Sinergi untuk Mendukung Panen Raya Nasional 2022

Gunungan panen diarak mengelilingi Lapangan Banteng untuk memeriahkan rangkaian acara Panen Raya Nusantara 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Jun 2022, 18:14 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2022, 11:23 WIB
Sinergi untuk Mendukung Panen Raya Nasional 2022
Sinergi untuk Mendukung Panen Raya Nasional 2022.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - EdenFarm, startup atau rintisan yang bergerak di bidang rantai pasok pangan bersinergi dengan mitra tani dari program closed-loop dalam Panen Raya Nasional 2022.

Kolaborasi ini sebagai bentuk dukungan terhadap sektor pangan dan agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) RI untuk presidensi G20.

Dalam kesempatan ini, EdenFarm mengisi gunungan panen setinggi 1.5-meter dengan komoditas andalan dari mitra tani yang tergabung dalam program kemitraan closed-loop seperti sawi putih, tomat, labu siam, wortel, terong, dan kacang panjang.

Gunungan panen ini kemudian diarak mengelilingi Lapangan Banteng di Jakarta untuk memeriahkan rangkaian acara Panen Raya Nusantara 2022 yang bertajuk Indonesian Food for A Better World, untuk menunjukkan kekayaan pangan Indonesia.

“EdenFarm selalu berupaya untuk mendukung program pemerintah, namun lebih dari itu, kami melihat program kemitraan closed-loop juga sejalan dengan visi “Feeding the Nation” yang diusung oleh EdenFarm selama ini,” ucap Tyara Putri, Corporate Communication Manager, EdenFarm.

“Ini juga jadi misi EdenFarm dalam menyederhanakan ekosistem rantai pasok pangan dari hulu ke hilir untuk menghadirkan bahan pangan berkualitas bagi pelanggan B2B dan mensejahterakan petani,” lanjutnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Kemitraan

Sinergi untuk Mendukung Panen Raya Nasional 2022
Sinergi untuk Mendukung Panen Raya Nasional 2022. foto: istimewa

Program kemitraan closed-loop merupakan inisiatif Kemenko dalam membantu petani melalui ekosistem digital agar petani dapat memiliki kepastian harga dan pasar.

Di Sukabumi pelaksanaan program kemitraan closed-loop telah berlangsung sejak November 2020 dan melibatkan berbagai stakeholder, seperti PT. Ewindo sebagai produsen utama benih hortikultura.

PT. Pupuk Kujang Cikampek sebagai pendamping aplikasi pupuk dan PT. Syngenta sebagai pendamping dalam penanggulangan hama dan penyakit.

Infografis hari tani nasional
jumlah petani indonesia turun sejak tiga tahun terakhir (liputan6/yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya