Atalia Praratya Unggah Video Lokasi TKP Hilangnya Eril di Sungai Aare Swiss: Deet Pisan

Acara doa bersama untuk mendoakan arwah Eril digelar keluarga Ridwan Kamil dan Atalia di Gedung Pakuan Bandung, Sabtu, 4 Juni 2022.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 04 Jun 2022, 16:08 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2022, 16:03 WIB
Atalia Praratya Unggah Video Lokasi TKP Hilangnya Eril di Sungai Aare Swiss: Deet Pisan
Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah video lokasi TKP hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) di Sungai Aare, Swiss. (dok. Insta Story Atalia Praratya)

Liputan6.com, Jakarta - Suasana berkabung masih menyelimuti keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya selepas pencarian Emmeril Kahn Mumtadz belum membuah hasil. Pihak keluarga Gubernur Jawa Barat itu pun memohon privasi untuk menenangkan diri dari rasa kehilangan mendalam atas kepergian Eril yang mendadak.

Meski begitu, sedikit cerita dibagikan oleh Atalia, ibunda Eril, lewat Insta Story yang diunggah Sabtu (4/6/2022). Dalam video singkat, perempuan berusia 48 tahun itu menunjukkan lokasi putra sulungnya terbawa arus Sungai Aare yang deras pada Kamis 26 Mei 2022.

Air sungai terlihat jernih. Siapa pun bisa melihat sekilas dasar sungai terbesar di Swiss itu. Terdengar pula suara perempuan yang sedang berbincang dalam Bahasa Sunda sambil merekam video.

"Deet tuh, katinggal batuna ge. (Dangkal kok, kelihatan batunya juga)," ucap perempuan itu, yang ditimpali suara Atalia mengamini.

"Sama sebetulnya de, cuma bedanya adalah waktu itu dia itu keruh," imbuh Atalia, kemungkinan kepada Camillia Laetitia Azzahra, putri bungsunya.

Atalia juga mengunggah video saat suaminya, Emil, berjalan menyusuri tepian Sungai Aare dibantu tongkat kayu. Terlihat kedalaman sungai itu sedikit di atas pinggang Emil.  

"Ini yang dilakukan setiap hari oleh ayahmu, Ril," tulis Atalia mengirimkan pesan kepada putranya.

Proses pencarian Eril hingga kini masih berlanjut sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Namun, keluarga inti pemuda lulusan ITB itu memutuskan pulang ke Bandung setelah masa cuti Ridwan Kamil hampir berakhir. Pendiri biro arsitek Urbane itu dijadwalkan kembali bertugas pada Senin, 6 Juni 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Bersama

Ikhaskan Kepergian Eril, Ini 6 Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya
Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (Sumber: Instagram/ataliapr)

Ridwan Kamil dan keluarga tiba di Bandung sekitar pukul 18.35 WIB. Keluarga pun mengundang warga untuk ikut dalam doa bersama pada hari ini, Sabtu (4/6/2022). Juru Bicara Pemerintah Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya, dilansir Antara, menerangkan ada dua sesi kunjungan takziah.

Sesi pertama kunjungan dimulai pukul 11.30 WIB hingga 13.00 WIB, dan sesi keduanya dari pukul 13.30 WIB hingga 15.00 WIB. Menurut dia, sesi kedua kunjungan diperuntukkan bagi anggota organisasi masyarakat dan warga yang ingin bertakziah.

"Acara pokoknya itu berupa doa bersama, kemudian ada shalat gaib, kemudian penyampaian ucapan belasungkawa," kata Wahyu.

Warga yang hadir diminta untuk tidak mengambil gambar maupun video selama doa bersama berlangsung. Hal itu demi menghormati ruang privat keluarga Gubernur yang sedang berduka.

Sejumlah pejabat pemerintah daerah pada Sabtu siang mengunjungi rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, untuk bertakziah. Dilansir Antara, mereka yang hadir di antaranya adalah Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.


Proses Pencarian Hari ke-9

Atalia Praratya - Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@ataliapr)
Atalia Praratya - Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@ataliapr)

Pada Jumat, 3 Juni 2022, proses pencarian jasad Eril kembali dilanjutkan. Proses menggunakan metode patroli darat dan patroli perahu, sedangkan drone tidak bisa digunakan karena hujan mengguyur Kota Bern.

Dalam rilis KBRI Bern di Swiss, dikutip dari laman kemlu.go.id, polisi juga menerjunkan anjing pelacak sepanjang dua kilometer di area Wohlensee. Namun, pencarian itu belum membuahkan hasil yang diharapkan. Hingga Jumat sore, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Pada Kamis, 2 Juni 2022, Ridwan Kamil dan keluarga ditemani KBRI dan diaspora Indonesia di Bern melaksanakan shalat gaib di tepi Sungai Aare. Mereka juga meninggalkan marka pengingat di lokasi terakhir Eril terlihat.

Tanda berbingkai biru yang bertuliskan 'In Loving Memory of Emmeril Kahn Mumtadz' dililitkan di sebuah pohon di tepi Sungai Aare. Itu menjadi penanda bahwa Ridwan Kamil dan keluarga bersedia melepaskan kepergian Eril yang mendadak saat berenang di sungai terbesar di Swiss itu pada Kamis, 26 Mei 2022.  Pada Kamis sore, keluarga lalu pulang kembali ke Indonesia.


Pesan Cinta dari Kekasih

Atalia Praratya Unggah Video Lokasi TKP Hilangnya Eril di Sungai Aare Swiss: Deet Pisan
Unggahan kartu ucapan tulisan tangan Eril untuk kekasihnya, Nabila. (dok. Instagram @nabilaishma/https://www.instagram.com/p/CeXkMmNJ0xz/?hl=en/Dinny Mutiah)

Tak hanya keluarga inti yang mencurahkan perasaan terdalamnya bagi Eril, kekasihnya, Nabila Ishma Nurhabibah juga turut menuliskan surat cinta. Lewat media sosialnya, Nabila mengungkapkan bahwa dulu sering memprotes sikap Eril yang terlalu baik kepada orang-orang.

"Tapi sekarang justru aku jadi belajar bahwa kebaikan kamulah yang menjadi jutaan doa yang setiap hari dilantunkan oleh orang-orang untuk kamu. Sungguh, kejadian ini benar benar menjadi luka yang sangat dalam untuk aku ril. Tapi dibalik itu juga jadi luka yang manis karena aku juga menyaksikan banyak sekali kasih sayang yang mengalir," tulis Nabila.

Ia juga mengaku menyayangi Eril, dan kini belajar menyayangi kekasihnya karena Alah. Ia pun akan melanjutkan mencari kebahagiaannya sendiri.

"Sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untuk mu dan untuk aku," tulisnya, seraya menyertakan foto kartu ucapan yang ditulis Eril khusus untuk menyelamati Nabila yang berulang tahun ke-21.

Infografis Dicabutnya Dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil
Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya