mana sejumlah masyarakat membeli persewaan Airbnb di Ukraina untuk membantu mendapatkan uang bagi penduduk yang menghadapi kesulitan ekonomi.

Airbnb juga telah setuju untuk membebaskan biaya tamu dan tuan rumah untuk semua pemesanan di Ukraina. Sampai berita ini naik, Chesky belum mengungkap kapan perusahaan akan kembali membuka layanannya di Rusia dan Belarusia.

Di Indonesia, Airbnb digandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk meningkatkan gaung berwisata kembali ke Bali. Kedua belah pihak sudah menandatangani MoU untuk mendukung pemulihan industri pariwisata Indonesia. Airbnb menerjemahkannya dalam pembuatan laman khusus yang mempromosikan akomodasi serta atraksi di Bali.

"Airbnb ingin mendukung pembukaan kembali wisata Indonesia untuk wisatawan mancanegara, dimulai dari Bali. Kami ingin mendorong wisata yang sustainable dan jangka panjang, dari segi stay dan experience," ujar Amanpreet Singh Bajaj, General Manager for Airbnb in Southeast Asia, India, Hongkong, and Taiwan, dalam jumpa pers virtual, Kamis, 25 November 2021.


Kesepakatan dengan Kemenparekraf

BTS
Unit Airbnb yang jadi lokasi syuting reality show BTS. (dok. Airbnb)

Dalam keterangan tertulis dijelaskan bahwa kerja sama tersebut menyangkut tiga hal utama. Pertama, kedua belah pihak sepakat membagikan insight dan menyusun langkah terbaik yang akan mendukung pembuatan kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Kedua, kedua belah pihak akan bersama-sama mempromosikan Desa Wisata melalui peningkatan keterampilan digital untuk komunitas lokal. Airbnb bermitra dengan Kemenparekraf untuk menggelar pelatihan bagi pengusaha lokal di beberapa desa pilihan.

Tujuannya adalah membekali mereka dengan pengetahuan dan alat dalam memanfaatkan platform Airbnb dan lebih memperkenalkan akomodasi mereka kepada calon wisatawan lokal dan internasional. Ketiga, kerja sama ini dimulai dengan menyoroti Bali sebagai destinasi utama lewat microsite khusus.

Microsite itu akan menghadirkan pilihan terbaik dari penginapan dan pengalaman berlibur bagi wisatawan lokal dan internasional yang sedang bekerja dan tinggal di Bali, serta membagikan tips perjalanan yang aman.


Destinasi Super Prioritas

6 Fakta Menarik Tabanan yang Terkenal dengan Wisata Tanah Lot
Pura Ulun Danu Beratan Bali berada di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. (dok. disparda.baliprov.go.id)

"Vila Laputa yang di-host oleh Cipto, salah satunya. Bayangkan menginap di luxury bamboo hut, berlokasi di Sidemen, tapi punya pemandangan indah ke Gunung Agung. Ini salah satu contoh akomodasi unik di Indonesia," imbuh Aman. Ke depan, kerja sama yang dijalin antara Airbnb dan Kemenparekraf akan diperluas juga untuk mempromosikan lima destinasi super prioritas. 

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menyatakan semakin banyak yang berkolaborasi dalam program pemulihan pariwisata dalam negeri, akan semakin bagus. Hal itu mengingat upaya mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya Bali, masih jadi tantangan besar.

"Pintu dari Jakarta tetap ada (kunjungan wisman), walau itu adalah untuk keperluan bisnis. Tetapi, mereka sebenarnya juga bisa diarahkan sambil berlibur," imbuh Nia.

Ada empat hal yang memengaruhi seseorang untuk bepergian di masa pandemi. Nia menyebut soal kesehatan dan kebersihan, diskon, aturan pengembalian dana, dan fleksibilitas mengatur ulang jadwal. Dengan memperhatikan itu, pemerintah pun makin intensif menyosialisasikan soal Indonesia Care kepada seluruh pelaku usaha pariwisata.

Infografis Tarif Kamar Hotel Karantina Mandiri
Tarif Kamar Hotel Karantina Mandiri
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya