Biar Tambah Menarik, Ini 4 Kunci Bangun Personal Branding Lewat Highlight Instagram

Gimana sih tipsnya biar highlight Instagram bisa kamu manfaatin buat bangun personal branding? Begini ya caranya!

oleh Fachri diperbarui 08 Jun 2022, 07:27 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2022, 07:27 WIB
personal branding
Tips personal branding./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian dari kamu menilai Instagram hanya dijadikan ajang pamer kekayaan atau aktivitas belaka. Tapi, ada waktunya, Instagram juga bisa dijadikan sebagai portofolio kamu dalam mencari pekerjaan atau bussines branding lho. Dengan Instagram yang kamu punya, kamu bisa bentuk personal branding juga. 

Banyak fitur yang disediakan Instagram untuk kamu bisa bentuk personal branding. Mulai dari postingan Instagram kamu, story Instagram yang bisa kamu buat sepanjang waktu, hingga highlight Instagram yang terpampang dalam profil Instagram kamu.

Eits, tapi dalam membuat itu semua, nggak boleh asal-asalan ya, apalagi kalau highlight Instagram. Harus ada konsep, soalnya kalau asal-asalan, orang bakal melihat diri kamu sebagai pribadi yang gaptek bahkan aneh. Gimana sih tipsnya biar highlight Instagram bisa kamu manfaatin buat bangun personal branding? Begini ya caranya!

Kamu harus ingat terlebih dahulu ya, kalau bikin highlight itu yang simple tapi jelas, idealnya 4-6 topik harus terpampang di profil Instagram kamu. Dan harus juga informatif, supaya orang lain dapat informasi sejelas mungkin dari apa yang kamu inginkan.

1. Telling Yourself

Di highlight Instagram kamu, coba deh ceritakan siapa diri kamu dan apa aja yang sudah kamu lakukan di sosial media. Semisal nih, ceritakan kalau kamu seorang desainer grafis atau make up artist. Jadi, posisi kamu bakal terlihat jelas, orang lain pun akan semakn mudah memberikan label kepada mu, who u are.

2. Social Proof

Ini juga penting, kamu harus menunjukkan pencapaian yang sudah kamu dapatkan. Tapi ingat ya, nggak semua pencapaian, pilih aja yang relevan sama tujuan yang ingin kamu dapatkan. Semisal, tunjukkin karya kamu ketika menang dalam sebuah kompetisi. Kalau Instagram kamu untuk bussines branding, kamu harus sematkan sesuatu yang bikin klienmu percaya, seperti testimoni dari orang lain.

3. Inspirasi dan Edukasi

Kamu harus buat konten yang inspiratif dan edukatif ya. Tujuannya  apa? Ya nggak lain dan nggak bukan, buat bangun citra positif dari diri kamu!

Semisal, kamu buat konten tips dan trik desain, bangun pagi, atau pengalaman kamu yang inspiratif. Kalau bussines branding, ya kamu coba buat konten tutorial, keunikan yang menarik, dan terstiomoni orang lain dari produk yang kamu tawarkan.

4. Apa yang Kamu Tawarkan

Ini langkah terakhir, coba tunjukkan apa yang ingin kamu tawarkan dan apa yang akan didapat oleh orang lain ya. Kamu bisa beri info kalau kamu buka jasa desain, tulis, atau freelancer lainnya. Kamu juga bisa spill benefit yang bakal didapatkan klien ketika mereka memakai jasa atau produk dari brand yang kamu miliki.

Yang terpenting dari semuanya, topik-topik yang kamu perlihatkan di highlight Instagram harus disesuaikan sama jenis akun dan bidang yang menjadi target kamu ya! Selamat mencoba semua!

 

(*)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya