Berburu Promo Perjalanan di Japan Travel Fair 2023 Jelang Musim Sakura, Ada Tiket Gratis ke Jepang

Japan Travel Fair 2023 bakal terselenggara pada 3--5 Februari 2023.

oleh Asnida Riani diperbarui 27 Jan 2023, 12:01 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 12:01 WIB
FOTO: Menikmati Keindahan Bunga Sakura Bermekaran di Kuil Zojoji
Orang-orang yang memakai masker berjalan-jalan di bawah bunga sakura yang mekar penuh di Kuil Zojoji, Tokyo, Jepang, Selasa (29/3/2022). (AP Photo/Koji Sasahara)

Liputan6.com, Jakarta - Japan Travel Fair kembali terselenggara pada 3--5 Februari 2023 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Negeri Sakura itu telah membuka gerbang perbatasan mereka untuk pelancong asing mandiri sejak Oktober 2022.

Sejak itu, kata Direktur Eksekutif Japan National Tourism Organization (JNTO) Jakarta, Tamaki Hatakenaka, saat jumpa pers di bilangan Jakarta Selatan, Kamis, 26 Januari 203, jumlah wisatawan mancanegara terus meningkat. Berdasarkan data, jumlahnya mencapai 500 ribu turis pada Oktober 2022, 1 juta pada November 2022, dan 1,4 juta pada Desember 2022.

"Dari Indonesia, jumlahnya meningkat jadi 11 ribu pada Oktober 2022, 17 ribu pada November 2022, dan 34 ribu pada Desember 2022," ia mengatakan. "Akhirnya, untuk pertama kali dalam 3,5 tahun, Japan Travel Fair terselenggara."

Waktu pameran perjalanan ini dinilai pas sebagai momen mempersiapkan kunjungan ke Negeri Matahari Terbit di musim sakura, yang biasanya berlangsung pada Maret--April setiap tahunnya. "Kali ini, kami berkolaborasi dengan 16 agen perjalanan Indonesia, tujuh pemerintah daerah dan perusahaan Jepang, lima maskapai penerbangan, dan sejumlah mitra acara lain," Hatakenaka menyambung.

Seperti edisi sebelumnya, berbagai promosi menarik juga dipastikan ada di Japan Travel Fair 2023. Salah satunya dari Bank Mandiri yang memberikan sejumlah penawaran pada pemegang kartu kredit, kartu debit, dan Livin’ by Mandiri.

"Nasabah dapat menikmati penawaran berupa cashback hingga Rp4,5 juta, flash sale bonus satu tiket ke Jepang, raffle tiket ke Jepang, Spend & Get e-coupon Rp500 ribu, diskon hingga 50 persen dengan menukar Livin’poin, dan pilihan cicilan hingga 12 bulan," kata Vice President Bank Mandiri, Noorman Andrianto, di kesempatan yang sama.

 


Promosi Lainnya

Japan Travel Fair
Jumpa pers Japan Travel Fair yang akan terselenggara di Kota Kasablanka pada 3--5 Feburari 2023, 26 Januari 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Noorman menyambung, "Bagi pengunjung yang belum memiliki produk Bank Mandiri, kami juga menawarkan berbagai benefit. Pengunjung yang melakukan apply kartu kredit bisa mendapatkan cashback welcome bonus hingga Rp750 ribu."

Presiden Direktur PT JCB International Indonesia, Takumi Takahashi, juga menyampaikan tersedia diskon 10 persen untuk memegang kartu kredit JCB. "Bisa juga apply kartu kredit Mandiri JCB untuk mendapat promosi yang lebih banyak lagi," katanya. "Selain, ada juga berbagai macam undian di booth kami."

Hatakenaka menambahkan bahwa pengunjung bisa mendapatkan konten-konten menarik tentang Jepang dan ragam promosi menarik lainnya di setiap stan Japan Travel Fair 2023. "(Ada) tiket harga khusus dan produk perjalanan," sebutnya. "Selama acara berlangsung, pengunjung juga dapat mengikuti program lucky draw dengan hadiah utama berupa tiket gratis ke Jepang."

Merujuk pada tema pameran perjalanan tahun ini, yakni "memulai kembali pariwisata ke Jepang" dan "bunga sakura," pihaknya telah mengklasifikasikan daya tarik pariwisata Jepang ke dalam enam kategori utama. Kategori itu adalah masakan, alam, budaya pop, relaksasi, tradisi, dan kehidupan perkotaan.


Informasi Seputar Visa

Japan Travel Fair 2019
Japan Travel Fair 2019 (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Hatakenaka mengatakan, "Kami juga menginformasikan area terkenal untuk melihat bunga sakura. Kami berharap semua orang menemukan passion mereka sendiri dalam acara kami dan tertarik mengunjungi Jepang."

Japan Travel Fair 2023 juga akan memberikan informasi seputar visa. "Pengunjung bisa berkonsultasi dengan staf Japan Visa Application Center tentang pengajuan visa dan bebas visa," katanya.

Pameran perjalanan ini juga akan menampilkan rangkaian acara, seperti talkshow bersama selebritas dan travel blogger, tarian dan kebudayaan tradisional Jepang, serta penampilan musik Jepang. Jangan lewatkan juga kesempatan mendapatkan hadiah khusus bagi pengunjung yang bertransaksi di booth travel agent, sebutnya.

Tamaki berkata, "Kami sangat bahagia dapat menghadirkan pameran perjalanan lagi setelah terhalang pandemi selama dua tahun. Ini adalah sebuah kesempatan yang baik untuk kembali mengeksplorasi keindahan Jepang, terutama setelah pelonggaran aturan perbatasan, wisatawan asal Indonesia dapat dengan lebih nyaman dan mudah berkunjung ke Jepang."


Rekomendasi Destinasi

Jepang menghadapi hujan salju lebat
Seorang perempuan berpose di anak tangga Kuil Yasaka yang tertutup salju di Kyoto setelah salju tebal dan angin kencang semalaman mempengaruhi wilayah luas negara itu, Rabu (25/1/2023). Badan prakiraan cuaca memperingatkan akan ada salju tebal di beberapa wilayah dan gangguan lalu lintas akibat jalan membeku. (Photo by JIJI Press / AFP)

Tercatat ada lima maskapai penerbangan yang ikut serta di Japan Travel Fair 2023. Kelimanya adalah All Nippon Airways, Cathay Pacific, Garuda Indonesia, Japan Airlines, dan Philippine Airlines, yang terbang dari Jakarta maupun Jakarta dan Denpasar ke Jepang.

Hatakenaka mengatakan bahwa saat ini, pelancong asing yang hendak masuk ke Jepang wajib sudah vaksin ke-3. "Asuransi perjalanan tidak wajib, tapi disarankan," tuturnya.

Ia menyambung, rute emas mereka, yakni Tokyo, Osaka, dan Kyoto ditambah Gunung Fuji masih jadi andalan. "Kami ingin mengingatkan kembali daya tarik rute populer ini," sebutnya.

Selain itu, Hokkaido, Shirakawa, yang terkenal akan rumah-rumah tua khas Jepang, dan Shimanami Kaido juga dipromosikan. "Shimanami Kaido, yang berjarak 60 km dari Hiroshima, ini merupakan tujuan wisata sepeda. Kami mencatat bahwa peseda Indonesia juga mulai banyak yang suka ke sana," ia mengatakan. Di samping itu,  Aichi, Kobe, dan Kansai secara keseluruhan juga akan dipromosikan di Japan Travel Fair 2023.

 

Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata
Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata. (Dok: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya