Hindari Seprai Jadi Sobek dan Rusak, Begini Cara Merawatnya dengan Baik dan Benar!

Seprai merupakan aksesoris tambahan untuk membuat kasur jadi semakin nyaman.

oleh Fachri pada 05 Sep 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 05 Sep 2022, 18:25 WIB
Seprai.
Ilustrasi wanita sedang memasang seprai pada kasur. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Seprai merupakan aksesoris tambahan untuk membuat kasur jadi semakin nyaman. Selain untuk kenyamanan, seprai juga berguna untuk menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit dan kotoran yang ada di kasur lho. Oleh karena itu, seprai salah satu aksesoris yang wajib ada sebagai alas untuk tidur kamu ya.

Tapi, apakah kamu pernah merasakan seprai yang baru saja dibeli sudah tidak terasa nyaman? Tak jarang sebagian orang merasakan hal tersebut. Yup, itu bisa dikarenakan beberapa faktor lho!

Mungkin kamu melakukan perawatan yang salah terhadap seprai yang sudah dibeli. Entah kamu tidak paham atau bahkan tidak tahu cara merawatnya dengan baik dan benar. Untuk itu, buat kamu yang belum tahu bagaimana merawat seprai dengan benar, simak selengkapnya di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cuci Setelah Dibeli

Seprai yang baru kamu beli, jangan langsung dipakai ya! Yup, walau terlihat bersih karena baru, tapi kita tidak bisa memastikan, apakah debu atau kotoran yang tak tampak dan dapat mengganggu kesehatan kulit sudah hilang. Untuk itu, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencucinya terlebih dahulu.

Selain akan menghilangkan debu atau kotoran yang masih hinggap, langkah pencucian ini juga akan menjaga kualitas tekstur serta warna seprai agar tetap awet dan tahan lama lho. Untuk mencucinya, kamu tinggal rendam seprai dengan detergen, lalu bilas dan bersihkan, dan kemudian jemur di bawah sinar matahari yang cukup.

2. Pisahkan dengan Cucian Lain

Langkah kedua adalah pisahkan dengan cucian yang lainnya. Yup, langkah ini bertujuan menjaga agar seprai tidak rusak. Karena, jika kita mencampurkannya dengan cucian lainnya, khususnya yang berbahan jeans yang bertekstur kasar, itu akan memudahakn seprai rusak.

Oleh karena itu, kamu jangan lupa untuk memisahkan sperai dengan cucian ainnya ya. Dan satu lagi, kamu bisa menjemur seprai dalam posisi terbalik, agar warna dan tekstur permukaan luar seprai tetap terjaga dan tak gampang pudar.


3. Jangan Pakai Pemutih

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah tidak pakai pemutih! Ya, sekalipun kamu ingin seprai terlihat bersih dan kinclong, tapi pemutih akan memberikan efek yang buruk kepada seprai. Karena pemutih memiliki bahan dasar yang cukup kuat, potensi seprai mudah sobek dan rusak jadi semakin besar.

Warna pada seprai pun lebih mudah pudar saat dicuci menggunakan pemutih. Nah, kalau ada noda bandel yang menempel, kamu bisa menggunakan pemutih, tapi hanya di bagian yang memiliki noda saja ya!

4. Jangan Pakai Sikat Kasar

Karena bahan dasar seprai adalah lembut, penggunaan sikat kasar menjadi kesalahan fatal! Seprai yang tipis, halus, dan lembut tersebut cukup direndam dan dikucek ringan menggunakan tangan. Kamu bisa pakai mesin cuci, tapi jangan lupa untuk memilih mode putaran yang tak terlalu cepat. Cara itu untuk menghindari sobeknya seprai ya.

Nah, itu dia 4 cara bagaimana merawat seprai yang baik dan benar. Jika tertarik membeli seprai baru untuk kasur baru yang kamu miliki, bisa langsung kunjungi marketplace yang berwarna oranye ya. Selain kualitas seprai terjamin, kamu juga bisa mendapatkan begitu banyak promo yang ditawarkan lho! So, jangan sampai ketinggalan!

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya